_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Makanan Ibu Hamil 3 Bulan Pertama untuk Menghindari Keguguran

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI



Trisemester pertama kehamilan dikenal sebagai periode dimana setiap ibu hamil akan sering berhadapan dengan mual dan muntah terutama setelah bangun tidur. Selain itu pada periode ini adalah fase dimana kemungkinan terjadinya keguguran sangatlah besar. Oleh karena itu, setiap wanita hamil muda ia akan lebih berhati-hati dalam menjaga dan mempertahankan kandungannya. Jika diibaratkan seperti pesawat, trisemester pertama adalah masa dimana pesawat sedang dalam proses menuju terbang atau take off. Sabuk pengaman untuk calon buah hati bukan hanya dengan menghindari aktifitas yang berat, tetapi juga melalui asupan makanan ibu hamil. Untuk mendapatkan jawaban mengenai makanan yang dianggap baik untuk ibu hamil agar terhindar dari keguguran, simaklah uraian berikut.

Makanan apa yang harus dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah keguguran di trisemester pertama kehamilan?

  1. Makanan yang Kaya akan Zat Besi

Dari sekian banyak mineral yang dibutuhkan oleh janin untuk bertahan dan terus berkembang di dalam rahim ibu, Zat Besi ambil bagian terpenting. Oleh karena itu sangat diwajibkan bagi setiap ibu hamil untuk meperbanyak asupan Zat Besi dibandingkan dengan jenis mineral lainnya. Zat Besi sediri bukanlah mineral yang sulit didapapatkan. Ada buah, sayuran, susu, yang mengandung Zat Besi. Untuk mencegah keguguran konsumsilah beberapa makanan seperti bayam, sereal, gandum, asparagus, pisang, dan susu. Sebenarnya masih ada banyak jenis sayur dan amakanan yang juga kaya akan Zat Besi. Anda bisa mencoba mengolah adan mengonsumsi semuanya sebagai menu yang berganti-ganti terutama selama tiga bulan pertama kehamilan.

  1. Makanan tanpa Kafein

Bukan hanya untuk wanita hamil muda saja, kafein sebenarnya tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi oleh orang. Kandungan mineral yang ada dapat mengakibatkan gangguan kehamilan. Jadi, untuk menjamin kesehatan ibu hamil dan calon buah hatinya akan sangat bagus jika makanan dengan kafein yang tinggi dihindari. Misalnya saja kopi dan teh. Jika anda memang belum bisa menghidari dua minuman lezat itu, cobalah untuk mengurangi konsumsinya sedikit demi sedikit. Jangan mengonsumsinya setiap hari.

  1. Makanan yang Mengandung Protein

Untuk mendukung keberadaan Zat Besi sebagai mineral utama selama trisemester pertama, Protein adalah mineral lain yang wajib ada. Tanpa Protein tidak akan ada asupan Zat Besi yang cukup. Ini dikarenakan penyerapan Zat Besi yang optimal oleh tubuh dibantu oleh Protein, baik untuk ibu maupun janin tidak bisa menerima Zat Besi tanpa diserap terlebih dahulu oleh Protein.  Selain itu Protein adalah sumber utama bagi proses pembentukkan darah. Jika tidak ada asupan untuk itu, tubuh ibu akan lemas dan mengalami anemia. Menurut penelitian, anemia inilah penyebab terbanyak terjadinya keguguran pada kehamilan diusia muda atau trisemester pertama. Keguguran juga tidak akan terjadi jika antibodi dalam tubuh ibu untuk melindungi dirinya dan janin yang dikandungnya baik. Nah, antibodi itu juga dibentuk oleh Protein. Mengingat asupan Protein berperan dalam banyak hal agar calon bayi anda bertahan sampai tiba waktunya ia dilahirkan, cobalah untuk selalu mengonsumsi makanan dengan kandungan Protein setiap harinya. Sama seperti makanan dengan Zat Besi tinggi, makanan yang kaya akan Protein juga sangat mudah dijumpai. Harganya juga ada yang mahal tapi tak jarang yang murah.  Misalnya saja telur, kacang-kacangan, susu, dan lain sebagainya.

  1. Makanan dengan Aroma Sedap

Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab keguguran. Salah satunya dipicu oleh kurangnya nutrisi yang diberikan oleh ibu kepada bayinya. Atau ada pula yang menyebutkan bahwa keguguran terjadi karena kondisi kesehatan ibu yang kurang gizi. Hal yang demikian tidak akan terjadi jika pola makan yang sehat dan gaya hidup sehat diterapkan terutama saat hamil. Ibu biasanya malas makan saat hamil muda karena takut mual atau muntah. Sebenarnya rasa mual atau ingin muntah itu bisa diatasi degan makan-makanan atau minuman yang beraroma segar dan enak. Misalnya saja minuman jahe, atau makanan yang memiliki mint sebagai bagian dari bahannya. Langkah ini dapat menjauhkan ibu dari malas makan yang memicu kurangnya nutrisi pada ibu dan janin sehingga ada kemungkinana calon buah hati tidak bisa bertahan dan berkembang dengan baik. Tidak ada nutrisi yang membantu janin untuk membentuk sel, jaringan, atau organ lainnya dalam tubuh sehingga sangat sulit untuk bertahan hidup di rahim ibu.

  1. Minum Susu

Selama trisemester pertama, susu adalah bagian yang wajib ada di setiap kali makan. Ibu yang sedang hamil muda harus minum susu setidaknya dua kali sehari. Minuman inilah yang akan memperkuat dinding rahim dan juga calon buah hati anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu susu memiliki berbagai macam nutrisi yang akan mendukung pertumbuhan janin selama di kandungan ibu.

  1. Air Putih

Jangan sekali-kali mengabaikan keberadaan air putih, apalagi saat hamil. Ia tidak akan bisa digantikan oleh jenis minuman apapun. Air putih akan menghindarkan ibu yang hamil muda dari dehidrasi atau kondisi kekurangan cairan yang menyebabkan tubuh lemas dan pusing. Nah, jika dokter sudah mengatakan bahwa anda hampir terkena dehidrasi atau masalah dengan kekurangan cairan tubuh, naikkan jumlah konsumsi air putih. Dalam sehari anda harus minum setidaknya 12 gelas air putih agar kehamilan tidak lagi mengalami masalah.

Apakah suplemen untuk tambahan nutrisi boleh dikonsumsi oleh ibu hamil 3 bulan?

Woman With Stomach Ache

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah ibu hamil muda yang tidak suka makan bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya dan si bayi bisa digantikan dengan mengonsumsi suplemen? Pertanyaan ini semakin sering muncul karena banyak sekali suplemen penambah gizi untuk ibu hamil yang ditawarkan di pasaran. Sebenarnya asupan nutrisi terbaik datang dari makanan sehat yang langsung dikonsumsi oleh ibu serta porsi yang tepat dalam setiap harinya. Semua mineral yang ada pada makanan yang dikonsumsi baik saat sarapan, makan siang, makan malam, ataupun camilan adalah mineral alami bukan buatan pabrik. Apalagi saat usia kandungan masih kecil, terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan atau apapun yang mengandung bahan kimia dapat membahayakan kondisi janin. Walaupun janin bisa bertahan, ada kemungkinan dimana ia lahir cacat karena kelebihan zat kimia selama usianya masih muda (3 bulan). Jika memang terpaksa harus mengonsumsi suplemen, akan lebih baik berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan. Jika memang diizinkan pasti akan disarankan jenis suplemen yang cocok untuk ibu hamil dan janinnya.

Sekian informasi seputar makanan untuk ibu hamil trisemester pertama agar terhindar dari keguguran. Tidak ada yang perlu ditakutkan selama masa awal kehamilan asalkan semua asupan nutrisi seperti yang sudah disebutkan di atas terpenuhi dan diimbangi dengan olahraga kecil, serta menghindari berbagai makanan yang berbahaya seperti alcohol dan rokok, kehamilan tidak akan mengalami masalah apapun.



Tulis Komentar