_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

10 Makanan Sehat yang Wajib untuk Ibu Hamil Tua

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Selain masa awal kehamilan, masa menuju kelahiran atau periode hamil tua juga menjadi momen yang rawan dan penuh dengan aturan. Hal ini bukan lagi berkaitan dengan pembentukan embrio menjadi bayi seutuhnya. Usia kandungan yang sudah tua akan selalu krusial karena berhubungan dengan kelancaran proses kelahiran. Nah, sama seperti di masa awal kehamilan, makanan menjadi hal penting yang ikut menentukan kelancaran proses melahirkan. Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan 10 makanan wajib untuk ibu yang sedang hamil tua agar ia dan bayinya sehat saat proses melahirkan. Inilah 10 makanan yang dimaksud:

10 Makanan Sehat yang Wajib untuk Ibu Hamil Tua

  1. Yogurt

Kondisi kehamilan yang semakin tua berarti kondisi perut juga semakin besar. Pada momen inilah ibu hamil di seluruh dunia biasanya mengalami masalah pada sistem pencernaan atau metabolisme. Perut yang terus tertekan oleh janin yang semakin membesar mengganggu kelancaran proses mencerna makanan. Hal ini meninmbulkan masalah sembelit yang sering dikeluhkan oleh para ibu. Untuk mengatasi masalah ini asupan serat yang baik adalah satu-satunya penolong untuk ibu. Walaupun ada berbagai macam obat yang ditawarkan di luar sana untuk melancarkan metabolisme, memberi asupan serat dengan makanan akan lebih baik. Makanan yang dimaksudkan adalah yogurt. Cairan kental yang sedikit asam ini memiliki kandungan serat, vitamin C, kalsium dan lainnya yang akan menyehatkan ibu maupun si bayi dalam kandungan.

  1. Pepaya

Saat hamil muda pepaya muda adalah buah yang sangat bahaya untuk dikonsumsi kerena dapat mengakibatkan konstraksi dini pada embrio. Berbeda dengan pepaya matang pada saat hamil tua. Pepaya akan membantu ibu dalam beberapa hal. Pertama, buah manis ini kaya akan serat yang dapat melancarkan buang air besar. Kedua, pepaya dapat menghindarkan ibu yang sedang hamil tua dari kondisi heartburn; kondisi dimana lambung terasa seperti terbakar. Khasiat ke tiga yang dapat dirasakan adalah air susu yang banyak sesaat setelah melahirkan.

Makanan Sehat yang Wajib untuk Ibu Hamil Tua

  1. Bayam

Bayam adalah sayuran yang sangat baik jika sering dikonsumsi saat usia kehamilan sudah mulai tua. Sayuran hijau ini dapat memberikan berbagaimacam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi yang ada dalam kandungan. Sebagai salah satu keluarga sayuran hijau, bayam tentu saja kaya akan serat. Bukan hanya itu saja beberapa kebutuhan ibu akan nutrisi lain seperti Vitamin C, Folat, dan Zat Besi juga bisa dipenuhi oleh bayam. Jika anda bosan dengan bayam, sayuran hijau yang lain bisa menjadi pengganti.

  1. Ubi

Banyak yang sering mengatakan bahwa ubi adalah makanan orang desa. Tahukan anda bahwa ternyata ubi ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janin utamanya saat usia kandungan sudah memasuki bulan akhir? Jenis umbi yang rasaya cukup manis ini memiliki beberapa zat yang dibutuhkan janin dan ibu seperti serat, Vitamin B, Vitamin C, karbohidrat dan antioksidan. Yang palin penting, ubi dapat mencukupi kebutuhan kalori ibu yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

  1. Ikan Salmon

Ikan dan minyak ikan adalah dua sumber nutrisi yang wajib dikonsumsi ibu selama hamil tua. Ikan salmon adalah jenis yang palin direkomendasikan untuk membantu perkembangan bayi utamanya pade sistem syaraf. Ikan yang kaya akan omega ini akan mencerdaskan bayi saat lahir. Selain itu bayi juga kana memiliki mata yang sehat dan sempurna. Ikan salmon memang harganya lebih mahal dibanding jenis lain, namun tidak masalah karena tidak harus setiap hari mengonsumsi ikan ini. ada satu hal yang penting untuk anda ingat adalah ibu hamil tua tidak disarankan untuk makan salmon tanpa dimasak. Dikhawatirkan masih ada bakteri yang menempel pada ikan dan ikut terbawa ke dalam tubuh ibu.

  1. Pisang

Buah yang juga akan bermanfaat bagi kesehatan ibu yang sedang hamil tua adalah pisang. Buah berwarna kuning ini sudah diteliti mampu mencegah atau mengurangi kram pada ibu saat usia kehamilan sudah semakin tua. Kandungan potassium yang dimiliki buah ini juga mampu mengatasi bengkak pada kaki ibu. Ada baiknya anda mengonsumsi pisang setiap harinya saat usia kandungan memasuki bulan ke 7. Pada bulan itulah biasanya kaki mulai membengkak dan semakin besar jika tidak segera diatasi. Bukan hanya dua masalah itu saja, pisang juga akan mencegah sembelit yang juga seringterjadi pada ibuyang hamil tua.

  1. Beras Merah

Makanan ketujuh ini bisa digunakan sebagai pengganti nasi putih. Beras merah yang sering dikonsumsi oleh mereka yang sedang dalam tahan penurunan berat badan ternyata cocok untuk ibu hamil. Selain kaya akan kalori serta membuat ibu hamil tidak mudah lapar, ada beberapa nutrisi baik lainnya yang terkandung pada beras merah atau nasi merah. Ada serat, vitamin B untuk perkembarang syaraf, dan Vitamin B yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi beras merah selama kehamilan. Jika tidak begitu menyukainya bisa mengaturnya secara bergantian dengan nasi putih.

  1. Kacang Polong

Kacang polong adalah makanan lain yang disaranakan untuk ibu yang hamil tua. Sama seperti makanan yang sebelumnya, ada beberapa zat yang dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan dan ibu yang ada pada kacang polong. Pertama, kacang plong adalah makanan yang kaya akan Zat Besi dimana zat ini tidak boleh sampai tidak ada dalam menu yang disantap ibu setiap harinya. Zat Besi setidaknya dikonsumsi selama tiga kali dalam sehari agar dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, kacang polong juga memiliki Asam Folat. Kekurangan Asam Folat dapat menyebaban kelainan pada bayi. Apalagi pertumbuhan otak saat usia tua semakin pesat. Asam Folat inilah yang berperan penting dalam proses tersebut.

  1. Susu

Menu ibu hamil dalam setiap kali makan haruslah empat sehat lima sempurna. Selain ada buah, sayur, serta lauk yang sudah disebutkan sebelumnya, susu adalah pelengkap yang wajib ada. Minuman ini kaya akan kalsium, zat besi, asam folat serta zat lain yang mendukung kesehatan bayi dan ibu. Terlebih lagi, minum susu sebelum tidur malam dapat membantu ibu yang sedang hamil tua menjadi lebih santai dan tenang. Minum suus akan mencegah insomnia.

  1. Air Putih

Selain susu, air putih adalah minuman yang juga wajib dikonsumsi ibu hamil. Setiap harinya ibu hamil tua harus minum setidaknya 2 liter air putih. Air putih selain berfungsi untuk menghindari tubuh ibu lemas karena kurang cairan, juga akan membersihkan kulit bayi. Konsumsi air putih yang cukup akan melancarkan proses kelahiran dan menjamin kebersihan bayi saat baru lahir.

Itulah tadi 10 makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu yang usia kandungannya sudah memasuki bulan akhir. Menu makanan yang disantap setiap harinya harus diperhatikan benar agar tidak ada nutrisi yang tidak terpenuhi. Menu bisa berganti-ganti asalkan kandungan pada masing-masing makanan sesuai dengan yang dibutuhkan.



One Response

Tulis Komentar