_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Bolehkah ibu hamil makan indomie atau mie instan?

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Mie instan mungkin menjadi menu makanan terfovorit bagi kalangan orang, karena mudah dan praktis penyajiannya. Banyak yang memilih makan mie instan karena selain praktis juga menggoda lidah dengan berbagai varian rasa yang mengundang sensasi. Tidak jarang orang membuat mie instan sebagai makanan alternatif jika malas memasak atau harus keluar membeli makanan, karena dengan beberapa menit anda bisa menikmati mie instan ditambah dengan telur, sayuran, atau kerupuk sebagai menu tambahan yang menambah selera untuk memakannya. Akan tetapi, walaupun mie instan menjadi menu favorit dan menggugah selera, ternyata kandungan mie instan tidak baik untuk kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi. Bahkan hobi makan mie instan juga dialami oleh ibu-ibu hamil yang dulunya terbiasa menyantap mie instan, pertanyaannya adalah, bolehkah ibu hamil makan mie indomie atau mie instan?

Kandungan mie instan

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa mie instan jika dikonsumsi terlalu sering akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan, karena mie instan terbuat dari berbagai bahan kimia yang terbatas bagi tubuh untuk dikonsumsi, dan khusus untuk ibu hamil, sebaiknya agar mengurangi porsi makan mie instan untuk menjaga kesehatan janin agar tidak terlalu banyak terkena kandungan bahan kimia. Berikut beberapa kandungan yang terdapat dalam mie instan yang perlu anda ketahui:

  1. Tepung dalam mie instan

Mie instan terbuat dari tepung yang tentunya memiliki beberapa kandungan antara lain kalori, mineral, lemak, vitamin, rendah protein, dan serat. Kandungan tepung di dalam mie instan tersebut memang tidak membahayakan jika sesekali dikonsumsi, akan tetapi yang harus di waspadai oleh ibu hamil adalah kandungan garam yang tinggi di dalam mie instan. Sehingga, jika ibu hamil terlalu sering memakan mie instan maka tekanan darahnya akan menjadi tinggi dan terjadi resiko pada kaki dan kesehatan tubuh ibu hamil.

mie instan dan ibu hamil

  1. Mono Sodium Glutamat (MSG)

MSG mungkin tidak asing terdengar karena ini mungkin menjadi salah satu komposisi diberbagai bahan makanan termasuk mie instan. MSG yang terkandung di dalam mie instan memberikan dampak terhadap hipersensitif jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Banyak dampak yang dirasakan seperti muntah, sakit kepala, lemas, mual dll.

  1. Vetsin

Vetsin yang terdapat didalam mie instan juga tidak baik untuk kesehatan bagi semua orang yang mengkonsumsi terlalu sering termasuk ibu hamil. Karena vetsin di dalam mie instan dapat memberi dampak seperti mual, gangguan pada lambung, gangguan tidur, mual, dll jika terlalu sering dikonsumsi.

Kandungan mie instan diatas memang harus diwaspadai terutama untuk ibu hamil, karena mie instan hampir 100 persen mengandung bahan kimia yang berbahaya jika terlalu sering untuk dikonsumsi. Mie instan memang enak, praktis dan menggoda selera bagi siapapun termasuk anak-anak, akan tetapi bukan berarti kita diperbolehkan untuk mengkonsumsinya setiap hari. Memakan mie instan maksimal dua minggu sekali karena kandungan mie instan tidak mudah dimudah dihancurkan dan harus menunggu beberapa hari untuk kembali seperti semula. Terlebih bagi ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi mie instan sama sekali pada masa kehamilan, kalau memang tidak tahan, maka anda boleh memakannya paling tidak sebulan sekali untuk antisipasi resiko yang terjadi. Selain itu dalam pembuatan mie instan juga harus higienis dengan cara merebus mie instan hingga matang, dan buang air hasil rebusan, ganti dengan air panas baru sebagai kuah mie instan. Cara ini lumayan dapat membantu mengurangi zat kimia yang terdapat dalam mie instan tersebut.



Tulis Komentar