_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Mitos dan Fakta tentang Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Ibu hamil banyak sekali dikelilingi oleh berbagai macam mitos yang sebenarnya sudah ada dari satu generasi ke generasi berikutnya. Mitos itu berkaitan dengan banyak hal dari yang berkaitan dengan perilaku hingga makanan. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan dibahas tentang makanan saja. Informasi ini dirasa penting karena beberapa wanita hamil justru percaya pada hal yang salah. Makanan yangg harusnya baik untuk dia dan janinnya dalam kandungan justru dihindari. Apalagi saat usia kandungan masih muda, ketakutan akan terjadinya hal yang tidak diinginkan sangatlah besar. Nah, hal semacam inilah yang layak untuk diluruskan. Oleh karena ini pembahasan ini akan berbicara tentang mitos dan fakta yang berkaitan dengan pola makan ibu hamil muda.

Apa saja mitos yang berkaitan dengan pola makan ibu hamil?

pola makan sehat untuk ibu hamil muda

Mitos adalah sesuatu yang belum dibuktikan secara ilmiah tetapi kebenarannya sangat dipercaya oleh masyarakat. Sebenarnya beberapa mitos ada yang justru baik untuk mendukung kehamilan. Hanya saja ada banyak juga mitos yang menjadi salah dan berbahaya untuk ibu hamil dan janin yang dikandungannya, antara lain sebagai berikut:

  1. Pola makan 2x lipat

Beberapa orang masih salah paham mengenai jumlah atau asupan gizi yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil per harinya. Banyak yang memahami bahwa saat mulai hamil ibu harus makan dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. Tujuannya agar ibu dan bayi dapat terus sehat. Ada juga yang befikir bahwa saat hamil harus sering makan agar ada banyak makanan yang masuk tubuh.

  1. Daging Merah

Ibu muda takut mengonsumsi makanan yang terbuat dari daging merah. Ketakutan itu muncul karena adanya informasi bahwa daging merah memiliki lemak jahat yang akan berbahaya pada janin. Lemak yang banyak juga dikhawatirkan dapat membuat bayi yang kelak lahir akan kotor. Yang juga membuat takut para wanita hamil adalah mitos bahwa daging merah memiliki kuman atau bakteri yang mengancam keselamatan embrio yang belum memasuki tri semester kedua.

  1. Kacang Tanah

Kacang tanah adalah makanan yang sedikit kontroversial. Mengapa demikian? Banyak sekali wanita yang percaya dengan mitos bahwa kacang tanah adalah penyebab jerawat. Saat wanita hamil muda, kacang tanah juga dikhawatirkan menimbulkan alergi pada janin yang masih dalam kandungan ibunya. Walaupun konsumsinya hanya sedikit saja kacang tanah dilarang untuk ibu hamil muda berdasarkan mitos yang dipercaya oleh mayarakat hingga saat ini.

  1. Jeruk

Warna jeruk yaitu orange atau kekuningan dipercaya sebagai penyebab warna kulit bayi yang kuning pucat. Warna ini dianggap tidak wajar dan menjadi masalah. Saat bayi lahir dengan kulit kekuningan dicurigai ibu kebanyakan mengonsumsi buah jeruk sejak awal kehamilan hingga melahirkan. Sehingga warna jeruk mempengaruhi warna kulit janin.

  1. Es

Mitos berikutnya yang juga masih dipercaya hingga saat ini adalah es dapat menyebabkan janin tumbuh terlalu besar di dalam rahim ibu. Berat badan yang terlalu berlebihan saat janin masih dalam kandungan selalu dihubungkan dengan konsumsi es oleh ibu. Oleh karena itu, selama hamil ada larangan keras untuk ibu hamil muda mengonsumsi apapun yang menggunakan es. Saat bayi ukurannya terlalu besar dikhawatirkan ibu akan mengalami kesulitan saat melahirkan.

  1. Air Kelapa hijau

Banyak yang beranggapan bahwa memasukkan air kelapa hijau sebagai bagian pola makan sehat ala ibu hamil muda adalah sesuatu yang benar. Air kelapa hijau dipercaya kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan fisik janin muda dalam rahim ibu. Pertama, air kelapa hijau dapat membuat calon janin memiliki kulit yang putih dan bersih. Semakin banyak konsumsinya, semakin putih pula kulit si jabang bayi. Mitos lain yang juga berkaitan dengan konsumsi air kelapa hijau saat hamil muda adalah rambut anak yang lebat.

Bagimana fakta atau kebenaran tentang pola makan sehat ibu hamil?

Untuk mematahkan mitos yang sudah dipercaya selama beratus tahun, akan dijelaskan penjelasan secara medis dan ilmiah mengenai beberapa mitos yang digambarkan di poin sebelumnya. Jangan sampai anda rugi karena salah paham. Sangat tidak enak bukan saat anda malah menghindari makanan yang bergizi tinggi saat hamil muda. Nah, inilah fakta yang harus anda tahu:

  1. Makan 2x Lipat

Fakta yang benar mengenai makanan yang harus dikonsumsi ibu adalah nutrisi yang 2x lipat dari biasanya. Nutrisi yang banyak bukan berarti dengan mengonsumsi sebanyak mungkin makanan. Hal ini salah. Saat makanan yang anda konsumsi 2x lipat, pencernaan tentu akan terganggu. Terlebih lagi jika makanan-makanan tersebut tidak kaya akan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin, justru akan menimbulkan masalah. Pilihan yang tepat adalah konsumsi makanan dalam jumlah wajar tetapi perhatikan kandungan nutrisi pada setiap makanan yang anda makan. Pastikan semuanya dapat memenuhi nutrisi yang seharusnya masuk ke tubuh ibu dan calon bayi.

  1. Daging Merah

Rugi besar adalah saat anda hamil muda dan justru menolak untuk makan daging merah. Daging merah tanpa lemak akan memberikan asupan Zat Besi yang banyak. Zat Besi ini akan berguna untuk awal kehamilan agar ibu tidak terkena anemia.

  1. Kacang Tanah

Kacang tanah faktanya memiliki kadungan zat yang baik untuk perkembangan calon bayi. Kacang tanah kaya akan protein nabati. Jika ada bayi yang terlahir dengan berbagai alergi,itu bukan karena konsumsi kacang tanah oleh ibu saat hamil muda. Itu lebih disebabkan oleh keturunan. Namun, perlu diingat konsumsi kacang tanah memang tidak boleh berlebihan. Kelebihan protein bisa mengganggu calon buah hati yang masih sangat muda.

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang dikategorikan sebagai buah yang paling baik untuk dikonsumsi ibu hamil muda. Jadi, salah besar bahwa ibu hamil muda tidak boleh mengonsumsinya. Jeruk kaya akan antioksidan yang dapat mencegah infeksi. Selain itu, ibu hamil muda dapat mengurangi derita morning sickness dengan buah segar ini.

  1. Es

Mengonsumsi es tidak secara berlebihan tidak akan menimbulkan masalah apapun pada kehamilan baik saat usia kandungan masih muda hingga sudah tua. Berat badan calon bayi tidak akan membesar secara berlebihan jika asupan makan benar dan tidak berlebihan. Jadi, tidak usah takut untuk minum es saat cuaca panas walau anda tengah hamil muda.

  1. Air Kelapa Hijau

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa air kelapa hijau memiliki fungsi seperti yang dijelaskan di poin mitos di atas. Air kelapa hijau memang baik untuk kehamilan muda karena kaya akan cairan yang mencegah ibu dehidrasi.

Nah, sudah bisa membedakan bukan mana saja yang mitos dan mana yang fakta? Sekarang jangan ragu lagi untuk memilih pola makan yang benar. Jangan malah percaya pada mitos pola makan dan makanan yang belum tentu kebenarannya.  Pola makan sehat yang sesuai dengan anjuran para ahli lah yang harusnya diikuti.



Tulis Komentar