Mitos dan Fakta Makanan Ibu Menyusui agar Kulit Bayi Putih Bersih

  1. Air Kelapa

Kepercayaan bahwa air kelapa muda sangat efektif untuk membuat kulit bayi putih sebenarnya belum bisa dibuktikan secara medis atau kedokteran. Hingga saat ini, manfaat air kelapa sebagai pemutih alami kulit bayi hanya sebatas mitos saja. Namun, dokter menyarankan air kelapa untuk dikonsumsi ibu terutama saat hamil. Ini dikarenakan kandungan elektrolit pada air kelapa sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu. Beberapa manfaat yang sudah dibuktikan oleh para ahli antara lain mencegah dehidrasi pada sang ibu, membersihkan rahim, dan membuat air ketuban pada ibu hamil lebih jernih. Ini berarti anda tidak perlu takut lagi untuk mengonsumsi air kelapa selama hamil dan menyusui. Yang terpenting, ada pemikiran yang selayaknya anda ubah mengenai manfaat air kelapa sebagai pemutih kulit bayi.



  1. Air Putih

Air putih juga sama seperti air kelapa muda. Faidahnya sebagai pemutih kulit bayi jika dikonsumsi ibu adalah mitos belaka. Meskipun demikian, ibu tetap harus minum air putih secara cukup setiap harinya untuk mecegah dehidrasi dan membuat tubuh tetap segar. Kekurangan cairan juga akan mempengaruhi produsi dan kualitas ASI yang akan dikonsumsi si buah hati.

  1. Air Kacang Hijau

Hingga hari ini tidak ada pembuktian atau penelitian yang dapat menunjukkan manfaat air kacang hijau dan kacang hijau dalam memutihkan kulit bayi. Ini bukan berarti anda tidak perlu mengonsumsi makanan lezat yang satu ini. ada banyak manfaat lain yang bisa dirasakan ibu maupun anak jika mengonsumsi kacang hijau dan air rebusannya secara teratur.

makanan ibu hamil agar bayi putih




  1. Sayur

Ibu yang mengonsumsi sayur hijau dengan banyak dapat membatu bayi untuk memiliki kulit putih adalah mitos. Faktanya sayur tidak berkontribusi banyak terhadap warna kulit bayi. Sayur hijau memang memiliki banyak vitamin dan nutrisi. Fungsinya membantu pertumbuhan bayi. Misalnya saja pertumbuhan otak, daya tahan, tulang dan lain-lain.

  1. Bengkoang

Memang sudah ada banyak penelitian yang membuktikan khasiat bengkoang untuk memutihkan kulit orang dewasa. Akan tetapi penelitian yang menyatakan bahwa bengkoang dapat memutihkan kulit bayi jika banyak dikonsumsi ibu belum ada. Ini berarti, bengkoang masuk dalam mitos.

Bagaimana cara yang tepat untuk membuat kulit bayi putih dan sehat?

Saat ini anda mungkin betanya-tanya mengenai cara yang tepat dan dibenarkan secara medis untuk memutihkan kulit bayi. Cara berikut ini tentu saja bukan hanya mitos karena sudah disarankan oleh dokter dan terbukti ampuh. Inilah hal yang perlu diperhatikan:

  1. Sabun Mandi

Hal pertama yang wajib diperhatikan jika anda ingin membuat kulit bayi putih dan sehat adalah memperhatikan pH sabun untuk si kecil. Pastikan sabun mandi untuk bayi antara 4,5 hingga 5. Jika pH melebihi batas kulit bayi akan kering dan lebih sensitif.

  1. Air Hangat

Sangat disarankan untuk selalu memandikan bayi dengan air hangat. Ini bukan hanya akan berpengaruh terhadap kulit bayi tapi juga untuk membuat si kecil tidak kaget dengan suhu air yang dingin.

  1. Baby Oil

Air hangat tidak cukup untuk membuat kulit si buah hati menjadi lebih putih, lembut dan tentu saja sehat. Menambahkan baby oil ke dalam air hangat yang digunakan untuk mandi adalah rahasia lain dibalik kulit bayi yang putih. Baby oil memiliki beberapa kandungan yang akan bekerja untuk merawat dan mencerahkan kulit bayi yang masih sensitif.

Itulah tadi ulasan mengenai mitos dan fakta mengenai makanan yang dipercaya dapat memutihkan kulit bayi jika dikonsumsi ibu. Percaya atau tidak dengan mitos, yang pasti makanan tersebut tetap memiliki manfaat lain bagi ibu dan buah hati. Tidak ada salahnya untuk ibu tetap mengonsumsi makanan yang sudah disebutkan di atas.



Leave a Reply