_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

Makanan Untuk Ibu Hamil agar Janin Sehat

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Proses kehamilan adalah momen yang sangat membahagiakan, apalagi bagi ibu dan ayah yang sedang menunggu kelahiran anak pertama. Orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk si calon buah hati sejak dalam kandungan. Selain mental yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang ayah dan ibu baru, adalah beberapa hal lain yang juga dibutuhkan oleh buah hati agar lahir sehat. Salah satu hal yang dimaksud adalah asupan nurtrisi serta makanan yang konsumsi oleh ibu setiap harinya. Hal ini penting mengingat janin mendapatkan makanan dan tumbuh dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Pemahaman akan makanan yang baik untuk si ibu dan janin bisa anda dapatkan dengan menyimak diskusi ini.

Nutrisi apa saja yang harus ada pada makanan ibu hamil agar janin sehat?

Sebelum anda memilih makanan untuk dikonsumsi ibu hamil setiap harinya, hal pertama yang wajib anda ketahui adalah nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Setelah paham nutrisi itu, anda baru bisa menentukan pola makan atau menu untuk setiap harinya. Inilah daftar nutrisi yang harus terkandung pada makanan ibu saat sedang hamil:

  1. Vitamin

Semua jenis vitamin baik yang larut dan tidak larut dalam tubuh harus masuk ke dalam tubuh si ibu. Vitamin A, B, C, D, E, dan K berperan penting dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin selama masih dalam kandungan. Seluruh vitamin itu akan memiliki fungsi yang berbeda-beda, misalnya saja untuk menjaga kesehatan gusi dan tulang, membantu pertumbuhan otak, untuk kesehatan mata dan lain sebagainya. Sangat krusial bukan perannya? Oleh karena itu perhatikan betul agar ibu mendapatkan semua vitamin itu selama kehamilan.

  1. Protein

Nutrisi kedua yang wajib didapatkan ibu dan si janin dalam kandungan adalah protein; protein nabati dan hewani. Ke dua jenis protein itu harus dikonsumsi oleh ibu secara seimbang dan tidak boleh berlebihan. Jika vitamin banyak berperan untuk pertumbuhan fisik, protein memiliki peran dalam proses pembentukan sel dan darah. Dua unsur penting dalam tubuh setiap makhluk hidup. Tanpa kehadiran ke dua unsur itu tentu manusia tidak dapat hidup dan tumbuh.

  1. Kalori

Kebutuhan kalori yang besar pada ibu hamil harus terpenuhi dengan baik. Tahukah anda bahwa ibu hamil membutuhkan kalori dalam jumlah yang lebih besar dari dalam keadaan normal atau tidak hamil. Ini berarti Ibu hamil harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang berkalori. Untuk menghindari kebosanan, anda bisa menyiapkan beberapa makanan yang mengandung kalori.

  1. Zat Besi

Nutrisi ke empat yang dibutuhkan oleh janin dan ibu adalah Zat Besi. Ada fungsi utama dari Zat Besi yang tidak bisa digantikan oleh nutrisi lain yaitu perannya dalam pembentukan sel darah merah baik untuk ibu maupun janin. Selain itu Zat Besi adalah sumber utama yang dapat mencegah tekanan darah rendah pada si ibu saat sedang hamil.

  1. Asam Folat

Setiap kali anda membeli susu untuk ibu hamil, tentu kandungan yang paling digaris bawahi oleh produk itu adalah Asam Folat. Hal ini dikarenakan Asam Folat adalah nutrisi terpenting bagi pembentukan system syaraf dan sel. Anda tentu sudah bisa membayangkan apa yang akan terjadi, jika system syaraf dan sel dalam janin tidak terbentuk secara sempurna karena asupan Asam Folat yang kurang. Ya, besar kemungkinan bayi akan lahir dalam keadaan tidak sempurna atau mengalami kelainan. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Jadi, perhatikan betul makanan ibu saat hamil.

kesehatan ibu dan calon bayi

Makanan apa yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi Ibu dan Janin agar sehat?

Semua makanan memang memiliki kandungan nutrisi. Hanya saja, tidak semua makanan itu memiliki kadar nutrisi yang cukup yang diperlukan oleh janin serta ibunya. Untuk itu pemahaman akan nutrisi yang ada pada setiap makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu harus selalu diperhatikan dan tidak boleh sembarangan. Nah, agar anda tidak kebingungan, berikut ini adalah contoh beberapa makanan yang baik untuk mencukupi nutrisi janin dan ibu agar sehat:

  1. Buah

Untuk mencukupi kebutuhan Vitamin, buah adalah makanan yang cocok untuk ibu. Sangat disarankan agar setiap kali makan, ibu selalu memiliki buah dari sarapan, makan siang, hingga makan malam. Buah yang dikonsumsi juga bisa bervariasi agar Vitamin yang didapatkan tubuh juga bervariasi. Misalnya saja jeruk, pisang, dan apel. Menu yang berbeda tentu juga akan berpengaruh terhadap selera makan ibu.

  1. Daging

Daging adalah makanan yang kaya akan protein hewani. Namun, untuk ibu hamil anda harus memastikan bahwa daging itu masih segar, dicuci bersih, dan dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna. Daging yang mentah atau kurang matang dikhawatirkan mengandung bakteri atau kuman yang akan menggangu kesehatan janin. Oleh karena itu biasakan untuk mengonsumsi makanan matang terutama selama masa kehamilan.

  1. Kacang-kacangan

Selain protein hewani, ada sumber protein nabati yang harus harus dikonsumsi oleh ibu demi kesehatan janin. Sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat bahwa sumber protein nabati paling baik berasal dari kacang-kacangan. Anda bisa memilih tahu, tempe, bubur kacang hijau, atau makanan lainnya yang terbuat dari kacang untuk menu makanan selama hamil.

  1. Umbi

Bagi orang di Indonesia, nasi adalah sumber kalori yang selalu ada setiap kali makan. Nah, mengingat kebutuhan kalori untuk ibu hamil lebih banyak dari biasanya, makanan lain dengan kandungan kalori dibutuhkan. Salah satunya yaitu umbi. Makanan ini dapat dijadikan sumber penambah kalori. Apalagi, sangat mudah menemukan umbi-umbian di Indonesia. Jenisnya yang bervariasi tidak akan membuat anda bosan.

  1. Ikan

Makanan yang kaya akan zat besi adalah ikan. Sebagai seseorang yang hidup di Negara dengan banyak pantai dan laut, akan sangat mudah untuk mendapatkan ikan segar dan berbeda-beda jenis setiap harinya. Sama seperti daging, ibu hamil tidak diijinkan untuk mengonsumsi ikan mentah. Nah, anda bisa memasak daging untuk makan malam dan ikan untuk sarapan misalnya. Menu itu tentu akan baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin.

  1. Beras Merah

Ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi beras merah sebagai sumber Asam Folat. Jika anda tidak ingin mengonsumsinya setiap hari, ada baiknya menggunakan jadwal rutin misalnya saja dua kali seminggu. Hal ini diijinkan karena kebutuhan akan Asam Folat sebenarnya juga bisa didapatkan dari sayuran hijau serta buah-buahan yang dikonsumsi ibu. Terlebih lagi, ibu hamil juga minum susu khusus ibu hamil yang kaya akan Asam Folat.

makanan-ibu-hamil-muda

Nutrisi yang baik sebenarnya dibutuhkan oleh setiap orang tetapi janin sebagai makhluk yang masih dalam proses pembentukan menjadi manusia lebih memerlukan nutrisi yang baik. Kekurangan nutrisi akan berakibat fatal pada pertumbuhannya. Semoga informasi di atas dapat membantu orang tua dalam memberikan nutrisi yang baik untuk janin yang masih ada di perut ibu agar lahir sempurna dan sehat.



Tulis Komentar