_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Mengulik Bagaimana Efeknya Jika Ibu Hamil Berenang

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI



Berenang merupakan salah satu olahraga yang paling digemari oleh banyak orang baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Olahraga ini sangatlah bermanfaat bagi tubuh melalui gerakan-gerakan tangan maupun kaki sehingga meningkatkan fungsi otot menjadi lebih efektif. Selain itu, olahraga renang juga menjadi salah satu alternative bagi kaum hawa yang ingin melakukan diet sehat, karena berenang juga bisa menurunkan berat badan serta meninggikan badan. Ternyata, berenang juga sangat dianjurkan bagi wanita hamil karena olahraga ini memberikan dampak positif terhadap kesehatan kehamilan ibu melalui gerakan-gerakan dalam berenang. Beberapa manfaat berenang bagi ibu hami antara lain:

Efeknya Jika Ibu Hamil Berenang

  1. Meningkatkan kualitas tidur bagi ibu hamil

Olahraga renang yang dilakukan oleh wanita yang sedang hamil ternyata sangat efektif untuk meningkatkan kualitas tidur, sehingga tidur akan terasa lebih nyenyak dan efektif, tentunya dengan kualitas tidur yang baik, berpengaruh pula terhadap kualitas janin yang ada diperut. Ibu yang cerdas pasti memahami bagaimana menjaga kualitas tidur yang baik ketika sedang mengandung, karena dengan tidur nyenyak, janin yang ada diperut menjadi lebih baik secara psikis.

  1. Mengurangi rasa mual pada masa kehamilan

Berenang bagi ibu hami juga bisa membantu mengurangi rasa mual pada kehamilan. Melakukan beberapa gerakan melalui kaki dan tangan juga gerakan tubuh secara pelan-pelan, akan mengurangi rasa mual akibat gerakan tersebut, sehingga rasa mual menjadi hilang dan badan terasa fit kembali.

  1. Memperkuat otot rahim dan sendi-sendi panggul.

Sudah tidak diragukan lagi jika melakukan olahraga renang bagi ibu yang sedang hamil, sangatlah efektif untuk meningkatkan kualitas otot pada rahim dan sendi-sendi panggul, gerakan dalam aktifitas renang sangat berpengaruh terhadap kekuatan otot rahim, dan ini sangat penting dilakukan bagi ibu hamil, karena dengan kekuatan otot rahim yang baik tentunya akan membantu proses kelahiran secara sempurna tanpa harus melalui sesar. Jika anda menginginkan kelahiran normal, maka lakukanlah olahraga renang secara rutin karena sangat efektif untuk otot rahim.

  1. Terapi untuk kesehatan sendi dan otot

Seperti yang disebutkan diatas, bahwa kegiatan renang sangat efektif untuk kesehatan otot rahim dan sendi-sendi panggul, dengan rutin melakukan aktifitas renang, maka bisa dijadikan sebagai terapi yang praktis untuk kesehatan sendi dan otot. Terapi renang sangatlah murah, mudah, dan efektif sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan terapi kehamilan, karena dengan terapi melalui olahraga renang, otot dan sendi akan meningkat efektif secara perlahan dan membantu persalinan dengan sangat mudah tanpa rasa sakit.

  1. Menjaga kesehatan jantung ibu hamil.

Yaps, selain memberikan kesehatan pada titik-titik tertentu, olahraga renang juga sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung pada ibu hami. Sebetulnya, semua olahraga juga sangat bagus untuk kesehatan jantung, akan tetapi tidak semua orang menyukai olahraga fisik yang berat, dan berenang adalah salah satu olahraga sekaligus hiburan bagi kalangan banyak orang, selain itu, berenang juga merupakan olahraga yang sederhana untuk ibu hamil, karena tidak perlu banyak bergerak atau harus memikul beban berat, karena berenang justru olahraga yang rilex tapi sangat bermanfaat. Dan salah satu manfaat berenang juga meningkatkan kesehatan jantung dengan baik.

  1. Menjaga psikologi ibu hamil

Banyak wanita yang menyukai berenang sebagai olahraga yang menarik serta menyehatkan. Bagi wanita hamil, berenang sangatlah dianjurkan untuk menjaga psikologi agar tetap stabil dan positif. Karena psikologi ibu sangat berpengaruh terhadap janin, sehingga hindari stress atau beban berat yang mengganggu pikiran anda. Jika anda merasa sangat stress, maka rajinlah berenang ketika hamil, karena olahraga ini bisa berlahan mengurangi stress dan menyetabilkan emosi ibu hami, sehingga tidak akan membahayakan pada janin.

Olahraga renang memang sangatlah efektif dilakukan untuk ibu hamil, banyak manfaat berenang bagi ibu hamil terutama memberi kesehatan terhadap janin dan fisik ibu agar tetap fit hingga proses kelahiran tiba. Melakukan olahraga fisik dengan berenang secara rutin akan memperkuat otot tubuh ibu menjadi lebih lentur dan mengatur nafas agar tidak mudah lelah, sehingga ini sangat bermanfaat ketika proses persalinan tiba. Akan tetapi, banyak kalangan ibu hamil yang khawatir jika terjadi apa-apa ketika berenang pada janin yang ada diperut, ini sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan, karena olahraga berenang bagi ibu hamil tidak seperti yang dilakukan oleh orang-orang seperti biasa, berenang diwaktu hamil haruslah dilakukan dengan cara pelan-pelan dan tidak perlu mengejar target, orientasi renang pada waktu hamil adalah untuk meningkatkan otot rahim dan sendi-sendi lainnya agar kuat dan lebih lentur, sehingga hanya dilakukan perlahan dan tidak harus berjam-jam dalam berenang.

Ibu hamil diperbolehkan melakukan olahraga renang hanya pada trimester ke 1 kehamilan hingga 3 kehamilan. Pada masa trimester ke 3 kehamilan sebaiknnya anda perlu berhati-hati karena bisa membahayakan janin, jika melakukan renang secara berlebihan mengingat janin yang semakin besar dan beban perut yang semakin berat. Selain itu, ada beberapa tips bagi ibu hamil ketika berenang agar tetap aman dan sehat yaitu:

  1. Melakukan gerakan dengan pelan dan tenang, jangan sampai melakukan gerakan yang membentur pada bagian perut.
  2. Gunakan pakaian renang khusus ibu hamil, sudah banyak dijual di beberapa toko yang menjual baju renang khusus bagi ibu hamil yang didisain nyaman, tidak sempit dan tidak terlalu menekan bagian perut sehingga sangat nyaman digunakan.
  3. Hindari gaya punggung, karena berbahaya pada bagian belakang rahim.
  4. Istirahat jika lelah. Berenang ketika hamil berbeda dengan sebelum hamil, jika dalam keadaan hamil, diwajibkan untuk tidak terlalu lelah, karena jika terlalu mengejar target dan lelah ini sangat membahayakan pada janin yang anda kandung.
  5. Berenang maksimal 20 menit, durasi sangat penting bagi ibu hamil yang melakukan aktifitas renang, karena jika terlalu lama melebih 30 menit, ini akan membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin.
  1. Lakukanlah renang dipagi hari karena berenang di pagi sangatlah efektif dari udara segar yang anda hirup dan tidak banyak polusi udara di pagi hari sehingga membuat anda fresh.
  2. Konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi setelah berenang, tentu anda pasti akan lapar setelah berenang, maka konsumsilah makanan yang sehat, tidak seperti sebelumnya jika anda bisa makan apa saja, karena ibu hamil membawa janin yang perlu asupan nutrisi yang baik.

Jika anda sedang hamil muda dan ingin melakukan olaharaga renang, maka perlu diperhatikan hal-hal diatas, karena kegiatan berenang bagi ibu hamil dan bagi orang biasa, sangatlah berbeda intensitasnya. Olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil memberikan dampak positif terhadap kehamilan dan kesehatan ibu dan janin, akan tetapi berenang bagi ibu hamil harus sangat diperhatikan dan berhati-hati, karena anda membawa janin yang ada diperut.



Tulis Komentar