_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Makanan Sehat untuk Ibu Selama Hamil Muda

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Bukan hanya mitos belaka bahwa usia kandungan yang masih muda adalah masa dimana penjagaan harus sangat ketat. Usia embrio yang masih muda sangat rentan terhadap berbagai hal. Ada berbagai hal yang harus ditaati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan yaitu keguguran. Banyak sekali kasus keguguran yang terjadi karena hal-hal sepele seperti makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Agar anda atau istri anda tidak mengalami hal serupa, pahamilah diskusi mengenai makanan sehat untuk ibu hamil terutama saat usia kehamilan masih muda serta tentang makanan yang harus dihindari agar tidak terjadi keguguran. Selamat menyimak.

Apa saja makanan sehat yang disarankan untuk ibu saat masih hamil muda?

Ada banyak sekali makanan sehat yang dapat menjaga embrio dan ibu selama periode rentan atau usia kehamilan muda. Diskusi akan menjadi sangat panjang dan tidak akan selesai. Oleh karena itu, makanan yang akan dicantumkan dalam pembahasan kali ini hanyalah beberapa makanan yang paling direkomendasikan oleh dokter. Makanan berikut ini juga sudah terbukti ampuh dapat menutrisi embrio agar kuat dan terhindar dari keguguran maupun kelainan saat lahir:

  1. Sayuran Hijau

Orang yang sedang tidak hamil saja disarankan untuk makan sayuran hijau, apalagi yang tengah hamil muda. Kandungan Vitamin serta Asam Folat yang tinggi pada sayuran hijau adalah sumber utama bagi embrio yang masih belia untuk mulai membentuk system syaraf dan sel. Selain itu sayuran hijau juga kaya akan Zat Besi yang menghindarkan si ibu dari pusing dan mual. Kondisi yang sering disebut sebagi ngidam tersebut bisa sangat parah jika asupan Zat Besi pada ibu kurang. Itu diperparah karena terjadinya anemia pada ibu.

  1. Buah Berair

Bagi ibu hamil yang usia kandungannya masih muda, tidak semua buah boleh dikonsumsi. Nah, buah berairlah yang paling baik untuk dimakan setiap harinya. Seperti jambu air, strawberry, buah naga, apel, dan lain sebagainya. Buah-buah itu akan menyegarkan dan menghilangkan mual pada usia kehamilan muda. Selain itu kandungan Vitamin pada buah-buahan dapat membantu pertumbuhan si embrio agar lebih kuat dan sehat. Serat yang tinggi juga akan menjaga kesehatan embrio maupun ibu.

  1. Susu

Embrio yang berawal dari sel membutuhkan protein dan nutrisi lain yang akan mendukung pertumbuhannya. Susu adalah sumber yang paling utama dan disarankan untuk ibu hamil utamanya saat usia kandungan masih muda dimana embrio masih belum berbentuk manusia. Selain susu untuk ibu hamil, kebutuhan nutrusi dapat dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai makanan yang bterbuat dari susu. Misalnya saja kue, atau cemilan lain yang mengandung susu di dalamnya. Pilihan ini akan membuat ibu tidak mudah bosan dengan susu. Asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh embrio juga tidak akan kurang.

makanan-ibu-hamil-muda

Apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu saat hamil muda?

Usia kehamilan yang masih seumur jagung memang membuat seorang ibu hamil harus siap dengan berbagai aturan. Selain ada makanan yang wajib dikonsumsi selama usia kehamilan masih tergolong muda, ada juga pantangan atau makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Keju

Memang benar keju adalah salah satu olahan dari susu. Di atas juga sudah dijelaskan bahwa olahan dari susu dapat membantu kesehatan embrio di usia muda. Meskipun demikian, keju yang memiliki beberapa jenis ini tidak direkomendasikan untuk ibu hamil yang usia kandungannya masih muda. Tenang saja, tidak semua jenis keju menjadi makanan berbahaya. Hanya keju yang menggunakan susu yang sudah dipasteurisasi saja yang akan membahayakan embrio. Ibu masih tetap bisa memilih keju jenis lain yang aman. Namun, perhatikan benar ya syarat yang sudah disebutkan di atas.

  1. Ikan Kaleng

Banyak sekali ibu-ibu yang berpendapat bahwa mengonsumsi ikan dalam jumlah yang banyak selama hamil akan membuat anak sehat dan juga cerdas. Fakta itu memang benar. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu anda tahu. Kesehatan dan kecerdasan itu akan didapatkan hanya dari ikan segar yang tidak mengandung racun atau bahan pengawet. Oleh karena itu, tidak disarankan bagi ibu yang masih hamil muda mengonsumsi ikan kaleng.. makanan ini bukan hanya mengandung pengawet tetapi juga pewarna dan bakteri lain yang tidak dapat diterima oleh embrio yang masih sangat rentan.

  1. Durian

Apakah anda penyuka durian? Jika iya, jauhi buah beraroma khas ini selama hamil muda anda. Buah yang satu ini akan membahayakan embrio yang ada di dalam perut anda. Saat anda kebanyakan makan durian akan ada rasa panas diperut atau bahkan ada istilah mabuk durian. Ini membuktikan ada zat keras yang terkandung pada buah berduri ini. Ada alkohol yang akan memicu terjadinya kontraksi pada kandungan anda. Selain itu ada zat keras lainnya yang disebut sebagai Asam Arachidonat. Zat ini dapat mengakibatkan bayi lahir prematur atau yang paling buruk terjadi keguguran.

  1. Kepiting

Makanan lezat ke empat yang justru bisa menghadirkan petaka bagi ibu yang sedang hamil muda adalah kepiting. Seafood ini sudah diteliti memiliki zat berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya pendarahan bagi ibu hamil. Selain itu, kepiting memiliki kekuatan untuk menyusutkan rahim ibu. Hal ini sudah jelas berbahaya bukan hanya bagi embrio yang masih lemah tetapi juga kesehatan si ibu.

  1. Pepaya Muda

Selain durian, pepaya muda adalah buah lain yang memiliki kandungan zat berbahaya untuk embrio. Buah ini sudah diuji oleh para ahli melalui berbagai penelitian dapat menyebabkan pendarahan yang berakhir pada terjadinya keguguran saat usia kehamilan masih muda. Bukan hanya terjadi pada manusia, hewan yang mengonsumsi pepaya muda juga mengalami keguguran. Bukti ini sudah membuktikan bahaya eapaya muda saat ibu sedang hamil. Akan ada baiknya jika ibu mengonsumsi buah lain.

  1. Nanas

Buah terakhir yang berbahaya untuk keselamatan embrio yang masih lemah adalaha nanas. Seperti durian, beberapa orang yang tidak hamil saja akan menunjukkan reaksi perut panas atau gatal-gatal saat mengonsumsi nanas apalagi dalam jumlah yang berlebihan. Selain sifat itu, menurut penelitian nanas dan pepaya muda memiliki senyawa yang sama yang dapat menggugurkan kandungan. Sehingga kedua buah itu sama-sama dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda.

diet-ibu-hamil

Ibu yang sedang hamil muda ternyata sangat rentan. Nah, untuk menjaga dan melindungi agar kondisi embrio yang rentan itu tetap sehat, sudah dijelaskan beberapa makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu. Selain itu ada daftar makanan yang wajib dihindari juga karnea menimbulkan bahaya. Semoga pembahasan mengenai ke dua hal tersebut dapat membantu kelancaran proses kehamilan ibu ya.



Tulis Komentar