_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Cara Seting Custom Domain Pada Blogspot

Berikut ini langkah-langkah mengganti domain .blogspot.com anda pada blogger dengan menggunakan domain anda sendiri.

Memilih nama domain

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih nama domain, seperti domainsaya.com. Anda dapat membeli nama domain dari pencatat pendaftaran mana saja. Harga domain berkisar antara 80 ribu sampai 100 ribu rupiah.
Sebelum membeli domain, teliti baik-baik domain hosting dimana anda membeli domain. Lakukan contact dengan mereka melalui email atau messenger. Tanyakan fasilitas apa saja yang disediakan. Seberapa cepat mereka merespon pertanyaan anda. Laku lakukan order pembelian dengan mengikuti prosedur yang diberikan.

Pengaturan DNS (Domain Name Server)

DNS adalah Domain Name Server, yaitu server yang digunakan untuk mengetahui IP address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya.

custom domain blogger

Namun bagi manusia tidak mungkin menghafalkan IP address tersebut, manusia lebih mudah menghapalkan kata-kata seperti www.yahoo.com, www.google.com, atau www.friendster.com. DNS berfungsi untuk mengkonversi nama yang bisa terbaca oleh manusia ke dalam IP addresshost yang bersangkutan untuk dihubungi.

Biasanya domain hosting menyertakan paket pembelian domain beserta DNS hostingnya dengan biaya tambahan, kira-kira sekitar 20 ribu rupiah. Namun anda juga bisa menggunakan DNS hosting gratis. Anda dapat mencari DNS gratis dengan mencari pada search engine dengan keyword “free DNS” atau dapat menggunakan DNS hosting yang direkomendasikan oleh Blogger dibawah ini:

ix web hosting
1and1
EveryDNS.net
Yahoo! Small Business
No-IP
DNS Park

Lalu, Anda perlu membuat data CNAME untuk domain Anda dengan DNS, yang menghubungkan domain Anda dengan ghs.google.com. Prosedur pengaturan ini berbeda-beda tergantung DNS hosting yang anda gunakan. Untuk blog saya ini saya menggunakan DNS hosting gratis di freedns.afraid.org berikut ini langkah-langkahnya:

1. Klik disini untuk mendaftar http://freedns.afraid.org/signup/
2. Lakukan prosedur pendaftaran serta aktivasi email
3. Setelah selesai masuk kembali ke freedns.afraid.org
4. Klik domains pada menu di kiri
5. Lakukan login lalu klik kembali menu domains
6. klik Add A Domain
7. Ketikkan nama domain anda tanpa www lalu klik Submit
8. Klik kembali menu domains di kiri
9. Klik manage
10.Klik Add
11.Pada Type pilih CNAME
pada Subdomain ketikkan www
pada Address ketikkan ghs.google.com


Lalu klik SAVE

Sampai disini proses pengaturan DNS telah selesai.

Pengaturan pada Domain Hosting

Setelah mengatur DNS sekarang kita lakukan Manage Domain pada domain hosting tempat kita membeli domain. Biasanya pengaturan ini hampir sama pada setiap domain hosting.
Untuk pengaturan pada Domain Manage jika kita menggunakan DNS pada freedns.afraid.org maka Name Server kita isikan:

ns1.afraid.org
ns2.afraid.org
ns3.afraid.org
ns4.afraid.org

Pengaturan Domain Pada Blogger

Hingga tahap ini , server DNS tahu cara mengarahkan orang menuju Google ketika mereka ingin melihat blog Anda. Sekarang tinggal memastikan google menghubungkan dengan benar DNS dengan blog anda.

Untuk langkahnya:

1. Masuk ke menu Setting >> Basic

2. Pada bagian Publishing Klik +Setup a 3rd party URL for your blog, lalu ketikkan domain yang Anda daftarkan di awal tadi, (contoh: www.domainbarusaya.com) kemudian klik SAVE

cara seting custom domain pada blogspot

cara seting custom domain pada blogspot

Tunggu beberapa jam lalu periksa keberhasilan domain anda dengan membuka blog anda dengan domain anda yang baru.

Catatan: Pengunjung anda masih bisa mengunjungi blog anda dengan alamat blogspot yang lama yang akan di redirect ke alamat domain yang baru.



Tulis Komentar