_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

Aneka Bubur Susu Untuk Bayi 6 Bulan Alami Dan Praktis

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Memberikan sang buah hati air susu ibu (ASI) saja belumlah cukup untuk menunjang pertumbuhannya ketika sang bayi sudah berumur 6 bulan. Memberikan tambahan makanan pedamping ASI (MPASI) sangatlah penting sebagai pendukung pertumbuhan sang bayi secara efektif dan sehat. Karena bayi di usia 6 bulan sudah mulai banyak membutuhkan berbagai macam zat yang berguna untuk menunjang pertumbuhannya, selain itu pada usia tersebut bayi sudah harus dilatih untuk mengenal berbagai macam makanan sehat untuk menyeimbangkan kekebalan tubuhnya serta mendukung sistem penceranaan sang bayi. Yang pertama kali ibu lakukan adalah mengenalkan sang bayi dengan makanan-makanan yang bertekstur lembut serta encer.

Aneka Bubur Susu Untuk Bayi 6 Bulan Alami Dan Praktis

Banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk mengenalkan sang buah hati dengan aneka makanan lembut untuk menunjang pertumbuhannya. Anda bisa memulai dengan memberikan makanan lunak seperti campuran biskuit yang sudah dilembutkan dengan susu, dengan seperti ini sang bayi bisa mulai mengenali makanan bertekstur lembut seperti bubur susu. Susu bisa anda gunakan sebagai bahan alami campuran makanan untuk bayi usia 6 bulan sebagai MPASI. Berbagai inovasi bisa anda lakukan dengan mencampurkan susu dan berbagai makanan seperti sayuran atau buah-buahan. Anda bisa menggunakan Asia atau susu formula baik susu sapi ataupun susu soya sebagai campuran makanan.

Berikut ini aneka bubur susu inspirasi anda.

  1. Bubur susu apel manis

Memberikan bubur susu alami terhadap bayi yang masih usia 6 bulan sangatlah penting, karena itu usahakan untuk membuat bubur susu sendiri dengan mencampurkan berbagai bahan alami penunjang pertumbuhan bayi, seperti buah apel, karena apel mengandung vitamin C yang mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi. Kadar katoren pada apel serta kandungan serat pectin sangatlah efektif untuk memberi efek positif terhadap otot pencernaan sang bayi. Cara membuatnya sangatlah mudah, anda hanya menyiapkan 1 buah apel manis, tepung beras, dan susu formula serta air. Menyajikan bubur susu dengan campuran apel sangatlah mudah dan praktis untuk sang buah hati.

  1. Bubur susu beras merah brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang sangat digemari kebanyakan orang. Anda bisa menggunakan brokoli sebagai MPASI untuk sang bayi, karena brokoli mengandung sulforatan, dan klorofil yang sangat efektif untuk mendukung pertumbuhan bayi dan kekebalan tubuh sang bayi. Cara membuatnya sangatlah mudah, anda hanya menyiapkan bahan bakunya terlebih dahulu seperti brokoli, air, tepung beras merah serta susu formula sesuai kebutuhan. Setelah itu, anda bisa memulai untuk mengolahnya menjadi bubur susu yang lembut kaya akan vitamin dan gizi yang bisa dikonsumsi oleh bayi dengan mudah.

  1. Bubur susu bayam udang

Sayuran adalah salah satu makanan terpenting untuk kebutuhan pertumbuhan sang bayi, oleh karena itu mencampurkan susu dengan sayuran sangatlah efektif. Selain brokolii, anda bisa juga menggunakan bayam sebagai tambahan makanan karena bayam mengandung klorofil dan saponin, dimana zat klorofil sangat efekftif untuk menetralkan racun atau toksin yang dapat merugikan sel-sel tubuh. Sedangkan kandungan bayam berupa saponin sangat efektif untuk mencegah kanker. Bayam juga sayuran yang mengandung vitamin A, serat, zat besi dan kalsium. Untuk menambah sensasi anda bisa gunakan udang sebagai bahan tambahan. Siapkan daun bayam yang sudah direbus, udang segar, air, tepung hunkue dan susu formula. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampurkan menjadi satu dan menjadi bubur susu bayam udang yang lembut dan lezat.

  1. Bubur susu buah campur

Membuat resep bubur susu buah campur sangatlah mudah, anda bisa menyiapkan beberapa jenis buah yang mendukung pertumbuhan bayi seperti jeruk, melon, atau pir. Kandungan air pada buah tersebut sangat efektif untuk mencegah dehidrasi atau demam. Buah-buahan yang anda pilih bisa sesuai selera dan kebutuhan bayi, seperti pisang ambon, pepaya, pir, jeruk, dll, kemudian blender dan haluskan buah tersebut dan ditambahkan dengan tepung maizena, susu formula serta air. Setelah tercampur dan lembut, anda bisa berikan kepada sang buah hati sebagai makanan pendukung pertumbuhannya.

  1. Bubur susu jagung melon

Melon juga buah yang sangat efektif sebagai campuran untuk bubur susu, anda bisa pilih buah melon yang berdaging hingga dimana mengandung betakaroten dan juga antioksidan yang efektif untuk melindungi otak pada bayi. Vitamin C serta asam folat pada melon juga memiliki peran penting untuk menjaga kekebalan tubuh pada bayi. Mulailah dengan menyiapkan melon yang higienis harum, jagung manis, susu formula dan air. Caranya mudah anda pastikan melon sudah dilembutkan dengan diblender serta jagung manis yang diparut hingga larut, kemudian campurkan semuanya menjadi satu dan diaduk serta dimasak hingga mendidih. Tambahkan air matang hangat dan susu formula dan aduk rata.

  1. Bubur susu sari kedelai

Membuat bubut susu sari kedelai juga sangat mudah sebagai makanan penambah untuk bayi. Gunakan tempe sebagai tambahan campuran susu, karena tempe juga bergizi tinggi yang dibuat dari kacang kedelei yang mana mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan sang bayi. Gunakan bahan-bahan seperti tempe dan tahu yang sudah dikukus hingga matang, susu soya atau susu kedelai dan tepung maizena. Campurkan semuanya hingga lembut dan menarik untuk dilihat. Setelah matang anda bisa berikan kepada sang buah hati sedikit demi sedikit. Memberikan makanan yang mengandung kedelai sangatlah efektif untuk pertumbuhan bayi karena kedelai mengandung 8 asam amino yang memilik peran sebagai pembangun tubuh dan mendukung kecerdasan anak.

  1. Bubur susu kentang

Kentang mengandung sumber karbohidrat yang sangat baik untuk pertumbuhan sang bayi, selain itu kentang juga membantu pembentukan sel darah merah. Anda bisa menggunakan kentang sebagai bahan alami untuk makanan bayi, dengan menyiapkan kentang yang sudah direbus lengkap dengan kulitnya, kemudian susu formula sapi atau soya, air matang dan tepung beras. Campurkan semua bahan-bahan tersebut dengan cara dimasak hingga mendidih, setelah itu anda bisa sajikan ke dalam mangkuk hingga panasnya berkurang. Jangan berikan kepada bayi ketika makanan sedang panas, tunggulah beberapa menit hingga dingin atau hangat.

Buat bunda-bunda yang sedang bingung mencari cara yang terbaik untuk membuat bubur susu yang praktis, kini anda tidak perlu khawatir, karena menggunakan cara klasik ternyata sangat efektif dibandingkan memilih cara yang instan. Aneka makanan bubur susu diatas bisa anda gunakan sebagai referensi MPASI untuk buah hati kesayangan anda. Berbagai macam bahan alami seperti buah-buahan dan sayuran bisa anda gunakan secara bervariasi setiap harinya. Sehingga sang bayi tidak akan jenuh dengan MPASI yang anda berikan. Selain itu, pastikan untuk memberikan makanan bubur susu yang lembut dan berbahan halus, sehingga sang bayi mudah untuk mencernanya hingga habis. Gunakan cara alami tersebut untk menunjang kebutuhan bayi secara efektif



Tulis Komentar