_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Makanan yang Wajib Ada di Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Berbicara tentang ibu hamil dan kesehatannya tentu akan banyak berkaitan dengan makanan. Saat berbadan dua kesehatan ibu dan janin memang lebih dari 50% ditentukan oleh asupan nutrisi yang masuk ke tubuh ibu dan juga janin. Oleh karena itu setiap kali makan ada rekomendasi tertentu agar diikuti oleh ibu hamil. Kali ini rekomendasi yang akan diberikan berkaitan dengan sarapan atau makan pagi untuk ibu hamil. Bukan hanya berkaitan dengan menu atau makan yang wajib dikonsumsi saat sarapan, tetapi juga penjelasan mengenai pentingnya sarapan bagi ibu hamil.

Seberapa penting sarapan bagi ibu hamil?

menu sarapan sehat untuk ibu hamil

Sebelum mengetahui menu yang sehat untuk ibu hamil akan ada baiknya jika anda sudah paham benar mengenai peran penting sarapan pagi untuk ibu hamil dan janin. Selain itu pemahaman tentang peran penting sarapan juga diharapkan dapat meningkatkan semangat ibu hamil agar tidak malas sarapan pagi. Berikut ini adalah manfaat yang dimaksud:

  1. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Sarapan pagi dengan menu yang tepat ternyata memiliki fungsi untuk menyeimbangkan jumlah kadar gula dalam darah pada ibu dan janin. Jumlah kadar gula yang pas juga berdampak baik pada mood ibu hamil yang sering tidak menentu. Sifat mudah marah, sedih, atau malas, bisa menjadi lebih baik dengan sarapan setiap pagi. Untuk janin, kadar gula darah yang pas dapat mencegah penyakit kadar gula rendah yang berdampak pada daya tubuh dan konsentrasi.

  1. Mengurangi Resiko Gemuk

Banyak yang bilang bahwa wanita yang kurus atau langsing akan berubah menjadi gemuk setelah melahirkan anak pertama. Nah, untuk mengurangi resiko terjadinya hal serupa pada anda, biasakan untuk sarapan pagi selama hamil. Berdasarkan penelitian kebiasaan ini akan mengurangi 30% resiko kegemukan setelah melahirkan.

  1. Mencegah Stunting

Stunting adalah kondisi dimana janin tidak bisa tumbuh secara normal (tinggi dan berat badan). Jika ibu rajin sarapan setiap hari selama masa kehamilan tentu hal buruk seperti stunting tidak akan terjadi. Asupan gizi yang baik akan memenuhi setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk tumbuh dengan baik.

Apa saja makanan yang wajib ada saat sarapan pagi?

Manfaat yang optimal tentu hanya bisa didapatkan dari makanan yang tepat secara kadar gizi dan zat yang terkadung di dalamnya. Makanan berikut ini adalah yang direkomendasikan untuk sarapan ibu hamil, antara lain:

  1. Roti Gandum

Walaupun anda sedang hamil, tidak berarti anda harus mengonsumsi sarapan dengan menu yang terlalu berat. Roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh adalah makanan yang sangat baik untuk sarapan ala ibu hamil. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada roti gandum dapat memberikan energi lebih pada ibu hamil yang memang membutuhkannya. Selain itu roti gandum juga kaya akan serat yang mencegah sembelit. Sedangkan Folat yang juga bisa didapatkan dari roti gandum dapat mencegah bayi lahir cacat.

  1. Sereal

Jika anda bosan atau tidak suka dengan roti gandum bisa diganti dengan sereal yang rasanya lebih enak. Kandungan yang ada pada sereal kurang lebih sama seperti roti gandum. Jadi keduanya bisa saling menggantikan. Terlebih lagi, sereal yang juga berbahan gandum kaya akan zat besi yang kehadirannya juga dibutuhkan oleh janin dalam kandungan.

  1. Beras Merah

Bagi anda yang kurang cocok dengan roti ataupun sereal karena dianggap kebaratan, beras merah adalah menu utama sarapan yang akan cocok untuk ibu hamil. Beras merah juga kaya akan karbohidrat yang menghasilkan kalori dalam jumlah besar. Anda akan bisa kenyang lebih lama dengan mengonsumsi beras merah.

  1. Telur

Telur juga masuk dalam daftar makanan yang paling direkomendasikan untuk sarapan ibu hamil. Kandungan protein pada telur baik untuk janin dalam pembentukan jaringan dan lain-lainnya. Asupan protein yang paling banyak akan dibutuhkan saat usia kandungan memasuki bulan ke 3.

  1. Buah

Kebutuhan akan energi yang lebih dapat dicukupi dengan mengonsumsi buah yang kaya akan serat. Berbagai Vitamin seperti A, B, C, D, hingga E bisa didapatkan dari buah-buahan segar. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi buah di pagi hari juga dapat mengurangi mual pada wanita hamil muda. Jika anda kurang suka mengonsumsi buah saat sarapan, cobalah untuk membuatnya menjadi minuman segar. Rasanya tentu akan berbeda.

  1. Produk Olahan Susu

Bagian terpenting dari menu setiap kali makan adalah susu atau produk olahan susu. Di pagi hari sebagian ibu merasa mual jika harus mengonsumsi susu secara langsung. Untuk mengatasinya cobalah untuk membuat berbagai macam olahan dengan susu misalnya jus atau smoothies. Jika tidak sempat berkreasi, anda bisa membeli berbagi produk siap makan yang terbuat dari susu misalnya keju dan yogurt. Kalsium yang dibutuhkan oleh janin untuk gigi, gusi, dan tulangya banyak terdapat pada susu atau produk yang terbuat dari susu.

Bagaimana contoh menu untuk sarapan sehat buat wanita hamil?

Jika anda msih bingung dalam menentukan menu yang akan baik untuk anda dan calon bayi, akan dijelaskan dengan beberapa menu yang mungkin bisa anda terapkan di keseharian anda. Inilah menu yang bisa anda coba:

  1. Menu A

Untuk contoh menu yang pertama adalah yang paling sederhana dan tidak perlu banyak repot di dapur.

  • Roti gandum dengan selai atau mentega
  • Jeruk
  • Susu
  1. Menu B

Anda bisa menggunakan menu A dan B secara bergantian untuk menghindari rasa bosan untuk sarapan. Menu B juga masih sangat sederhana. Semua masih menggunakan bahan siap saji yang tidak perlu dimasak terlebih dahulu.

  • Semangkuk sereal gandum dan susu putih
  • Anggur
  1. Menu C

Untuk Menu C akan sedikit repot karena harus memasak daging atau ikan dengan cara menggoreng atau memanggang daging. Selain itu pastikan bahwa sayur yang digunakan tidak mengandung pestisida dan sudah dicuci bersih.

  • Roti Tawar, keju, tomat, sayur organic (selada), daging atau ikan
  • Jus Jeruk
  1. Menu D

Untuk menu yang terakhir ini akan sangat cocok untuk mereka yang tidak bisa jauh dari makanan Indonesia. Berbeda dengan contoh menu yang sebelumnya, menu D mungkin membuat anda sedikit lebih repot. Semuanya harus dimasak sendiri karena belum ada yang siap saji.

  • Nasi Merah
  • Orak Arik (sayuran dan telur)
  • Ikan Asin
  • Smoothies strawberry

Itulah ulasan mengenai sarapan pagi untuk ibu hamil. Penjelasan tentang manfaat sarapan bagi ibu dan janin, daftar makanan yang wajib ada sebagai menu sarapan, dan contoh menu makanan yang sehat untuk ditiru oleh ibu hamil. Mengingat peran penting sarapan, jadi perhatikan betul menu yang dikonsumsi setiap harinya. Pastikan kandungan nutrisinya tepat dan tidak menyebabkan kebosanan untuk selalu sarapan setiap hari.



Tulis Komentar