_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

Objek Wisata Candi Prambanan Jogja

Candi pramabanan merupakan salah satu kompleks candi yang paling populer di Indonesia dan juga ditetapkan oleh UNESCO Sebagai salah satu situs warisan dunia di tahun 1991 selain dengan candi borobudur. Berbeda dengan candi borobudur yang merupakan candi Buddha, candi prambanan ini merupakan sebuah kompleks candi Hindu. Walaupun demikian, tempat keduanya yang ada di Jawa Tengah ini juga telah membuktikan bahwasannya dulunya umat Buddha dan juga Hindu telah hidup berdampingan dengan rukun, yang mana kedua candi besar ini juga jadi bukti kemajuan peradaban manusia di saat itu, sebab mampu membangun sebuah cand-candi dengan seni arsitektur yang luar biasa indah, tanpa bantuan teknologi yang canggih.

Sejarah objek wisata candi prambanan Jogja

Awal berdirinya kompleks candi ini mempunyai dua kisah, yakni cerita rakyatnya tentang Roro Jonggrang dan juga sejarah dibangunnya candi ini di masa kerajaan Hindu yang ada di Jawa yang diperoleh dari hasil penelitian para ahli. Candi ini memang dikenal sebagai candi roro jonggrang. Cerita rakyat ini mulanya dari Roro Jonggrang, seorang puteri kerajaan yang sangat cantik, sehingga ada banyak pemuda yang datang dengan maksud ingin melamar sang puteri tersebut, termasuk Bandung Bondowoso. Walaupun Bandung Bondowoso ini sangat terkenal akan kesaktian dan kekuatannya, tapi Roro Jonggrang tetap saja tidak menyukainya. Setelah ia berpikir lama  akhirnya Roro Jonggrang mengatakan bersedia jadi istrinya, tetapi Bandung Bondowoso harus bisa membangun sekitar 1000 candi hanya dalam 1 malam saja. Karena Bandung Bondowoso sangat yakin dengan kekuatan yang dimilikinya, ia pun menyanggupinya.

wisata candi prambanan jogja

Dengan bantuan jin, Bandung Bondowoso ini telah berhasil membangun sekitar 999 candi. Roro Jonggrang pun merasa takut, sehingga munculnya ide untuk menumbuk pagi yang akan menjadikan ayam-ayam berkokok. Saat mendengar ayam berkokok sementaraitu jumlah candi yang dibangunnya belum mencapai target, Bandung Bondowoso ini menjadi bingung dan sangat marah ketika mengetahui jika semua itu hanyalah tipuan dari Roro Jonggrang, dan pada akhirnya Bandung Bondowoso pun mengutuk sang puteri jadi sebuah candi untuk melengkapi jumlah candi yang dimintainya. Candi Dewa Siwa ini adalah candi induk, itulah yang telah dipercaya sebagai perwujudan Roro Jonggrang setelah dikutuk.

Demikianlah tadi sekilas informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya tentang objek wisata candi prambanan Jogja, semoga bermanfaat.



Tulis Komentar