_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan-2/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=200609"}}_ap_ufee

Nutrisi Untuk Ibu Hamil: Jenis Nutrisi dan Menu Makanan Selama Hamil



Beberapa orang selalu mengkonsumsi apa saja yang mereka sukai. Mereka makan makanan tanpa memperhatikan nutrisi atau kandungan gizi pada makanan yang mereka santap setiap harinya. Yang terpenting adalah kenyang dan lidah menyukainya. Sayangnya, kebiasaan yang seperti ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil. Asupan gizi dan nutrisi harus menjadi perhatian khusus agar ibu dan janin selalu sehat dan nantinya proses kelahiran dapat berjalan secara normal. Oleh karena itu, diskusi kali ini akan membahas tentang nutrisi untuk kehamilan yang dibutuhkan oleh ibu dan janin agar saat masa kehamilan anda tidak lagi sembarangan makan.

Bagaimana karakter makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?

Tidak semua makanan yang ada didunia ini sehat dan baik untuk ibu hamil. Hanya makanan tertentu dengan kandungan tertentu yang bisa dikategorikan sebagai makan sehat. Bahkan makanan yang biasanya sehat dan enak-enak saja dimakan, saat hamil makanan itu bisa jadi sumber petaka. Nah, supaya tidak salah pilih menu makanan, berikut ini adalah karakter yang harus ada setiap kali makan selama kehamilan:

 

  1. Makanan dengan Kandungan Asam Folat

Tanpa asupan asam folat yang baik, anda akan memastikan kelainan pada janin yang ada di perut anda. Mengapa demikian? Asam Folat adalah zat utama dalam proses pembentukan dan perkembangan sistem syaraf dan otak si janin. Anda tentu bisa bayangkan jika kedua bagian penting dari tubuh setiap individu itu tidak terbentuk secara sempurna. Oleh karena itu, makanan yang kaya akan Asam Folat tidak boleh ditinggalkan selama kehamilan.

  1. Makanan Bervitamin A

Karakter pertama yang harus dimiliki oleh satu makanan agar layak dikonsumsi oleh ibu hamil adalah makanan yang kaya akan Vitamin A. Sama seperti manusia yang sudah dilahirkan, bayi yang masih dalam kandungan juga membutuhkan jenis vitamin ini untuk menjaga kesehatan organ tubuhnya atau pembentukan bagian tubuh. Bagian terpenting yang membutuhkan banyak asupan Vitamin A adalah kulit, mata dan tulang. Kekurangan vitamin jenis ini dapat mengakibatka kelainan pada mata ataupun pertumbuhan tulang.nutrisi untuk ibu hamil

  1. Makanan Bervitamin C

Makanan yang kaya akan Vitamin C berarti kaya akan antioksidan. Kedua zat itu memang sangat diperlukan oleh ibu dan utamanya janin yang masih dalam kandungan agar tidak terserang bakteri, virus, atau zat apapun yang dapat merusak atau menggangu proses pertumbuhan janin di dalam kandungan ibu. Fungsi lain yang diperankan oleh Vitamin C adalah keterlibatannya dalam menjaga kesehatan gusi dan gigi. Vitamin ini membantu gusi dan gigi untuk menyerap zat besi dengan baik.

  1. Makanan Bervitamin D

Selain Vitamin A yang berpengaruh terhadap tulang bayi yang masih dalam kandungan, ada Vitamin D yang juga ikut aktif dalam proses pertumbuhan tulang. Vitamin D bahkan sangat diperlukan sejak proses pembentukan tulang pada janin. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang kaya akan Vtamin D seharusnya sudah dilakukan sejak awal kehamilan. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya gangguan atau keterlambatan pertumbuhan tulang janin.

  1. Makanan yang mengandung Kalsium

Tulang dan gigi pada bayi juga masih membutuhkan Kalsium untuk dapat tumbuh dengan normal. Selain itu ibu hamil yang asupan Kalsiumnya terpenuhi akan terhindar dari berbagai macam penyakit tulang. Kebanyakan ibu hamil yang kurang akan zat ini  akan menderita osteoporosis di kemudian hari. Hal ini bisa terjadi karena janin menyerap kandungan kalsium yang dibutuhkannya dari Ibu.

  1. Makanan yang mengandung Serat

Bukan hanya ibu yang sedang hamil tua saja, sebenarnya kebutuhan akan serat harus baik sejak awal kehamilan. Jika kebutuhan akan serat sudah tercukupi dengan baik dari awal, tentu tidak akan terjadi masalah sembelit atau gangguan pencernaan lainnya selama hamil tua. Perut yang semain membesar tidak akan menekan alat pencernaan dan menghambat prosesnya. Serat yang baik juga akan membuat berat badan ibu naik secara normalnya ibu hamil.

  1. Makanan yang kaya Zat Besi

Kebutuhan zat besi di minggu awal kehamilan memang belum terlalu banyak dan penting. Zat Besi harus tercukupi setelah kandungan memasuki usia ke 20 minggu. Zat inilah yang berfungsi dalam urusan darah. Ibu membutuhkannya agar tidak kekurangan sel darah putih atau agar tidak terjadi anemia selama kehamilan.Tekanan darah yang tidak normal akan berakibat fatal pada bayi terutama saat proses persalinan.

Bagaimana contoh menu makanan yang baik selama masa kehamilan?

Jangan beranggapan bahwa semua zat itu bisa didapatkan dengan satu jenis makanan saja. Semua itu harus dikonsumsi dalam berbagai jenis makanan yang bersih dan sehat. Jika anda masih bingung dengan makanan apa saja yang dapat memenuhi semua kebutuhan gizi yang sudah disebutkan sebelumnya, berikut ini adalah contoh menu yang bisa anda terapkan setiap harinya. Menu ini tentu saja sehat:

  1. Sarapan

Saat sarapan anda tidak harus mengonsumsi makanan yang terlalu berat. Pilih saja beberapa makanan yang dapat memebri energi banyak tetapi sederhana seperti misalnya:

  • Sereal
  • Susu
  • Strawberry

Tiga makanan itu saja sudah cukup untuk membuat perut kenyang di pagi hari. Jika anda kurang suka dengan sereal, bisa mengonsumsi sayur berserat dan kaya vitamin yang direbus, misalnya saja brokoli, wortel, dan kentang. Ingat, tidak perlu menggunakan penyedap rasa. Gunakan saja sedikit garam agar memberi rasa untuk sayuran itu.

  1. Makan Siang

Saat makan siang, pilihlah makanan berat yang berdasarkan empat sehat lima sempurna. Misalnya saja:

  • Nasi Putih
  • Sayur Bayam
  • Ikan Goreng
  • Melon
  • Susu atau Yogurt
  1. Makan malam

Pilihlah menu yang berbeda untuk makan malam. Perbedaan ini selain untuk menambah nutrisi, juga akan mengurangi rasa bosan terhadap makanan tertentu. Jika anda tidak bisa menghindari rasa bosan, dikhawatirkan selara makan akan turun. Ketika hal ini terjadi berarti asupan nutrisi juga akan berkurang. Untuk menu makan malam pilihlah yang tidak terlalu berat, seperti:

  • Nasi Merah
  • Daging
  • Jus Buah
  • Sayur Buncis
  • Susu

Jika anda merasa terlalu kenyang, konsumsi susu sebelum tidur tidak menjadi masalah. Justru ini akan membantu anda agar lebih nyenyak dan mudah tidur.

  1. Camilan

Selama hamil bukan hanya makan wajib 3 kali sehari, camilan juga akan menambah nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah-buah segar seperti pisang, jeruk, atau jenis berry sebagai camilan. Selain itu mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kacang-kacangan juga baik untuk ibu hamil.

Setelah mendapat penjelasan di atas, anda tentu sekarang lebih mengerti bukan menu atau makanan apa saja yang layak untuk dikonsumsi saat hamil. Semua memang terlihat agak berbeda dengan makanan saat tidak berbadan dua. Intinya empat sehat lima sempurna adalah patokan agar nutrisi terpenuhi. Yang terpenting juga, usahakan untuk memasak makanan secara matang dan tidak menggunakan pengawet atau pewarna kimia.



Tulis Komentar