_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Berbagai Vitamin yang Bagus dan Gejala Kekurangan Vitamin untuk Ibu Hamil

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Rasanya saat wanita sedang hamil, ada banyak hal kecil yang lebih mendapatkan perhatian. Salah satunya adalah perhatian pada setiap apapaun yang masuk ke mulut. Biasanya orang cenderung makan apa saja yang dia sukai dan bahkan saat lapar suka tidak suka pasti akan makan apa yang ada. Sedangkan saat hamil seorang wanita akan lebih cerewet dalam hal makanan. Bagi yang sudah paham benar akan kebutuhannya dan janin tentu akan menimbang asupan gizi pada makanan apa saja yang hendak dimakan. Bagi anda yang tengah hamil tapi masih suka makan sembarangan, coba cermati informasi kali ini yang akan berbicara tentang vitamin yang bagus untuk ibu hamil dan bahaya yang ditimbulkan jika anda kekurangan vitamin tersebut.

Jenis vitamin apa yang bagus untuk ibu hamil?

Berbagai Vitamin yang Bagus dan Gejala Kekurangan Vitamin untuk Ibu Hamil

Berbagai jenis vitamin ikut andil dalam perkembangan kehamilan yang sehat. Sumbangannya pada proses pertumbuhan janin serta kesehatan ibu yang mengandung bisa terhitung banyak jika dibandingkan dengan jenis nutrisi lainnya. Hanya saja tidak banyak yang tahu bahwa ada lebih dari 5 jenis Vitamin yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Inilah vitamin-vitamin yang dimaksud:

  1. Vitamin A

Vitamin A adalah jenis vitamin yang memiliki tugas sebagai pelindung ibu hamil dari berbagai macam penyakit. Mengonsumsi vitamin A yang cukup adalah cara terbaik untuk membangun daya tahan tubuh ibu hamil yang lebih rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan. Selain itu Vitamin A adalah nutrisi untuk kesehatan kulit ibu selama hamil. Biasanya perubahan hormon yang dialami wanita hamil memang memberi dampak pada kulit, utamanya kulit wajah. Nah, disinilah peran Vitamin A untuk tetap membuat kulih halus, cerah dan bersih. Vitamin A juga mampu membantu ibu dalam menurunkan resiko tulang rapuh setelah melahirkan.

  1. Vitamin B

Vitamin B sendiri memiliki berbagai macam jenis dari Vitamin B1 hingga B 12. Semua jenis itu harus dipenuhi melalui makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil karena fungsi setiap vitamin tidak bisa digantikan oleh jenis vitamin lainnya.

  • Vitamin B1

Jenis Vitamin B yang pertama yaitu B1. Vitamin yang banyak terkandung pada kacang-kacangan ini memiliki manfaat dalam produksi ASI saat masa akhir kehamilan. Sedangkan di awal masa kehamilan, Vitamin B1 berfungsi sebagai obat pengurang mual atau pencegah terjadinya morning sickness (muntah dan mual) yang parah. Satu lagi, B1 juga mampu menyehatkan lambung. Oleh karena itu, asupan B1 adalah bagian yang tidak boleh dilewatkan dari setiap makanan yang dikonsumsi ibu hamil.

  • Vitamin B2

Anda tentu sudah tahu bahwa selama dalam rahim ibu, janin mengonsumsi makanan dan mendapatkan asupan nutrisi dari makan sang ibu. Namun tahukah anda bagaimana calon bayi mengambil semua makanan itu? Janin mengambil makanan melalui saluran yang menghubungakn mulutnya dengan perut ibu. Akan tetapi ia hanya mengambil sari makanan yang sudah diuraikan oleh Vitamin B2.

  • Vitamin B3

Asupan Vitamin B3 sangat penting. Jenis vitamin ini berperan untuk proses pembentukan jaringan otak dan selnya. Bagi anda yang baru pertama kali hamil asupan B3 yang baik dapat menghindarkan anda dari muntah dan mual yang parah.

  • Vitamin B5

Kekurangan sel darah akan menjadi masalah yang cukup menggangu bagi wanita yang tengah berbadan dua. Nah, Vitamin B5 mampu mejauhkan ibu hamil dari resiko kekurangan sel darah merah.

  • Vitamin B6

Jika Vitamin A adalah sumber daya tahan, Vitamin B6 juga ikut serta dalam membangun sistem kekebalan tubuh yang baik.

  • Vitamin B12

Jenis Vitamin B yang terakhir yang baik untuk ibu hamil adalah B12. Jenis vitamin ini akan membantu kerja Vitamin B3 dan B5. B12 aktif dalam membentuk system syaraf pusat seproduksi sel darah merah.

  1. Vitamin C

Vitamin C yang banyak terdapat pada buah adalah zat yang yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menyerap zat Besi dengan optimal. Jika asupan Vitamin C baik, asupan Zat Besi juga akan baik. Vitamin C juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk melindungi ibu dan janin dari berbagai polutan. Kadang Vitamin C yang diserap oleh janin juga akan dimanfaatkan untuk memberikan sinyal kepada otaknya.

  1. Vitamin D

Jika Vitamin C memiliki fungsi utama dalam penyerapan Zat Besi, Vitamin D juga harus berperan dalam penyerapan Kalsium. Pertumbuhan tulang dan gigi janin akan bertumpu penuh pada asupan Vitamin D dari ibunya. Jika asupan Vitamin ini kurang, ada kemungkinan dimana bayi mengalami kelainan pada tulang atau pertumbuhan tulang yang tidak normal.

  1. Vitamin E

Vitamin E adalah jenis vitamin yang diberi tugas oleh tubuh untuk menjaga dinding sel agar tidak mengalami kerusakan atau gangguan dari berbagai racun atau virus berbahaya. Selain itu, vitamin ini juga melindungi asam lemak lambung.

Bagaimana gejala yang ditunjukkan ibu hamil saat kekurangan Vitamin?

Saat orang tidak hamil saja akan ada reaksi yang diberikan tubuh saat kekurangan nutrisi atau vitamin. Nah, pada ibu hamil, gejala kekurangan vitamin akan lebih jelas terlihat. Berikut ini adalah gejala yang bisa anda jadikan patokan apakah ibu hamil sedang kekurang vitamin atau tidak:

  1. Mengalami anemia

Asupan vitamin yang kurang baik pada ibu hamil biasanya akan menyebabkan terjadinya anemia. Jika anda mulai merasa pusing dan lemas, cobalah untuk mengetahi kondisi anda secara pasti. Jika dokter memastikan anda terkena anemia, cobalah untuk mengoreksi pola makan.

  1. Masalah mulut

Jika ibu hamil tiba-tiba mengalami masalah atau gangguan pada mulut seperti sariwan atau sakit gusi, ada kemungkinan besar anda kurang vitamin. Terutama vitamin C dan vitamin yang berhubungan dengan pencegah infeksi.

  1. Nyeri tulang

Gejala lain yang juga bisa dirasakan saat ibu hamil kurang vitamin adalah nyeri pada tulang. Ini biasanya disebabkan oleh kurang baiknya penyerapan kalsium dan zat besi oleh vitamin D dan K.

  1. Mual tanpa henti

Meskipun ibu hamil dianggap wajar mengalami mual dan muntah, frekuensi yang berlebihan dapat menjadi pertanda bahwa ada asupan vitamin pada ibu dan janin yang tidak dapat terpenuhi dengan baik.

  1. Berat badan tetap atau menurun

Kondisi yang sangat tidak wajar terjadi saat masa kehamilan adalah berat badan ibu yang turun. Jika hal ini sampai terjadi sudah pasti asupan vitamin dan nutrisi kurang. Jika kondisi ini dibiarkan akan membahayakan janin. Bisa jadi dia akan lahir prematur.

Itulah tadi beberapa hal berkaitan dengan vitamin untuk ibu hamil dan gejala yang dirasakan saat asupan vitamin kurang. Semoga saja dengan mengetahui jenis vitamin yang dibutuhkan selama hamil, masalah kurang vitamin tidak terjadi pada anda. Ingat makan banyak bukan berarti ada asupan vitamin yang banyak.



Tulis Komentar