_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

8 Sumber Protein dan Manfaat Protein untuk Ibu Hamil



Dari bebagai macam nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan, Protein adalah satu jenis nutrisi yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun anda banyak mengonsumsi Asam Folat atau Zat Besi, gangguan pada ibu hamil dan janin tetap tidak bisa dihindari jika asupan Protein kurang. Agar anda tidak mengalami hal ini, akan ada baiknya jika mengetahui berbagai jenis makanan yang kaya akan Protein serta manfaat Protein untuk ibu hamil dan janin. Simaklah informasi berikut ini.

Apa saja sumber protein yang disarankan untuk ibu hamil?

Nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat berasal dari mana saja. Namun jika anda ingin mendapatkan nutrisi tertentu secara baik, tentu saja harus memilih makanan atau sumbernya yang benar dan tepat juga. Pemilihan yang kurang tepat, jumlah kandungannya tidak akan bisa memenuhi kebutuhan. Karena topik kali ini adalah protein untuk ibu hamil, maka yang akan menjadi fokus adalah sumber protein yang bagus untuk ibu hamil, antara lain:

  1. Telur

Jika ditanya tentang apa sumber protein yang bagus pasti anak kecil hingga orang dewasa akan menjawab telur. Ya, jenis makanan yang tidak lekang oleh jaman ini memang kaya akan kandungan protein hewani yang baik untuk ibu hamil maupun tidak hamil. Setiap satu telur bisa menghasilkan kandungan protein sebesar 7gram. Jumlah ini terhitung cukup besar. Bagi anda yang takut akan kolesterol tinggi selama kehamilan, lebih baik makan putih telurnya saja.

  1. Kacang Kedelai

Kacang-kacangan memang kaya akan protein nabati. Salah satu jenis kacang yang paling banyak dijumpai di Indonesia adalah kacang kedelai. Memang sangat jarang orang mengonsumsi kacang kedelai secara langsung. Orang lebih banyak mengonsumsinya dalam bentuk makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Jadi, jika anda tidak suka mengonsumsi kedelai secara utuh, konsumsilah olahan kedelai. Proteinnya tetap akan banyak dan berguna untuk menjaga kesehatan selama hamil.

  1. Brokoli

Jangan kira sayuran hanya memiliki kandungan serat dan vitamin yang baik saja. Ada brokoli yang ternyata kaya akan protein dan dikategorikan sebagai salah satu sumber protein yang wajib dimakan oleh ibu hamil. Brokoli bukan hanya lezat jika dimasak sebagai sayur. Brokoli nikmat jika direbus dan dimakan saat sarapan. Kandungan protein serta karbohidratnya akan membuat anda lebih bersemangat.

  1. Keju

Sebagai salah satu produk olahan susu, keju menjadi primadona yang disarankkan sebagai sumber protein yang tidak berbahaya untuk janin dan kesehatan ibu selama hamil. Hanya saja ada zat yang kurang baik yang terkandung pada keju. Oleh karena itu, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi keju dalam jumlah yang berlebihan. 1 ons adalah batas maksimal konsumsi keju dalam satu hari.

  1. Ikan Teri

Makanan yang sangat mudah dijumpai ini adalah makanan yang tidak begitu diminati oleh masyarakat karena dianggap makanan murahan. Padahal sebenarnya ikan teri yang kecil-kecil ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan proteinnya bahkan lebih banyak dari beberapa jenis makanan yang harganya lebih mahal. Saat hamil, anda bukan hanya bisa mendapatkan asupan protein dari ikan teri. Makanan ini juga bisa memenuhi kebutuhan Kalsium untuk anda dan janin di dalam kandungan.

  1. Kacang Almond

Jenis kacang selain kedelai yang juga direkomendasikan sebagai makanan kaya akan Protein adalah kacang Almond. Berbeda dengan kacang kedelai yang sangat mudah dijumpai dan harganya juga lebih terjangkau, kacang almond harganya lebih mahal. Di Indonesia kacang almond lebih sering digunakan sebagai bahan penambah pada berbagai macam masakan.

  1. Keong Mas

Di beberapa daerah di Indonesia, keong mas adalah makanan yang dijadikan ikon kuliner. Misalnya saj di Yogyakarta dan Solo. Banyak sekai pedagang kaki lima atau angkringan yang menjajakkan olahan keong mas sebagai makanan. Ternyata makanan ini memang sangat layak konsumsi, apalagi untuk masa kehamilan. Bukan hanya kaya akan protein yang diperlukan saat berbadan dua, keong mas juga mengandung Omega 3 yang akan berperan dalam pertumbuhan janin.

  1. Gandum

Gandum adalah salah satu bahan makanan yang dikenal sebagai sumber karbohidrat. Tidak banyak yang tahu ternyata selain mampu memberikan energi yang lebih, gandum adalah sumber protein yang baik. Kandungannya ada sekitar 9%. Akan sangat menguntungkan jika anda mengonsumsi gandum karena dua nutrisi penting untuk kehamilan dapat terpenuhi dari satu jenis makanan.

Apa manfaat protein bagi ibu hamil dan calon bayinya?

8 Sumber Protein dan Manfaat Protein untuk Ibu Hamil

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa protein menjadi salah satu nutrisi yang asupannya harus benar. Alasannya tentu berkaitan dengan kegunaan atau manfaat protein selama ibu hamil dan bayi masih tumbuh di dalam rahim ibunya. Untuk mengetahi lebih dalam lagi, berikut ini adalah manfaat dari protein yang harus anda tahu:

  1. Sumber Kalori

Mungkin anda tahu bahwa sumber kalori terbanyak adalah karbohidrat. Namun ternyata protein juga ikut ambil bagian dalam memberikan sokongan terhadap ibu hamil dalam mendapatkan kalori agar bisa beraktivitas dengan normal dan lancar seperti saat sedang tidak hamil.

  1. Pembentuk Jaringan

Pada awalnya setiap individu adalah segumpal darah. Lalu melalui berbagai proses, gumpalan darah bisa tumbuh dan berkembang menjadi daging dan berbagi macam organ lainnya. Selama proses perubahan itulah terjadi pembentukkan jaringan dari jaringan otak, kulit, otot, dan lain sebagianya. Semua proses situ membutuhkan protein sebagai sumber utama yang dapat mebentuk jaringan. Jika ada jaringan yang mengalami kerusakan, protein juga bertugas untuk memperbaikinya sehingga bayi tidak akan lahir cacat.

  1. Pembentuk Darah

Selain berbagai macam jaringan tubuh, darah juga bagian pembentuk tubuh yang penting. Ada darah putih dan darah merah yang proses pembentukannya mengandalkan protein. Oleh karena itu, saat ibu hamil mengalami anemia, besar kemungkinan ia kekurangan protein.

  1. Pembentuk Air Ketuban

Bagian yang tidak terpisahkan dari ibu hamil adalah air ketuban. Kekurangan air ketuban bisa menyebabkan bayi meninggal. Jika anda takut hal ini terjadi, perhatikanlah asupan protein selama kehamilan agar tidak terjadi masalah dengan air ketuban saat proses kelahiran.

  1. Penguat Tulang

Asupan protein yang baik adalah pertanda bahwa tulang ibu hamil akan tetap kuat dan sehat saat selama hamil hingga saat melahirkan. Tulang bayi juga akan tumbuh dengan normal dan kuat. Hal ini dikarenakan protein adalah zat yang berfungsi menyerap zat besi dan kalsium. Jika penyerapan baik, tulang akan menerima asupan ke dua zat itu dengan baik pula.

Penjelasan berkaitan dengan sumber protein maupun manfaatnya untuk ibu hamil telah dijelaskan di atas. Ada beberapa makanan yang telah dengan jelas disebutkan. Selain itu peran penting protein selama masa kehamilan juga sudah dijabarkan. Jadi, jagalah asupan protein agar tubuh dapat merasakan manfaat yang baik dari zat ini.



Leave a Reply