_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Boleh Gak Ibu Hamil Makan Kepiting Laut?

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Kepiting merupakan salah satu hewan yang hidup di perairan yang menjadi salah satu makanan seafood favorit banyak orang. Kepiting memiliki cangkang dan sepasang capit. Biasanya kita bisa menemui kepiting yang di olah menjadi masakan yang tentu rasanya sangat menggoda selera, banyak sekali restoran seafood yang menyajikan kepiting sebagai menu utama dan memiliki harga yang tidak seperti seafood lainnya, karena sensasi makan kepiting tidak ada yang menandingi, walaupun dagingnya tidak sebanyak ikan-ikan lain. Banyak pecinta kepiting termasuk ibu hamil, dan pertanyaannya apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi kepiting?

Mitos kepiting membuat anak hiperaktif

Banyak ibu hamil yang mempercayai bahwa makan kepiting akan berpengaruh terhadap kehamilan dan menjadikan anak hiperaktif atau nakal. Sehingga kebanyakan dari mereka mempercayai mitos tersebut dan takut makan kepiting. Padahal sampai saat ini, belum ada satupun penelitian yang membuktikan bahwa kepiting akan berdampak terhadap perkembangan anak nantinya menjadi hiperaktif. Mitos tersebut ternyata tidak benar, salah satu rumah sakit di Singapora KKH HealthPedia membenarkan bahwa makan kepiting tidak membuat anak menjadi hiperaktif, faktanya makan kepiting bagi ibu hamil memang tidak dianjurkan bukan karena akan membuat anak menjadi hiperaktif melainkan, jika kepiting mengandung logam berat seperti metal merkuri. Jadi, kesimpulannya, makan kepiting bagi ibu hamil memang tidak disarankan jika berlebihan, dan berbahaya jika memakan kepiting yang mengandung logam berat karena bisa membahayakan janin, bukan karena membuat anak hiperaktif.

Ibu hamil justru disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang seimbang seperti mengandung asam folat, kalsium dan zat besi. Karena zat tersebut mendukung pertumbuhan janin menjadi lebih efektif. Jika ibu hamil ingin mengkonsumsi makanan laut atau seafood, tidak dilarang asalkan tidak mengandung kadar yang berlebih atau bahan kimia yang berbahaya, akan tetapi jika mengkonsumsi makanan laut yang langsung dimasak tanpa kemasan, tentu disarankan karena mengandung omega 3 yang membantu perkembangan otak janin. Sehingga, ibu hamil yang menkonsumsi kepiting tidak dilarang selama tidak megandung logam berat.

masakan+kepiting+ibu hamil

Apa seafood yang perlu dihindari oleh ibu hamil? Banyak kepanikan yang dialami oleh ibu hamil ketika harus mengkonsumsi makanan yang jadi favorit mereka seperti seafood, akan tetapi tidak semua seafood berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil, beberapa makanan laut yang harus dihindari oleh ibu hamil antara lain ikan hiu, todak dan mackerel, ikan-ikan jenis seperti ini merupakan jenis ikan besar yang biasanya memakan ikan-ikan kecil dan menyebabkan timbulnya logam berat pada ikan besar tersebut. Oleh sebab itu, dokter tidak menyarankan ibu hamil mengkonsumsi makanan laut tersebut. Akan tetapi, ibu hamil bisa mencukupi kebutuhan omega 3 dengan mengkonsumsi ikan salmon, karena ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang mengandung omega 3 dan tercukupi.



Tulis Komentar