_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Wajib Baca: Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil



Masa kehamilan selalu menjadi masa yang sangat dinantikan oleh setiap wanita. Seorang wanita merasa belum sempurna jika belum hamil dan melahirkan seorang anak. Kebahagian dan rasa tidak sabar akan kehadiran bayi lucu selalu menjadi momen yang indah. Namun, sebelum si kecil lahir ada proses panjang yang harus dialami. Setidaknya Sembilan bulan adalah masa yang penuh dengan perjuangan agar menjaga ibu dan buah hati sehat sampai lahir ke dunia. Untuk itu, berikut ini adalah pembahasan tentang cara menjaga kesehatan ibu hamil dan si buah hati yang masih dalam kandungan.

Bagaimana cara menjaga kesehatan ibu dan janin

tips menjaga kesehatan ibu hamil

Masa kehamilan tentu tidak lepas dari berbagai cara agar ibu dan buah hati yang ada di perutnya juga sehat. Caranya tentu sedikit berbeda dengan menjaga kesehatan orang yang tidak berbadan dua. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tidak hamil tetapi tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang hamil. Nah, daripada anda penasaran tentang cara spesial untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya, inilah ulasannya:

  1. Vaksinasi Kehamilan

Hal pertama yang harus dilakukan demi kesehatan ibu dan calon buah hati adalah melakukan vaksinasi kehamilan. Anda bisa tanyakan berbagai macam jenis vaksinasi atau imunisasi khusus untuk ibu hamil kepada dokter kandungan yang menangani anda. Jangan sampai anda lupa melakukannya demi mencegah berbagai macam penyakit, infeksi dan kelainnan pada bayi. Selain itu kesehatan ibu juga bisa dijamin dengan vaksinasi.

  1. Asupan gizi

Bukan hanya satu hal yang yang harus dilakukan agar kesehatan ibu dan anak terjamin. Langkah berikutnya adalah dengan menjaga asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu. Saat ibu mendapatkan pola makan yang baik dengan berbagai jenis makanan sehat secara tidak langsung bayi anda dalam kandungan juga mendapatkan asupan yang sama. Pastikan semua makanan yang dikonsumsi ibu yang hamil adalah makanan yang tidak mengandung bahan pengawet, pemanis, atau pewarna buatan. Bahan-bahan makanan yang alami dan sehat adalah penentu utama perkembangan dan pembentukan syaraf serta organ tubuh lainnya. Ada beberapa nutrisi utama yang wajib dipenuhi setiap harinya selama masa kehamilan antara lain: asam folat, protein, zat besi, kalsium, vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin K. Jadi, pilihlah makanan yang mengandung semua zat tersebut. secara sederhana, makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hami adalah empat sehat lima sempurna.

  1. Olahraga

Pola hidup sehat bukan hanya ditandai dengan pola makan yang sehat atau baik. Olahraga menjadi hal lain yang juga diharapkan untuk dilakukan. Perlu diingat olahraga untuk ibu hamil berbeda. Tidak semua olah raga diijinkan untuk dilakukan saat sedang hamil. Olahraga yang cocok adalah yang tidak berat. Anda bisa melakukan senam khusus ibu hamil. Olahraga yang terlalu berat justru dikhawatirkan akan berbahaya untuk ibu dan bayi. Kondisi yang terlalu lemah dapat meningkatkan detak jantung ibu dan bayi. Selain itu kelelahan dikhawatirkan dapat menyebabkan pendarahan, apalagi jika usia kehamilan masih muda. Jika anda tidak ingin iku senam hamil, jalan kaki bisa menjadi alternatif untuk menjaga kebugaran selama masa kehamilan. Olahraga ini akan melancarakan peredaran darah, menguatakan otot, menjaga pernafasan agar baik, dan lain-lain.

  1. Kebersihan Tubuh

Ada beberapa wanita yang menjadi lebih malas dan terlihat kotor saat sedang hamil. Mereka mengatakan itu adalah bawaan bayi. Namun, anda tidak boleh membiarkan hal itu terjadi. Kebersihan harus selalu dijaga. Pertama, kebersihan wajah dan rambut. Ada perubahan hormon saat kehamilan yang mengakibatkan munculnya bintik atau flek hitam pada wajah. Bersihkan wajah setiap hari. Selain itu, usahakan untuk tetap merawat kebersihan rambut setiap harinya seperti saat belum hamil. Bagian lain yang juga wajib diperhatikan adalah payudara. Bersihkan payudara dengan air hangat atau minyak zaitu secara teratur. Saat melakukan perawatan ini, usahakan sambil memijat secara halus bagian payudara agar nanti saat bayi sudah lahir sudah siap untuk diminum. Bagian kewanitaan juga area yang harus bersih. Gunakan bahan alami seperti sirih untuk membersihkannya.

  1. Kebersihan Lingkungan

Saat sedang hamil usahakan untuk menghirup udara yang segar dan bersih. Jangan teralu banyak atau sering bereada di area yang banyak polusinya. Mungkin ini akan sedikit lebih sulit bagi anda yang tinggal di kota seperti Jakarta. Udaranya yang sudah tercemar dengan asap pabrik serta kendaraan sulit untuk dihindari. Jadi, lebih baik tidak banyak diluar ruangan. Selain itu, usahakan untuk memiliki rumah yang bebas asap rokok. Kebersihan lingkungan adalah faktor penting untuk mendukung pola hidup sehat yang anda jalani selama masa kehamilan.

  1. Perawatan Kaki

Selama hamil, terutama saat usia kandungan sudah tua, usahakan untuk tidak menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Gunakan sepatu yang flat atau berhak rendah. Ini untuk menghindarkan kaki dari rasa sakit serta varises. Sealain itu, sepatu yang berhak tinggi dapat menyebabkan anda jatuh dan menyebabkan benturan atau pendarahan pada kandungan. Kemungkinan itulah yang ingin dicegah. Jangan sampai hal kecil membuat anda kehilangan calon buah hati. Hal lain yang juga bisa dilakukan agar kaki tidak bengkak adalah dengan rajin memijatnya dengan minyak zaitun. Pijatan halus itu dapat mengurangi pegal dan juga varises. Selain itu peredaran darah juga akan lebih lancar. Beberapa buah juga dapat mengurangi resiko bengkak kaki saat hamil.

Apa saja yang perlu dihindari saat hamil agar tetap sehat?

Selain melakukan anjuran di atas, ada beberapa larangan atau hal yang perlu dihindari untuk dilakukan. Berikut ini adalah larangan yang dimaksud:

  1. Mewarnai Rambut

Selama masa kehamilan akan ada baiknya jika anda tidak bersentuhan dengan zat-zat kimia seperti pewarna rambut. Tampil alami dan apa adanya tetap menawan. Wanita yang sedang hamil biasanya memancarkan aura kecantikan yang lebih dari biasanya walau tanpa penampilan yang aneh-aneh. Jika terpaksa harus mewarnai rambut perhatikan benar proses pewarnaannya. Usahakan untuk mengecat bagian rambut tanpa menyentuh kulit kepala. Biar bagimananpun zat kimia yang diserap oleh kulit akan masuk ke tubuh dan berbahaya untuk kesehatan kandungan anda.

 

  1. Mengkonsumsi Seafood Berlebihan

Bagi anda pecinta seafood, masa kehamilan mungkin sedikit menyiksa anda karena larangan mengonsumsi jenis makanan ini. Ada kepiting yang memiliki zat berbahaya yag dapat menyebabkan kelainan pada janin. Selain itu jenis seafood lain yang memiliki zat polutan juga tidak boleh dikonsumsi. Jika terpaksa ingin makan, sesekali saja.

Sekian pembahasan mengenai cara sehat untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Hal-hal kecil yang biasanya diabaikan harus diperhatikan selama masa kehamilan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pola hidup sehat, segala sesuatu yang bersih dan teratur adalah kunci dari kesehatan dan keselamatan ibu dan calon bayi.



Leave a Reply