_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

Info Seputar Cara-Cara Persalinan Normal

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Di era yang semakin canggih ini, penemuan dan perkembangan terus dilakukan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah di bidang kesehatan dan persalinan. Saat ini ada berbagai cara dan teknologi yang dapat digunakan oleh ibu hamil untuk proses persalinan. Ada cara melahirkan di air atau disebut water birth, Caesar, dan tak jarang juga wanita yang lebih memilih cara ‘normal.’ Apakah anda sedang bingung sedang memilih cara apa yang terbaik untuk anda? Coba pertimbangkan cara normal sebagai yang terbaik. Dari segi biaya ini jelas lebih murah dan ini juga aman asalkan anda sehat. Terlebih lagi ada beberapa cara yang bisa anda tempuh agar persalinan normal berjalan lancar dan tidak terlalu sakit. Itulah yang akan dibahas kali ini.

Bagaimana tips agar persalinan normal tidak begitu sakit?

Ada baiknya jika anda sudah memikirkan cara apa yang anda gunakan untuk persalinan jauh hari sebelum hari perkiraan lahir. Ini akan membuat anda fokus untuk melakukan persiapan apa saja jika mengambil cara tertentu. Jika anda sudah yakin ingin melahirkan secara normal, berikut ini tipsnya untuk anda:

  1. Jalan-Jalan

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa persiapan persalinan harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Jika sudah yakin ingin mengambil cara normal sejak usia kandungan 7 bulan, usahakan untuk menyempatkan diri dengan berolah-raga yaitu dengan jalan-jalan santai selama 30 menit setiap harinya. Olahraga ini akan membantu anda dalam melancarkan proses persalinan. Pada saat sudah terjadi kontraksi pertama dan memang sudah waktunya melahirkan, usahakan juga untuk berjalan-jalan di sekitar area persalinan. Duduk atau istirahat justru akan menambah rasa sakit. Jika anda kuat berdiri dan jalan justru proses pembukaan akan lebih cepat.

  1. Tenang

Persiapan dan keyakinan untuk melahirkan secara normal adalah kunci agar anda tenang saat akan melahirkan. Jika anda terlalu tegang justru akan terasa lebih sakit dan memperlama proses kelahiran si buah hati. Percaya saja bahwa semua akan baik-baik saja dan yakin bahwa pilihan anda benar. Ketegangan yang berlebih justru akan menimbulkan stress yang bisa mengakibatkan tekanan darah tidak stabil. Saat tekanan darah tidak stabil atau tidak normal, anda tidak akan diizinkan untuk melahirkan secara normal karena terlalu berisiko. Jangan jadikan rasa sakit sebagai alasan untuk takut dan stress. Jalan-jalan dan menghirup udara segar tentu akan membuat anda jauh lebih tenang dan mengurangi sedikit sakit.

  1. Alihkan Perhatian ke Hal yang Menyenangkan

Selama proses persalinan berlangsung jangan terus-terusan merasakan sakit. Anda bisa menggantinya dengan membayangkan hal-hal yang membahagiakan. Misalnya saja anda membayangkan kelucuan si buah hati saat lahir nanti, bagaimana wajahnya, mengenang hal-hal indah selama kehamilan, atau hal lain yang membuat hati lebih bahagia. Hal ini dapat mengalihkan rasa sakit yang sedang anda alami saat persalinan. Anda juga bisa membayangkan bahwa anda sedang ada di tempat yang indah atau bisa juga dengan mendengarkan musik yang lembut dan anda sukai. Jangan musik rock karena dikhawatirkan akan berakibat buruk terhadap jantung anda dan bayi.

  1. Memastikan Nutrisi Cukup

Selama hamil terutama saat trisemester terakhir pastikan anda memiliki kesehatan yang baik. Asupan nutrisi harus baik dan terpenuhi. Jika anda sudah melakuaknnya, tidak perlu ada kekhawatiran saat persalinan. Asupan nutrisi yang baik akan membuat bayi lahir sehat dan proses persalinan berjalan lancar.

  1. Memahami Cara Melahirkan dengan Benar

Saat anda memasuki ruang persalinan, pastikan benar bahwa anda sudah tahu dan paham bagaimana cara yang benar saat proses persalinan. Jika anda masih bingung ada kemungkinan proses persalinan tidak berjalan cepat. Rasa sakit juga bisa lebih terasa.

Bagaimana cara melahirkan yang benar?

Info Seputar Cara-Cara Ibu Melahirkan secara Normal

Jika anda belum memahami cara melahirkan yang benar, jangan khawatir karena belum terlambat untuk mengetahuinya. Inilah penjelasan yang akan membantu anda agar persalinan normal bejalan lancar:

  1. Posisi yang benar

Lancar dan tidaknya serta sakit dan tidaknya saat melahirkan, faktor pertama yang mempengaruhi adalah posisi saat proses persalinan. Posisi yang benar adalah tidur, dan mengangkang. Tidak perlu ragu saat ambil posisi ini. Mengangkang selebar mungkin tapi tetaplah rileks. Setelah itu, pastikan tumpuan badan berada pada pantat. Untuk mendapatkan kekuatan lebih dan rasa nyaman, peganglah kedua paha dengan tangan.

  1. Arah Tatapan Mata

Saat dokter sudah akan memulai proses persalinan, tatapan harus fokus pada perut anda. Letakkan dagu pada bagian dada agar penglihatan lebih jelas. Pada posisi ini usahakan untuk tetap rileks dan tenang. Jangan pernah mengangkat pantat selama proses persalinan masih berlangsung. Walaupun sakit tetap usahakan pantat agar menjadi tumpuan badan. Jika anda melupakan hal ini bisa jadi luka robekan akan 20% lebih lebar dari seharusnya.

  1. Pernafasan yang benar

Saat dokter sudah memberi aba-aba tarik nafas dan bernafaslah dengan benar. Yang dimaksud benar dalam proses persalinan adalah tarik nafas yang panjang dan hirup oksigen sebanyak mungkin. Jangan mengeluarkan oksigen saat mengenjan karena oksigen itulah yang akan memberikan dorongan agar bayi segera terdorong keluar. Untuk mendapatkan oksigen yang optimal, anda bisa membuka mulut sesering mungkin selama proses persalinan.

  1. Mengenjan dengan benar

Saat mengenjan ada beberapa hal yang harus dilakukan juga. Pertama jangan menutup mata karena akan menggangu kesehatan mata. Jika keadaan mata tertutup, tekanan otot akan menjadi terlalu kuat dan mengakibatkan pecahnya pembuluh. Kedua, jangan berteriak. Jika ada yang bilang berteriak akan mengurangi rasa nyeri, itu hanyalah mitos. Berteriak justru akan memperlambat proses persalinan dan bahkan membahayakan kelenjar mulut. Bagian leher akan bengkaka hingga beberapa saat karena kesalahan ini. Yang perlu diingat juga, jangan mengenjan tanpa ada perintah dari dokter. Waktu yang tidak tepat untuk mengenjan juga dapat berdampak pada lama dan tidaknya proses persalinan. Walaupun rasanya sakit, usahakan untuk menahannya atau mengalihakan perhatian saja sebelum dokter memberi pertintah untuk mengenjan.

  1. Nafas Pendek seperti Kepedesan

Jika bayi sudah keluar bagian kepalanya, tidak perlu mengenjan lagi. Kekuatan dorongan yang terlalu besar justru dapat membahayakan jalan keluar bayi. Gunakan nafas yang pendek-pendek saja tanpa harus mengenjan seperti di awal.  Jika anda tetap ngotot, luka robekan akan semakin lebar. Bayangkan saja saat anda makan pedas dan bagaimana anda bernafas, itulah cara yang paling tepat untuk mengelurkan bayi.

Nah, sudah jelas bukan tips dan cara-cara yang tepat agar proses persalinan secara normal berjalan lancar dan rasa sakit juga dapat berkurang. Proses yang lama biasanya disebabkana oleh ketidaktenangan ibu dan tindakan yang salah yang ia lakukan selama proses persalinan. Posisi, cara bernafas, serta cara mengenjan yang tepat yang sudah anda pahami akan membantu anda dalam melahirkan buah hati.



Tulis Komentar