_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

Tips Membuat Bayi Cerdas Tanpa Asi

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Bagi bunda yang bermasalah tidak bisa mengeluarkan ASI secara optimal, jangan khawatir, karena bunda bisa menggunakan solusi lain pengganti ASI yang juga efektif untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan sang buah hati. Bayi yang baru lahir dan menginjak usia 0-6 bulan memang seharusnya untuk diberikan makanan dari sumber alaminya yaitu ASI, akan tetapi dari beberapa ibu di dunia ini, banyak yang mengalami problem dimana tidak bisa mengeluarkan ASI secara maksmial, sehingga solusinya adalah memberikan susu formula pengganti ASI yang sesuai dengan kebutuhan sang bayi. Banyak ibu-ibu diluar sana yang masih meragukan susu formula, apakah susu formula bisa mencerdaskan sang bayi sebagai pengganti ASI?

Yaps, pertanyaan yang sangat populer bagi kalangan ibu-ibu yang sangat mengkhawatirkan kondisinya dikarenakan tidak bisa mengeluarkan sumber ASI untuk sang bayi. Padahal ASI adalah satu-satunya sumber alami yang paling efektif memberikan stimulus terbaik untuk perkembangan sang buah hati. Tidak heran, jika banyak kalangan ibu yang begitu cemas ketika tidak bisa mengeluarkan ASI untuk sang buah hati, dan mereka memiliki persepsi dimana bayi akan sulit berkembang tanpa pendamping ASI sebagai sumber makanan pokoknya. Tapi bunda tidak perlu khawatir, karena pertumbuhan serta perkembangan sang bayi bisa ditunjang secara efektif walaupun tanpa menggunakan ASI.

Tips Membuat Bayi Cerdas Tanpa Asi

Tumbuh kembang bayi tanpa ASI

Pertumbuhan pada bayi dilihat dari segi kuantitasnya seperti berat badan, tinggi badan, panjang, dan pertumbuhan fisik lainnya. Berbeda dengan perkembangan sang bayi, karena perkembangan melihat dari segi kualitasnya sang bayi seperti kemampuannya, aspek-aspek kejiwaannya, emosianal, intelengensi, motorik dan lain sebagainya. Nah, bagaimana tumbuh kembang sang bayi jika tidak didampingi dengan ASI? Apakah masih bisa tumbuh dan berkembang dengan baik? Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi salah satu kekhawatiran bagi mereka yang belum bisa memberikan ASI secara optimal, sehingga banyak kecemasan dan masih meragukan akan asupan susu formula pada bayi. Padahal jika kita kaji, tidak ada salahnya juga bayi mengkonsumsi susu formula.

Tumbuh kembang sang bayi tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja yaitu ASI. ASI memang menjadi salah satu sumber alami utama yang wajib diberikan oleh ibu kepada sang buah hati dari mulai lahir hingga usia 1-2 tahun. Akan tetapi, bagaimana jika ibu tidak bisa mengeluarkan ASI? Tentu ini merupakan masalah dan kekhawtiran bagi ibu yang mengalaminya. Jika berbicara tentang masalah tersebut, sudah saatnya kita menghilangkan kecemasan akan hal tersebut, karena di era moderen ini mulai banyak inovasi-inovasi modern yang mampu mendukung daya tumbuh dan kembang sang bayi sebagai solusi peganti ASI. Yaitu dengan memberikan susu formula yang efektif bagi sang buah hati dan MPASI.

Nah, saat ini banyak perusahaan luar yang menciptakan produk susu formula yang sudah teruji dan terbukti mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan sang bayi. Jadi, bunda tidak perlu khawatir, karena masih ada solusi lain untuk memberikan yang terbaik pada si buah hati sebagai peganti ASI. Pemberikan susu formula agar bayi tetap tumbuh dengan baik dan berkembang secara optimal tentu harus sesuai prosedur. Pemberian susu formula biasanya disesuaikan dengan kebutuhan sang bayi. Ada beberapa bayi yang mengalami alergi pada protein susu sapi, sehingga bunda bisa menggantikannya dengan susu formula soya, atau susu yang terbuat dari kedelai murni yang mempunyai protein sama dengan susu sapi.

Pemberian susu formula baik susu sapi atau soya harus disesuaikan dengan kebutuhan sang bayi. Susu formula diberikan secara tepat dari takaran pembuatannya, usahakan agar tidak membuat susu secara encer atau pekat. Selain itu, sesuaikan dengan kebutuhan bayi agar tidak kegemukan atau bahkan kekurangan gizi. Oleh sebab itu, jika bunda ragu untuk memberikan susu formula yang tepat pada sang buah hati, alangkah baiknya segeralah untuk mengunjungi dokter anak, agar diberikan solusi yang tepat masalah takaran yang pas dan lain sebagainya untuk mendukung daya tumbuh kembang sang anak walaupun tanpa harus menggunakan ASI murni.

Selanjutnya, yang perlu bunda tahu adalah memberikan makanan pendamping ASI kepada sang buah hati ketika sudah menginjak usia 4-6 bulan sebagai makanan pendukung pertumbuhan sang bayi. Bunda harus memahami secara detail dan cermat dari bulan ke bulan bagaimana progress pertumbuhan sang bayi. Selain itu, di usia yang sudah menginjak 4-6 bulan, sebaiknya bunda harus mempersiapkan makanan pendamping ASI atau biasa disebut MPASI yaitu biasanya dengan diberikannya bubur susu. Walaupun bunda tidak memberikan ASI, namun pemberian MPASI juga wajib bagi bayi yang sudah menginjak usia tersebut. Nah, untuk membuat bayi cerdas tanpa ASI, sebenarnya tidak sulit, karena semua tergantung usaha bunda dalam mendampinginya.

Memberikan susu formula harus secara rutin sesuai kebutuhan, usahakan bunda paham takaran pemberikan sufor yang tepat bagi sang bayi sesuai yang direkomendasikan oleh dokter anak. Dan memberikan makanan pendamping juga sangat disarankan seperti bubur susu. Pemberian bubur susu setiap ibu mempunyai selera berbeda-beda, ada yang memilih untuk membeli bubur susu secara instan di toko-toko, ada juga yang memilih untuk membuat bubur susu sendiri yang tentu terjamin keamanannya. Jika anda ingin mengontrol daya tumbuh kembang anak, tentu anda harus paham apa yang sebetulnya bayi butuhkan di usia tersebut, seperti berbagai protein, sumber nutrisi dan vitamin yang tepat.

Memberikan bubur susu alami sebagai pengganti ASI agar lebih efektif untuk daya kembang si buah hati, caranya sangat mudah. Bunda bisa berikan bubur susu dengan mencampurkan buah-buahan atau sayuran sebagai bahan tambahan untuk dicampurkan dalam bubur susu. Menambahkan berbagai protein lain seperti ikan salmon atau udang juga bisa anda tambahkan sebagai bubur susu alami. Akan tetapi, usahakan untuk menghindari bahan-bahan yang mengandung bahan kimia, seperti campuran bahan instan atau yang laiinya, karena itu sangat berbahaya dan bisa juga menghambat perkembangan sang bayi. Gunakan cara-cara alamiah yang tradisional untuk membuat bubur susu dan menggunakan bahan-bahan berprotein tinggi agar mendukung perkembangan otak sang bayi.

Di usia bayi diatas umur 6 bulan ke atas, alangkah baiknya bunda memperkenalkan berbagai varian makanan bernutrisi yang dipadukan dengan bubur susu agar bayi mampu mengenali makanan yang cocok untuk dirinya. Nah, bunda sekarang tidak perlu khawatir jika tidak bisa memberikan ASI ekslusif kepada sang buah hati. Karena untuk membuat anak tumbuh sehat dan cerdas tentu tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor saja. Yang paling penting adalah usaha bunda dalam mendampingi pertumbuhan dan perkembangan sang bayi dengan memberikan asupan bernutrisi dan sesuai dengan kebutuhan sang bayi. Selain itu, kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh faktor genetik, sehingga ASI bukanlah satu-satunya faktor yang bisa membuat bayi tumbuh sehat dan cerdas.



Tulis Komentar