_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Kacang Hijau, Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil



Jika dibahas akan ada banyak sekali makanan yang wajib untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilannya. Namun, kali ini kacang hiaju akan menjadi fokus pembahasan. Salah satu jenis kacang yang mudah ditemukan di Indonesia ini ternyata bukan hanya lezat tetapi juga memiliki berbagai manfaat yang berguna untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Hal ini tentu berbeda dengan kacang tanah yang banyak dijauhi ibu hamil karena mitos bahwa kacang tanah adalah penyebab janin memiliki alergi. Jika anda belum yakin akan khasiat yang diberikan oleh kacang hijau, coba simak informasi berikut ini.

Apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan janin?

Sebagai salah satu makanan yang dikategorikan sebagai makanan wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, tentunya kacang hijau kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu dan janin. Nutrisi tersebut antara lain serat, karbohidrat, protein, asam folat, zat besi, dan masih banyak lagi. Masing-masing kandungan akan berperan aktif dalam pembentukan atau pertumbuhan apa saja? Inilah informasinya:

Kacang Hijau Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

  1. Mengurangi Resiko Gangguan Tulang

Dua nutrisi utama bagi kesehatan tulang adalah Kalsium dan Zat Besi. Keduanya ternyata ada pada satu jenis makanan lezat yaitu kacang hijau. Ini berarti anda tidak perlu khawatir janin mengalami pertumbuhan tulang yang abnormal jika anda sudah rajin mengonsumsi kacang hijau. Bukan hanya janin, ibu juga bisa terhindar dari masalah tulang setelah proses persalinan. Jadi, satu kali makan dari satu jenis makanan saja sudah ada dua nyawa yang sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan.

  1. Membantu Pecernaan

Meskipun bentuk kecil-kecil, kacang hijau adalah salah satu makanan yang sudah diteliti sebagai sumber serat yang baik untuk tubuh. Saat ibu hamil mulai membesar perutnya biasanya akan ada gangguan buang air besar. Akan tetapi gangguan itu bukanlah masalah yang besar jika anda mau mengonsumsi kacang hijau. Seratnya sangat baik untuk melancarkan system pencernaan.

  1. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Jika ditanya tentu tidak ada orang tua yang berharap memiliki anak dengan kekurangan fisik ataupun mental. Nah, sebenarnya ada berbagai cara yang dapat ditempuh untuk mencegah kecacatan pada janin sejak awal kehamilan. Salah satunya dengan mengonsumsi kacang hijau. Kecacatan yang biasanya terjadi karena kurangnya Asam Folat dapat dihindarkan karena kacang hijau kaya akan Asam folat maupun nutrisi lain yang dibutuhkan untuk pembentukan maupun pertumbuhan organ pada janin. .

  1. Menjadi Sumber Energi

Sekarang jangan bermalas-malasan lagi selama hamil. Kacang hijau bisa membuat anda beraktivitas seperti biasanya karena kandungan karbohidrat komplek yang dibawanya. Kandungan itulah yang akan membentuk energi yang bisa anda gunakan untuk berbagai macam aktifitas selama masa kehamilan. Akan sangat cocok jika anda mengonsumsi kacang hijau di pagi hari sebagai menu sarapan sehat untuk ibu hamil. Anda tidak akan mudah lapar dan lebih memiliki semangat untuk menjalani hari. Terlebih lagi, ada zat pada kacang hijau yang dapat mengurangi rasa mual di pagi hari.

  1. Mencerdaskan Bayi Sejak dalam Kandungan

Siapa sih yang tidak ingin memiliki anak yang cerdas. Banyak cara dilakukan oleh orang tua agar anaknya memiliki kemampuan bagus. Tahukan anda sebenarnya cara membuat anak cerdas sudah bisa dilakukan sejak ia dalam kandungan ibunya? Caranya dengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur semasa hamil. Konsumsinya tidak harus setiap hari. Kandungan Asam Folat pada kacang hijau mampu menutrisi otak sejak awal pembentukkannya. Sistem syaraf yang terbentuk dengan sempurna juga membuat janin sudah memastikan diri sebagai anak yang cerdas.

  1. Mengeringkan Luka dengan Cepat

Kandungan protein yang tinggi pada kacang hijau mampu membantu kulit untuk segera pulih setelah melahirkan baik secara normal atau Caesar. Luka jahitan pada ibu akan lebuh cepat kering dan sembuh dengan asupan protein yang baik karena kulit membutuhkan protein yang banyak untuk membentuk kembali lapisan kulit baru setelah adanya luka. Berdasarkan penelitian, kandungan protein pada kacang hiaju jauh lebih banyak dibanding pada telur, daging mapun sumber protein lainnya.

  1. Mencegah Anemia

Selain morning sickness, ada gangguan kesehatan yang mengancam setiap ibu hamil yaitu anemia. Menurut data dari berbagai penelitian penyakit inilah yang paling banyak menyebabkan masalah keguguran. Ada banyak zat pada kacang hijau yang mendukung agar anemia terhindar dari masa kehamilan anda seperti Asam Folat, Vitamin B12, dan Zat Besi. Selama asupan 3 zat tersebut terpenuhi dengan baik, anemia tidak akan mengancam anda.

Bagaimana cara mengolah kacang hijau agar nutrisinya terjaga?

Bukan hanya jumlah yang tepat untuk mengonsumsi kacang hijau, cara memasak juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Cara yang salah atau sembarangan bisa jadi mengurangi kadar nutrisi pada kacang hijau. Cara yang benar adalah dengan merebus kacang kecil ini dalam waktu yang singkat saja. Semakin lama proses merebusnya akan semakin banyak nutrisi yang hilang. Usahakan juga untuk menutup panci saat merebus agar nutrisi yang hilang juga tidak banyak. Toh, anda bisa minum air rebusan kacang hijau ini. Jadi, ada nutrisi yang terbuang ke air rebusannya. Hal yang paling penting dalam memasak kacang hijau adalah pastikan anda mencucinya dengan bersih. Cara mencuci yang baik tentu dengun menggunakan air mengalir. Jika anda memiliki banyak waktu akan lebih baik lagi jika bisa merendam terlebih dahulu sebelum mencuci. Perendaman ini akan menghasilkan kacang hijau yang paling berkualitas karena kacang hijau yang kurang baik akan mengapung saat direndam.

Bagaimana cara memilih kacang hijau yang berkualitas untuk ibu hamil?

Setiap membeli segala sesuatu, tentu anda harus memperhatikan kondisi dan kualitasnya. Apalagi kacang hijau yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika kualitasnya kurang baik, yang akan merasakan dampaknya bukan hanya ibu tapi juga janin di dalam rahimnya. Mengenali kacang hijau yang berkualitas bukanlah hal yang sulit dilakukan. Ada ciri fisik yang dapat menunjukkan kualitas dari kacang hijau. Biji yang bulatannya utuh tidak ada bekas terkena ulat atau hama lainnya. Selain itu dilihat dari warnanya kacang hijau berkualitas dan tidak bisa dibedakan. Kacang hijau yang bagus warnanya hijau tegas tanpa ada bagian yang kecoklatan adalah ciri kacang hijau yang sehat. Selain itu pastikan bahwa anda membeli kacang hijau yang 100% kacang hijau isinya, tidak ada campuran biji atau jenis kacang lain.

Sekian ulasan mengenai kacang hijau sebagai salah satu bagian dari makanan sehat yang harus dikonsumsi ibu hamil. Berbagai jenis olahan dari kacang hijau ada beragam baik yang dijual siap saji hingga yang bisa dimasak sendiri. Anda bisa mencari berbagai resep masakan agar tidak bosan dengan makanan bergizi ini karena manfaatnya bukan hanya saat kehamilan tapi hingga setelah persalinan.



Leave a Reply