_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

10 Jenis Buah yang Baik Buat Ibu Hamil dan Janin



Hamil muda adalah fase dimana wanita ingin mengonsumsi makanan yang segar dan kadang rasanya menyengat. Selain itu sebagian besar wanita yang mengalami ngidam menginginkan berbagai jenis buah yang terkadang langka. Padahal saat sedang ngidam semua keinginan harus dituruti demi calon buah hati. Tahukah anda bahwa bukan hanya buah yang masuk daftar ‘ngidam’ yang harus segera dipenuhi? Daftar buah berikut ini juga wajib dikonsumsi oleh ibu hamil muda demi kesehatannya dan calon buah hati yang masih menggantungkan asupan nutrisi pada ibu:

10 Jenis Buah yang Baik Buat Ibu Hamil dan Janin

Buah yang Baik Buat Ibu Hamil dan Janin

  1. Alpukat

Buah dengan daging lembut ini menjadi salah satu buah paling bernutrisi untuk ibu hamil apalagi saat usia kandungan masih muda atau sebelum 3 bulan kehamilan. Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat mengurangi rasa mual atau dikenal dengan morning sickness yang terasa menggangu. Selain berguna di awal masa kehamilan, alpukat juga berfungsi dalam proses tumbuh kembang janin selama masih dalam kandungan sang ibu. Kandungan vitamin serta beberapa nutrisi pada alpukat dapat membantu proses pertumbuhan tulang belakang dan otak. Saat trisemester terakhir kehamilan dimana janin berkembang secara sangat pesat, Alpukat yang masih terus dikonsumsi oleh ibu hamil akan berperan penting dalam mempengaruhi tingkat kecerdasan buah hati anda. Dengan demikian, Alpukat menjadi salah satu dari beberapa buah yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi dari awal hingga akhir kehamilan.

  1. Buah Naga

Saat ini buah naga adalah salah satu jenis buah yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia. Buah yang bentuknya menyerupai naga ini dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit dari yang ringan hingga berat. Bukan hanya mereka yang sakit yang dapat merasakan manfaat buah naga. Ibu hamil juga bisa merakan beberapa khasiat jika mau mengonsumsi buah manis dan berair ini. Kandungan vitamin pada buah naga mampu menutrisi ibu dan janin agar senantiasa sehat dan terbebas dari infeksi. Selain itu, masalah yang kadang dialami wanita selama hamil yaitu berdahak selama hamil dapat diatasi dengan buah ini.

  1. Anggur

Anggur adalah buah kecil yang memiliki manfaat besar untuk ibu hami. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga ibu dan janin dari berbagai macam virus yang menggangu. Meskipun buah ini tidak berserat seperti pisang, anggur tetap memiliki peran dalam melancarkan BAB pada ibu hamil. Bukan itu saja, jika usia kehamilan semakin tua otomatis kebutuhan ibu akan energy juga meningkat. Buah sekecil anggur yang dikonsumsi secara rutin mampu menambah energi yang dihasilkan oleh tubuh sehingga ibu tetap aktif bergerak dan tidak mudah lelah. Nutrisi tambahan yang juga diberikan oleh anggur adalah Asam Folat, Natrium, Fosfor dan Magnesium.

  1. Kurma

Ibu hamil membutuhkan asupan Vitamin B dan Zat Besi setiap harinya. Jika anda sedang bosan dengan sumber nutrisi yang selama ini anda konsumsi, kurma bisa menjadi alternative untuk mengurangi kebosanan akan menu yang sama. Buah manis ini mengandung dua zat itu. Ada bonus lain jika anda mengonsumsi kurma yakni mencegah atau mengurangi sakit perut atau kram yang sering terjadi pada wanita hamil terutama saat usia kandungan masih muda. Yang perlu diingat, konsumsilah kurma yang berkualitas  baik demi nutrisi yang hebat dan khasiat yang maksimal.

  1. Strawberry

Buah kecil lainnya selain anggur dan kurma yang menawarkan segudang manfaat bagi ibu hamil adalah strawberry. Buah berwarna merah dengan rasa sedikit asam ini kaya akan Vitamin C seperti buah masam lainnya. Vitamin C itulah yang mampu menyehatkan ibu dan calon bayi. Kandungan lain pada strawberry yang juga berguna bagi janin adalah Vitamin K yang baik untuk tulang. Mengonsumsi strawberry juga bisa membantu janin untuk memiliki otak cerdas. Sedangkan untuk ibu, strawberry berperan sebagai penawar rasa mual dan penambah nafsu makan terutama saat awal masa kehamilan.

  1. Pisang

Pisang adalah buah enak yang juga kaya akan manfaat untuk ibu hamil. Manfaat luar biasa dari si buah berkulit kuning ini paling bisa dirasakan jika usia kehamilan sudah memasuki bulan ke tujuh dimana konstipasi atau sembelit selalu mengancam ibu hamil. Seratnya yang baik dapat mengurangi bahkan menghilangkan ganguan metabolisme pada ibu hamil. Jika anda mau mengonsumsinya sejak awal kehamilan tentu akan ada khasiat lain yang dapat anda rasakan.  Kandungan kalium pada buah pisang juga dapat membantu agar janin sehat selama dalam rahim ibu.

  1. Jeruk

Buah segar yang tidak pernah membosankan untuk disantap, jeruk, akan memberikan antioksidan yang cukup jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Antioksidan yang tinggi dihasilkan oleh kandungan Vitamin C yang banyak pada buah jeruk. Buah berwarna orange dengan aroma khas ini juga berguna sebagai pengurang rasa mual dan muntah yang terjadi karena perubahan hormone.

  1. Apel

Meskipun beberapa saat yang lalu pernah terjadi masalah dengan apel yang ternyata memiliki virus berbahaya, sekarang anda harus yakin dengan khasiat apel. Konsumsi buah ini mampu memberikan asupan vitamin yang lengkap untuk ibu dan janin antara lain Vitamin C, Vitamin B (B1 hingga B9), dan Vitamin A. Setiap vitamin tersebut tentu memiliki peran masing masing. Misalnya saja Vitamin A membantu pertumbuhan mata janin. Vitamin C mampu mengurangi mual dan mencegah terjadiny infeksi baik pada ibu maupun janin. Percayalah buah dengan rasa sedikit asam ini tidak membawa racun. Untuk memastikannya, cucilah dengan sabun pencuci buah.

  1. Jambu Air

Keberadaan jambu air mungkin tidak sebanyak jambu biji yang mudah dijumpai dimana saja karena jambu air adalah buah musiman. Saat anda hamil dan musim jambu air, segeralah membeli dan mengonsumsi buah segar ini. Kandungan Vitamin A, B, dan C pada buah ini tentu berguna untuk ibu dan janin. Bukan hanya itu sajakandungan nutrisi pada jambu air dapat membantu pembentukan dan kerja sel darah putih dalam tubuh ibu. Selain itu kandungan air yang tinggi pada jambu air mampu mencegah dehidrasi pada ibu hamil.

  1. Berry

Di Indonesia anda bisa membeli beberapa jenis buah berry. Selain strawberry, ada jenis buah dengan nama berry yang juga kaya akan nutrisi bermanfaat untuk ibu hamil seperti blueberry, rasbery, dan blackberry. Masing-masing dari mereka menunjukkan kandungan antioksidannya yang tinggi melalui rasa asam. Antioksidan itu berperan sebagai penangkal virus atau bakteri penyebab infeksi.

Demikianlah daftar buah yang berdasarkan penelitian mampu menjadi penunjang kesehatan ibu hamil dan janin. Buah-buah yang sudah disebutkan di atas bukan hanya direkomendasikan untuk ibu dengan usia kehamilan tertentu saja. 10 buah tersebut dapat dijadikan sumber nutrisi dan pencegah berbagai gangguan kehamilan dari awal hingga proses persalinan. Hal yang wajib diperhatikan dalam mengonsumsi buah apapun adalah kebersihannya.



Leave a Reply