_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

Sayuran yang Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Kesehatan sangat ditentukan oleh pola hidup yang sehat. Nah, salah satu cara untuk menjalani pola hidup sehat adalah dengan pola makan yang terartur, bergizi dan tentunya sehat. Apalagi saat seorang wanita tengah berbadan dua. Masa ini menuntut pola makan yang lebih diperhatikan dan dijaga. Menu empat sehat lima sempurna harus selalu ada di meja makan. Namun, kali ini tidak akan dibahas semua bagian dari empat sehat lima sempurna. Pembahasan akan fokus pada bagian sayuran saja. Dari sekian banyak jenis sayuran yang tumbuh di Indonesia dan mudah dijumpai dimana saja, ada beberapa sayuran yang dikategorikan sebagai sayuran paling bernutrisi dan cocok untuk kesehatan ibu yang sedang hamil muda.

Apa saja sayuran yang dikategorikan sebagai sayuran paling baik untuk ibu hamil muda?

Sepertinya semua orang sudah paham benar bahwa sayuran adalah makanan yang bukan hanya nikmat tapi juga paling berkhasiat untuk tubuh dan organ penting. Dari sekian banyak sayuran, sayuran hijau adalah yang menjadi primadona diantara lainnya. Namun, apakah hanya sayuran berwarna hijau saja yang layak dikonsumsi dan menyehatkan ibu hamil muda? Cobalah menyimak daftar sayuran untuk ibu hamil muda berikut ini:

sayuran untuk ibu hamil muda

  1. Bayam

Jika anda bertanya pada ahli gizi atau dokter kandungan mengenai sayuran yang paling disarankan untuk ibu hamil muda jawabannya akan bayam. Jenis sayuran hijau ini adalah makanan untuk kelas atas hingga kelas bawah. Harganya murah tetapi ada nutrisi mahal yang berguna terutama untuk ibu dan embrio yang masih belia. Ada Asam Folat, Zat Besi, Vitamin A dan nutrisi lainnya. Semua zat itu adalah zat yang dibutuhkan untuk pembentukan organ, sistem syaraf, pembentukan darah dan berguna untuk memperkuat embrio.

  1. Brokoli

Sayur berikutnya yang kaya akan gizi yang dibutuhkan ibu hamil muda adalah brokoli. Sayuran yang juga berwarna hijau seperti bayam ini bisa dijadikan berbagai macam olahan yang selalu membuat orang menelan ludah. Tentunya setiap olahan dari brokoli ini kaya akan nutrisi seperti Vitamin C dan Zat Besi. Nah, bagi ibu yang tidak ingin menjadikannya sebagai sayuran, brokoli bisa diolah menjadi camilan. Khasiatnya tetap akan sama walaupun tidak dijaidakn sayur saat makan besar.

  1. Wortel

Wortel adalah sayuran yang dikenal sebagai sumber Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Untuk ibu hamil muda, wortel juga berkhasiat untuk pertumbuhan dan kesehatan embrio dalam rahim ibu. Berbeda dengan bayam yang lebih nikmat jika disantap sebagai sayuran, wortel bisa dijadikan jus. Jadi, anda bisa mengonsumsi sayur berwarna orange ini untuk sayur bening atau bisa juga minuman yang menyehatkan. Berbagai macam kue juga bisa dimasak dengan bahan wortel. Anda tidak akan merasa bosan untuk menyantap sayur ini selama hamil muda utamanya.

  1. Kembang Kol

Kembang Kol atau bunga kol adalah sayur yang tidak dikategorikan sebagai sayuran hijau tetapi memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu saat usia kehamilan masih muda (awal 3 bulan pertama). Kandungan terbanyak pada kembang kol yang paling berkhasiat untuk ibu yang hamil muda adalah Vitamin C. Jenis Vitamin inilah yang akan membentuk kekebalan tubuh dan ikut serta dalam membunuh kuman atau virus yang masuk ke tubuh ibu dan diserap oleh embrio.

  1. Sawi

Sayur kelima yang disarankan untuk ibu hamil muda adalah sayur hijau bernama sawi. Sama seperti bayam, sangat mudah menemukan sayuran ini di pasar maupun di supermarket. Sebenarnya jenis sawi ada berbagai macam. Hanya saja, sawi hijau adalah yang paling direkomendasikan. Selain kaya akan serat, sawi hijau juga memilki kandungan zat besi yang berguna untuk mengurangi mual dan muntah yang biasa dialami oleh wanita di awal kehamilan. Kandungan Asam Folat pada sawi juga dibutuhkan oleh embrio untuk pertumbuhan sel agar tidak terjadi kecacatan. Jadi, jangan ragu untuk memilih sawi sebagai salah satu menu di meja makan selama kehamilan yang masih muda.

  1. Buncis

Buncis adalah jenis sayuran yang agak mirip dengan kacang panjang jika dilihat secara fisik. Warnanya hijau dan panjang. Buncis ini digolongkan sebagai bagian dari kacang-kacangan yang dapat diolah menjadi sayur. Kandungan paling baik dari buncis adalah Asam Folat. Manfaat Asam Folat pada buncis sama seperti pada sawi. Jadi, mengolahnya secara bergiliran akan menjadi ide yang bagus.

  1. Asparagus

Sayur terakhir yang paling direkomendasikan juga adalah asparagus. Sayuran ini kaya akan Asam Folat yang keberadaanya terus dibutuhkan oleh calon buah hati. Dari bulan ke bulan berikutnya, kebutuhan akan zat yang satu ini akan terus meningkat. Jika anda ingin anak terlahir sehat dan sempurna, asparagus bisa membantu anda sejak awal kehamilan.

Berapa porsi atau jumlah sayur yang harus dikonsumsi ibu hamil muda dalam sehari?

Bukan hanya mengetahui beberapa sayur yang dikategorikan sebagai yang paling menyehatkan ibu yang hamil muda, takaran atau porsi sayur yang harus dikonsumsi setiap harinya juga menjadi hal penting. Ini karena kekurangan atau kelebihan sayuran dapat mengakibatkan gangguan pada embrio atau calon bayi anda. Saat usia kandungan belum lebih dari tiga bulan, mengonsumsi sayuran harus 4 porsi minimal dalam satu hari. Jenis yang dimasak dan dimakan boleh berganti-ganti dalam satu hari. Hal itu justru lebih baik karena akan ada banyak nutrisi yang masuk ke tubuh. Jenis nutrisinya akan lebih bervariasi. Selain itu dapat mencegah penumpukan atau kelebihan jumlah zat tertentu pada tubuh ibu dan embrio. Akan lebih baik juga jika anda memperhatikan apa saja kandungan yang ada pada setiap sayur yang anda masak sehingga tidak ada nutrisi yang lupa untuk dipenuhi dalam satu hari. Setelah memperhatikan porsi, jangan lupa menjaga kebersihan sayur yang akan anda konsumsi. Jika memungkinkan mengonsumsi sayuran organik akan lebih aman dari kemungkinan bahaya zat kimia yang tertinggal pada sayuran yang anda makan.

Bagaimana cara yang benar dalam mengolah sayur?

Cara mengolah adalah hal kecil yang kadang diabaikan oleh beberapa orang. Mengingat sayur yang diolah akan dikonsumsi oleh ibu yang usia kehamilannya masih muda, cara mengolah wajib diperhatikan. Pertama tentu mencuci dengan air mengalir. Usahakan untuk menutup panci saat mengolah sayur agar tidak ada nutrisi yang hilang bersama uap. Jangan menggunakan penyedap saat memasak sayur. Pastikan sayur dimasak dengan kematangan yang sempurna.

Itu saja diskusi tentang jenis sayuran sehat untuk ibu saat hamil muda beserta porsi dan cara memasak yang tepat. Jika setiap hal kecil diperhatikan tentu nutrisi yang diterima akan lebih optimal. Sayuran lain yang tidak disebutkan bisa menjadi teman saat memasak sayuran yang dibahas di atas untuk memperoleh nutrisi yang cukup bagi ibu dan calon buah hati yang masih dalam bentuk gumpalan darah.



Tulis Komentar