_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Berapakah Ukuran Lapangan Sepakbola Yang Benar?



Ukuran lapangan sepakbola berdasarkan aturan standar internsional adalah sebagai berikut:

Ukuran Lapangan sepakbola

Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang dengan panjang 90 – 120 meter, sedangkan Lebarnya 45 – 90 meter. Untuk pertandingan internasional ditetapkan panjang lapangan minimum 100 meter sedangkan maksimum 110 meter. Dan lebarnya untuk pertandingan internasional minimum 64 meter, maksimum 75 meter.

lapangan sepakbola

lapangan sepakbola

Sebagai cabang nomor 1 di dunia olahraga tentunya sepakbola mempunyai peraturan-peraturan yang sudah disusun secara detail dan jelas oleh organisasi sepakbola dunia yaitu FIFA. Selain peraturan , salah satu peraturan FIFA yaitu tentang lapangan. Organisasi sepabola ini juga telah menyusun ukuran lapangan sepakbola yang standar untuk melakukan pertandingan sepakbola. Sehingga untuk semua kompetisi di dunia sudah ada standarisasinya.

Ukuran lapangan sepakbola dibagi menjadi 2 wilayah untuk masing masing kedua tim, dan pada kedua sisi diberi gawang yang digunakan sebagai tempat memasukkan bola untuk mendapatkan skor.

Gambar ukuran lapangan sepakbola

gambar ukuran lapangan sepakbola

gambar ukuran lapangan sepakbola

Garis tengah : garis tengah lapangan sepakbola diletakkan tepat di tengah lapangan dan membagi lapangan menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama.

Lingkaran Tengah : lingkaran tengah merupakan lingaran kick off kerena disini pertandingan sepakbola dimulai. Ukuran lingkaran tengah ini mempunyai ukuran jari-jari 9,15 meter.

Area Pinalti : Area Pinalti merupakan sebuah kotak berbentuk persegi panjang yang sering disebut dengan kotak pinalti. Memiliki panjang 40 meter serta lebar 16,5 meter. Untuk melakukan tendangan pinalty jaraknya 11 meter dari gawang yang disebut sebagai titik putih.

Gol area / area panjang gawang : Gol area merupakan area kekuasaan penjaga gawang sehingga jika ada benturan dengan kiper maka pemain lawan akan dianggap melakukan pelanggaran.

Selain ukuran lapangan sepakbola, ada juga ukuran gawang, bentuk dan ukuran bisa dilihat pada gambar diatas.



Leave a Reply