_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

10 Tanda-Tanda Fisik dan Non-Fisik Kehamilan 1 Minggu



Kehamilan adalah berkah yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Terlebih lagi kehamilan dan melahirkan adalah hal yang membuat seorang wanita merasa seutuhnya wanita. bahkan ada yang mengatakan bahwa wanita belum sempurna jika belum hamil dan melahirkan keturunan. Nah, agar saat anda peka dan paham saat hal baik ini terjadi pada anda, memahami ciri-ciri kehamilan yang usianya 1 minggu adalah hal yang penting. Ada tanda secara fisik dan non-fisik yang bisa anda jadikan patokan. Simak ulasan kali ini.

Bagaimana tanda-tanda Fisik yang ditunjukkan wanita hamil 1 minggu?

Ada dua tanda utama atau perubahan yang akan ditunjukkan oleh wanita yang hamil 1 minggu. Ada tanda fisik dan non fisik. Poin ini akan menyebutkan beberapa tanda fisik. Jika semua tanda fisik ini terpenuhi ada banyak kemungkinan seorang wanita tengah hamil. Jika tidak semua tanda ada, bisa saja dia hanya sedang sakit saja. Tanda fisik yang dimaksud antara lain:

  1. Terlambat Datang Bulan

Tanda fisik paling menonjol dan pantas dicurigai bahwa wanita sedang hamil 1 minggu adalah ia tidak datang bulan padahal sudah seharusnya haid. Tanda ini dibenarkan secara medis karena datang bulan hanya terjadi jika sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Saat pembuahan terjadi maka dinding rahim tidak luruh menjadi darah menstruasi. Namun, satu tanda ini saja sebenarnya belum cukup untuk memastikan kehamilan. Ada hal lainnya yang harus dipertimbangkan.

  1. Morning Sickness

Absennya haid di bulan tertentu yang diikuti dengan terjadi morning sickness sehingga dugaan kehamilan akan semakin kuat. Morning sickness adalah kondisi dimana seorang wanita selalu mual, pusing dan muntah di pagi hari. Dia juga akan mual saat mencium bau tertentu yang biasanya tidak menjadi masalah untuknya. Bahkan ada beberapa yang mengalami kondisi ini sepanjang hari. Ia menjadi lemas seperti orang mabuk atau sakit. Bagi mereka yang tidak begitu paham kondisi ini justru dikira sebagai sakit masuk angin lalu minum obat tanpa resep dokter. Hal ini sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan akan berdampak buruk pada calon janin.

  1. Sakit Perut

Tanda fisik yang ketiga adalah sakit perut atau kram perut yang tiba-tiba sering terjadi. Hal ini terjadi karena proses penempelan calon janin ke bagian rahim ibunya. Proses inilah yang memicu perut memberikan reaksi pada benda asing yang tidak biasanya ada. Rahim yang terletak pada bagian perut tidak langsung menerima sesuatu yang baru dengan mudah. Penyesuaian itulah yang juga mengakibatkan sakit perut yang berlebih. Jangan khawatir saat anda mengalami ini.

  1. Perubahan Payudara

Selain rahim yang mengalami perubahan, hormon pada tubuh juga berubah. Nah, perubahn hormon itulah yang mengakibatkan perubahan fisik pada bagian payudara. Ada beberapa tanda yang dapat dilihat. Pertama, payudara mulai membesar. Ukurannya akan terus besar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Tanda lainnya adalah payudara yang terasa lebih empuk juga sensitive. Akan ada rasa aneh dan tidak nyaman saat anda menggunakan bra walaupun itu bra yang biasa anda pakai.

  1. Bercak Darah

Proses penempelan calon janin pada rahim ibu yang disebut dengan implantasi mengakibatkan proses yang disebut implantation bleeding atau pendarah. Berbeda dengan haid, pendarahan karena proses awal kehamilan ini hanya akan berupa bercak darah saja. Tidak perlu khawatir saat tiba-tiba anda mengelurakan bercak darah karena ini wajar dialami. Bercak ini muncul pada satu minggu usia kehamilan.

  1. Sering Bang Air Kecil

Untuk memperkuat dugaan kehamilan pada wanita jika dilihat dari perubahan fisik yang ditunjukkannya, ada tanda sering buang air kecil. Keberadaan calon janin di dalam rahim ibu mendorong posisi kandung kemih. Dorongan atau tekanan itulah yang mengakibakan anda ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya.

tanda tanda kehamilan 1 minggu

Tanda non-fisik apa saja yang ditunjukkan wanita hamil 1 minggu?

Bukan hanya perubahan fisik yang dapat dilihat saat wanita tengah hamil 1 minggu. Tanda non-fisik yang akan memperkuat dugaan sedang hamil juga ada. Tanda ini memang belum bisa dijadikan 100% jawaban bahwa seseorang hamil karena belum ada tes dokter. Akan tetapi tanda-tanda ini bisa dijadikan indikator untuk segera melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter, antara lain:

  1. Ngidam

Ngidam adalah tanda non-fisik paling mencolok yang selalu dialami oleh setiap wanita saat sedang hamil. Ada berbagai macam keinginan ‘tidak wajar’ yang tiba-tiba sering dia utarakan. Misalnya saja ingin makan buah-buahan yang sulit ditemukan atau jarang dimakan di waktu sebelum hamil. Bukan hanya makanan, ada hal-hal aneh lainnya yang tiba-tiba diinginkan oleh wanita. Kondisi ini wajar secara medis karena terjadinya perubahan hormon pada wanita yang juga mengubah dirinya secara non fisik.  Ngidam memang paling parah terjadi saat awal kehamilan tetapi salama 9 bulan ngidam akan terus terjadi. Yang membedakan saat semakin tua ngidam akan sedikit berkurang.

  1. Sensitif

Orang mengatakan bahwa wanita yang sedang haid adalah makhluk paling sensitif di dunia ini. Padahal ada yang lebih sensitive lagi yaitu wanita hamil muda. Perubahan hormon yang memicu ngidam juga memicu mood yang lebih sensitif. Saat masih 1 minggu usia kehamilannya, seorang wanita lebih mudah marah, sedih, menangis, dan biasanya berapi-api. Saat mendengar hal yang buruk sedikit saja dia bisa sedih dan menangis secara berlebihan. Bukan hanya dalam hal mental, wanita hamil juga sensitif dalam hal penciuman. Ada yang tiba-tiba tidak suka engan bau sabun, aroma parfum, aroma bawang, dan lain-lain.

  1. Mudah Stress

Selain mudah tersinggung, wanita yang usia kandungannya masih satu minggu cenderung lebih mudah stress. Hal ini sebenarnya terjadi karena perubahan sikapnya yang menjadi sangat berapi-api terhadap sesuatu. Hal kecil saja bisa menjadi sesuatu yang sangat besar dan dipikirkan terlalu berat olehnya.

  1. Kurang Nafsu Makan

Kondisi fisik yang lemas dan mual yang terus-menerus terjadi mengakibatkan kurangnya nafsu makan. Ditambah lagi dengan mood yang kurang teratur karena perubahan hormon. Hanya makanan tertentu saja yang ingin dikonsumsi. Bahkan saat ngidam, wanita hanya ingin makanan tapi saat makan sedikit saja sudah merasa bosan dan kenyang. Jika diperhatikan ciri ini sedikit banyak memang mirip seperti orang sakit. Namun, jika diimbangi dengan tanda lain yang sudah disebutkan bisa jadi wanita sedang hamil 1 minggu.

Itulah penjelasan mengenai tanda-tanda wanita hamil 1 minggu. Jika semua tanda baik fisik dan non-fisik tersebut memang terlihat, sudah bisa dipastikan dia tengah berbadan dua. Segera lakukan tes medis untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan mengetahui kondisi ibu dan janin. Jika masih enggan ke dokter, cobalah tes di rumah dengan menggunakan tespek yang dibeli di apotek. Jika hasilnya positif segeralah ke dokter.



Leave a Reply