_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Resep Bubur Susu Mpasi Buatan Sendiri

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI



Menjadi seorang ibu memiliki tugas utama untuk selalu memperhatikan pertumbuhan sang buah hati, mulai dari dalam perut hingga kelahirannya. Ketika bayi baru dilahirkan, ibu hanya bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhan sang bayi dengan memberikan sumber makananya yaitu ASI. ASI menjadi sumber makanan utama bagi sang bayi hingga berumur dua tahun atau satu tahun setengah. Ketika bayi sudah menginjak usia 4-6 bulan, biasanya sudah mulai dikenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI sebagai makanan penunjang pertumbuhan sang bayi selain ASI. ASI saja tidak cukup untuk bayi yang sudah menginjak usia tersebut. Oleh karena itu, ini menjadi tugas utama bagi ibu untuk memberikan MPASI yang tepat untuk sang buah hati tercinta.

Mungkin bagi kebanyakan ibu yang baru memiliki momongon belum begitu familiar dengan makanan pilihan MPASI yang tepat untuk sang bayi, sehingga ibu baru harus benar-benar mempelajari beberapa makanan MPASI yang efektif dan cocok untuk sang buah hati. Banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk mendapatkan MPASI antara lain membuat bubur susu sendiri, atau membeli produk bubur susu instan. Keduanya bisa anda lakukan, akan tetapi kebanyakan ibu lebih memilih untuk membuat bubur susu sendiri sebagai MPASI sang buah hati yang lebih mudah dibuat serta efisien dan terjamin aman karena menggunakan bahan-bahan alami.

Resep Bubur Susu Mpasi Buatan Sendiri

Membuat bubur susu sendiri memang sangat menyenangkan dibandingkan harus membelinya di toko. Karena cara membuatnya tidaklah sulit dan hanya membutuhkan beberapa menit saja. Bubur susu adalah kombinasi antara susu dan makanan sumber alami seperti buah-buahan atau sayuran. Bagi ibu yang memiliki buah hati yang mengalami alergi pada susu sapi, maka bisa digantikan dengan susu formula soya yang terbuat dari kedelai. Baik susu formula sapi atau soya sama-sama memberikan nutrisi yang efektif pada bayi karena memiliki kadar protein yang sama. Mencampurkan salah satu di antara keduanya untuk dijadikan bubur susu juga bisa anda lakukan. Jika anda belum pernah mencoba untuk membuat bubur susu, kini anda bisa dapatkan contoh tutorial praktis cara membuat bubur susu alami untuk sang buah hati!

Resep bubur susu sehat alami

Membuat bubur susu alami memang sangat mudah, jika anda belum berpengalaman kini anda akan dapatkan resep dan tutorial cara membuat bubur susu yang sehat dan alami. Untuk bahan-bahanya yang pertama kali anda butuhkan adalah 20 gram beras putih atau bisa juga menggunakan beras merah, selain itu ada beberapa orang yang menggunakan tepung hunkwe. Kemudian siapkan 200 cc susu, susu yang digunakan bisa menggunakan susu formula sesuai kebutuhan bayi, misalkan sang bayi memiliki alergi pada protein susu sapi, biasanya digantikan dengan susu soya atau susu formula kedelai.

Cukup anda siapkan dua bahan tersebut untuk membuat bubur susu, mudah bukan? Karena anda tidak perlu harus susah mencari bahan-bahan tersebut, biasanya sudah tersedia di rumah. Ok, lanjut ke tutorial pembuatan bubur susu. Langkah yang pertama, anda perlu mencairkan tepung sesuai selera tersebut dengan 50 cc susu formula yang sudah anda persiapkan. Langkah kedua, rebus hasil susu tadi hingga mendidih, ingat jangan menggunakan api yang terlalu panas, cukup sedang saja. Langkah ketiga, masukkan tepung yang sudah dicairkan tadi pelan-pelan, kemudian diaduk-aduk hingga rata dan kental sampai terlihat menjadi bubur. Nah, langkah terakhir, cukup dinginkan bubur susu yang sudah jadi sebelum dihidangkan.

Nah, cukup mudah bukan? Tentu sangatlah mudah dan praktis bisa anda kerjakan sendiri tanpa menunggu bantuan orang lain. Karena bubur susu adalah MPASI paling efektif sebagai makanan tambahan untuk bayi. Untuk mendapatkan bubur susu sendiri sebenarnya anda bisa juga mencari yang instan, karena banyak dijual ditoko-toko bubur susu instan yang ada dalam kemasan, akan tetapi, alangkah baiknya jika anda membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami, yang tanpa menggunakan bahan kimia. Sehingga, tidak perlu khawatir untuk masalah keamanan dari bubur susu alami tersebut.

Selain itu, anda juga bisa membuat bubur susu alami menggunakan inovasi lain yang lebih menarik dan menyenangkan. Tidak hanya menggunakan dua bahan diatas, anda juga bisa menggunakan tambahan bahan lain untuk membuat bubur susu seperti buah-buahan atau sayuran sebagai pendukung efektif bagi pertumbuhan sang bayi. Menambahkan buah seperti jeruk, melon, pisang, atau yang lainya akan memberikan sensasi lain pada makanan sang buah hati, karena buah juga banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat bagus untuk perkembangan sang bayi terutama pada bayi usia 4-6 bulan. Buah-buahan yang anda tambahkan pada bubur susu, sebelumnya harus dihaluskan terlebih dahulu menggunakan blender atau alat penghalus lainnya agar encer dan mudah dicerna oleh bayi.

Menambahkan sayuran pada bubur susu juga sangat disarankan, karena sayuran kaya akan vitamin, seperti bayam, brokoli dan wortel. Untuk menambahkan sayuran ke dalam bubur susu, hendaknya dicuci bersih terlebih dahulu sayuran tersebut hingga higienis kemudia dihaluskan menggunakan blender hingga halus, baru setelah halus bisa ditambahkan dengan tepung dan susu formula sesuai kebutuhan. Sangat mudah dan praktis, tidak perlu menggunakan bahan-bahan kue atau santan untuk membuat bubur susu bayi, karena makanan bayi diusahakan harus benar-benar alami 100 persen, sehingga mampu membantu pertumbuhan sang bayi secara efektif dan cepat. MPASI bubur susu alami sangat disarankan bagi bayi yang sudah menginjak usia 4-6 bulan sebagai sumber pendukung selain ASI.

Nah,caranya mudah bukan? Sekarang anda bisa mencoba untuk mempraktekanya sendiri dirumah hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana tersebut dan sangat mudah. Pastikan anda tidak perlu menambahkan bumbu masak seperti micin ke dalam bubur susu karena sangat tidak dianjurkan, micin atau bahan kimia tersebut bisa menghambat daya kembang otak pada sang bayi, sehingga usahakan untuk membuat bubur susu alami dengan cara tradisional tanpa menggunakan bahan-bahan kimia bahkan anda tidak perlu menggunakan garam untuk sang buah hati. MPASI bubur susu menjadi makanan pokok bagi bayi di usia yang masih sensitif, sehingga anda disarankan untuk membuatnya setiap hari sebagai penambah gizi sang buah hati.

Memberikan makanan pendamping ASI pada bayi bukan berarti anda harus menghentikan ASI pada buah hati anda, karena keduanya saling melengkapi, usahakan pemberikan ASI dan MPASI seimbang, agar bayi tercukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya dengan baik. Selain itu, agar tidak bosan dan bervariasi, anda bisa memberikan MPASI setiap hari dengan berbagai varian rasa, seperti buah-buahan dan sayuran di hari yang berbeda. Agar bayi tidak merasa bosan dan bisa dikenalkan berbagai macam jenis makanan yang penting untuk pertumbuhannya. Jangan pernah berhenti untuk memberikan yang terbaik pada buah hati anda karena makanan alami dan sehat adalah nutrisi utama bagi tumbuh kembang sang bayi.



Tulis Komentar