_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Bagaimana Menjaga Ikatan Emosional Ibu dan Bayi

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Ikatan emosional ibu dan bayi

Bayi adalah anugrah terindah yang diberikan Tuhan kepada manusia yang berpasangan. Siapa yang tak menginginkan bayi ketika usia pernikahan menginjak tahun pertama? Tentu memiliki bayi adalah hal yang sangat dinantikan oleh semua orang. Namun setelah bayi lahir, terkadang ibu tidak tahu harus bagaimana mengurus bayinya. Apakah mengurus bayi itu harus memakai ilmu? Kalau sedikit pengetahuan, mungkin iya. Tapi selanjutnya, yang paling penting adalah bagaimana membuat hubungan emosional dengan bayi kita. Proses itu haruslah berjalan alamiah. Artinya, kedekatan ibu dan bayi memang tidak bisa dibuat-buat. Namun ada beberapa tips yang perlu dilakukan seorang ibu agar kedekatan emosional dengan bayi tetap baik dan terjaga sampai si bayi tumbuh menjadi anak-anak. Berikut ini disampaikan beberapa tips bagaimana menimbulkan ikatan antara ibu dan bayi. Bagi anda yang baru pertama kali melahirkan, ada baiknya menyimak ulasan di bawah ini.

 

  1. Ciptakan kontak kulit dengan bayi anda sesering mungkin

Akan ada hubungan emosi yang kuat bila kita sering melakukan kontak kulit dengan bayi kita. Di jaman yang serba modern ini, memang banyak sekali alat penggendong bayi yang dijual di toko. Perlukah kita menggunakannya? Tunggu dulu. Jangan terburu-buru menggunakan alat penggendong bayi yang justru akan menjauhkan kita dengan bayi kita. Bila penggendong bayi itu mengurangi sentuhan kulit dengan bayi kita, maka tinggalkan saja. Tak perlu anda menggunakan penggendong bayi. Cukup gunakan tangan anda untuk menyangga kepalanya, lalu menyangga punggungnya. Usahakan semua dilakukan dengan kontak tangan anda langung, tanpa bantuan alat penggendong apapun. Itu akan menbuat hubungan dengan bayi anda semakin denkat.

 

  1. Bermainlah dengan bayi anda

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu untuk tinggal di rumah, bermain dengan bayi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya setiap waktu ketika bayi anda tidak sedang tidur. Namun hal ini rupanya menjadi masalah besar bagi para ibu yang menempuh jalan menjadi wanita karir. Mereka sering tak punya waktu untuk bermain dengan bayi mereka. Nah, ada sedikit saran mengenai hal ini. Gunakanlah quality time. Sebelum anda berangkat bekerja, gunakan waktu pagi untuk berinteraksi dengan bayi anda. Bisa anda luangkan waktu untuk memandikannya lalu menyusuinya sebentar. Namun alangkah lebih baiknya bila anda tinggal di rumah untuk mengurusi bayi anda ketimbang meninggalkan rumah.



Tulis Komentar