_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Endorphin, zat ajaib untuk melahirkan secara tenang dan nyaman

Banyak ibu yang sangat cemas dalam menanti datangnya kelahiran bayi. Kecemasan utama berasal dari kekhawatiran akan munculnya rasa sakit saat melahirkan. Hal itu wajar dan sangat bisa dimaklumi. Namun jika Anda adalah seorang ibu yang sedang menunggu kelahiran bayi, maka Anda tidak perlu khawatir selama tubuh Anda bisa memproduksi secara maksimal zat ajaib yang disebut Endorphin.

Apa itu Endorphin, apa fungsinya dan bagaimana kita bisa memproduksi secara maksimal dalam tubuh kita? Ikuti saja artikel ini sampai tuntas ya….

Endorphin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorphin diproduksi oleh tubuh kita (kelenjar pituitary) yaitu pada saat kita merasa bahagia(tertawat) dan pada saat kita istirahat yang cukup.

Apa hebatnya Endorphin? Untuk Anda ketahui saja, zat ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine.

Endorphin atau Endorphine memang bisa mendorong timbulnya perasaan senang dan nyaman sehingga membuat seseorang berenergi.

Sedanghkan fungsi zat ini adalah untuk kekebalan tubuh. Artinya, selain mencegah memburuknya emosi kita, menjadikan bahagia, juga merangsang timbulnya zat imunitas. Dengan adanya zat endorphin, perasaan kita akan lebih rileks, dan tentunya kita pun akan lebih mudah mengontrolnya. Mengontrol diri kita dari amarah sekaligus berpikir positif dengan mengutamakan kesabaran.

Endorphin itu seperti zat yang terkandung di dalam es krim atau coklat. Apabila kita mengkonsumsi es krim ataupun coklat, kita akan merasakan kenyamanan. Zat yang membuat kita nyaman pun juga diproduksi oleh tubuh kita, guna menstabilkan emosi kita. Dengan zat tersebut, kita dapat merasakan rileks, dan semua penyakit hati yang berhubungan dengan tekanan pada perasaan kita seperti marah, sedih dan depresi dapat dikurangi bahkan dihilangkan.

Manfaat endorphin

Selama ini endorphin sudah dikenal sebagai zat yang banyak manfaatnya. Beberapa di antaranya adalah mengatur produksi zat pertumbuhan dan seks, mengendalikan rasa nyeri serta sakit yang menetap, mengendalikan perasaan stres, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk Anda ketahui, endhorpine sebenarnya merupakan gabungan dari endogenous dan morphine, zat yang merupakan unsur dari protein yang diproduksi oleh sel-sel tubuh serta sistem syaraf manusia. Endorphin dalam tubuh bisa dipicu munculnya melalui berbagai kegiatan, seperti pernapasan yang dalam, relaksasi, serta meditasi.

Karena endorphine diproduksi oleh tubuh manusia sendiri, maka endorphine dianggap sebagai zat penghilang rasa sakit yang terbaik. Seorang ahli kebidanan, Constance Palinsky, tergerak untuk menggunakan endorphine untuk mengurangi atau meringankan rasa sakit pada ibu yang akan melahirkan. Beta endorphin adalah salah satu zat endorphin yang dikeluarkan oleh otak pada saat stres atau sakit, dan merupakan obat penghilang rasa sakit alami yang setara seperti pethidine.

Melahirkan secara nyaman dan tenang

Reaksi dan Manfaat Endorphins (foto dari: thenational.net)

Berbeda dengan morphin, endorphin jelas tidak menyebabkan ketergantungan, seperti dijelaskan di bawah ini:

Stress and pain are the two most common factors leading to the release of endorphins. Endorphins interact with the opiate receptors in the brain to reduce our perception of pain and act similarly to drugs such as morphine and codeine. In contrast to the opiate drugs, however, activation of the opiate receptors by the body’s endorphins does not lead to addiction or dependence. (Melissa Conrad Stoppler, MD, dalam artikel di www.medicinenet.com)

Inilah cara merangsang produksi endorphin dalam tubuh

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana agar endorphin bisa diproduksi secara maksimal pada saat ibu melahirkan? Caranya adalah Anda menyempatkan diri beberapa menit sehari selama masa-masa menjelang melahirkan. Dengarkan musik relaksasi yang tepat agar menimbulkan situmulasi gelombang otak sehingga otak bisa memberikan perintah kepada tubuh untuk memproduksi endorphin secara maksimal.

Salah satu cara yang kami anjurkan untuk dilakukan secara mudah dan aman adalah dengan melakukan relaksasi selama masa-masa menjelang melahirkan. Dengarkan musik relaksasi untuk menimbulkan stimulasi gelombang otak. Stimulan ini akan membantu memperlancar proses persalinan dan mengurangi rasa sakit karena otak Anda akan memproduksi endorphin ketika Anda rileks.

Selain mendengarkan musik yang tepat, Anda perlu membarenginya dengan mendengarkan musik yang di dalamnya terdapat terapi metode Quantum Mind Programming. Metode itu telah terbukti membantu ibu-ibu melahirkan secara normal dan rileks. Metode ini juga meminimalisir (bahkan menghilangkan) rasa sakit saat proses persalinan.

Saran kami, jangan mendengarkan musik sembarangan meski disebut sebagai musik terapi. Jangan asal download di situs-situs yang tidak jelas atau di youtube misalnya karena tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Musik recommended untuk merangsang produksi endorphine

Anda bisa mendapatkan musik yang pas dan dibuat berdasarkan riset yang panjang, misalnya dari website SoloTerapiMusik.Com. Di sana disebutkan ada musik yang dikemas dalam sebuah CD dengan nama “Easy Birthing” yang bisa diterjemahkan secata bebas sebagai “melahirkan secara mudah, tenang, tidak sakit”.

CD Easy Birthing mengemas musik relaksasi dan stimulasi gelombang otak untuk membantu memperlancar proses persalinan dan mengurangi rasa sakit karena otak Anda akan memproduksi endorphin atau penghilang rasa sakit alami ketika Anda rileks. Di dalam CD ini juga terdapat metode Quantum Mind Programming untuk membantu Anda melahirkan normal dengan rileks dan meminimalisir rasa sakit.

Cara menggunakannya adalah didengarkan dengan headphone atau speaker sambil duduk santai atau berbaring. Mata dipejamkan untuk merasakan aluran musik. Dalam sehari disarankan mendengarkan CD ini selama 30 menit. Jika Anda tidak ada waktu luang untuk mendengarkan CD ini secara khusus, maka Anda bisa dengarkan CD ini waktu menjelang tidur. Tidak masalah jika Anda tertidur ketika mendengarkan CD ini.

Seorang ibu dari Banda Aceh yang pernah menggunakan terapi musik ini mengatakan, “Suatu ketika saya pernah membaca sebuah artikel yang menyebutkan terapi musik selama persalinan bisa sangat membantu kelancaran proses kelahiran. Oleh karena itu selama ini sekarang saya sering memakai terapi musik karena membantu untuk mengurangi rasa sakit serta mampu membuat ibu yang akan melahirkan merasa rileks. Relaksasi otot dan pikiran sangat mempercepat proses kelahiran sehingga proses persalinan menjadi lebih mudah dan cepat.”

“Pada awalnya saya hanya memutar musik klasik karena tidak tahu ada produk CD terapi musik yang dikhususkan untuk membantu ibu yang sedang melahirkan. Sampai saya membuka situs SoloTerapiMusik.Com. Langsung saya pesan CD tersebut karena berdasarkan pengalaman bahwa dengan musik klasik saja bisa membantu apalagi dengan CD terapi. Pada hakikatnya saya bertujuan agar ibu yang sedang melahirkan bisa rileks dan tidak tegang selama proses persalinan,” kata ibu yang bernama Umi Haetami S.Keb dari Banda Aceh itu.

Bagaimana cara beli CD tersebut? Silakan saja Anda mengunjungi toko website-nya dengan menekan di sini. Semoga bermanfaat.

melahirkan tanpa rasa sakit



One Response

Tulis Komentar