_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Mitos dan Manfaat Dongeng untuk Anak



Manfaat dongeng untuk anak mungkin saat ini tak lagi bisa dirasakan. Seiring dinamika modern dan pengaruh teknologi yang sudah sangat pesat, tradisi dan kebiasaan orang tua dalam mendongeng seakan turut luntur tergerus arus waktu. Dongeng pun kini telah tergantikan dengan tayangan sinetron ataupun video game yang dianggap lebih seru dan lebih menghibur.

Manfaat Dongeng untuk Anak

manfaat dongeng untuk anak bisa untuk membangun imajinasi anak

Jika saat ini anda telah menjadi orang tua mungkin anda masih ingat dengan berbagai kisah yang didongengkan orang tua saat anda masih kecil dulu. Kebiasaan ayah atau ibu yang mendampingi saat kita akan tidur dengan menceritakan sebuah kisah bahkan masih terus kita ingat hingga kita memiliki anak. Namun saat ini, baik karena kesibukan ataupun faktor menyebabkan tradisi itu semakin hilang.

Kisah yang diceritakan dalam dongeng umumnya merupakan kisah fiktif yang diambil dari berbagai referensi. Ada kisah yang dicomot dari legenda rakyat, ada dongeng yang kisahnya diceritakan secara turun temurun dari orang tua dan kakek. Selain itu ada juga kisah tokoh pewayangan atau dari Mahabarata yang banyak diketahui para orang tua kita.
Sumber referensi yang dijadikan acuan untuk mengambil kisah dongeng memang bisa snagat beragam. Hal ini tentunya berhubungan dengan kemampuan dan pengetahuan orang tua tentang suatu kisah. Tak sedikit pula mitos yang menjadi bahan dongeng yang selalu abadi, seperti kisah Dewi Sri atau tentang legenda Sangkuriang.

Mitos dan Manfaat Dongeng untuk Anak

Terlepas dari kenyataan terhadap mitos dari kisah yang menjadi bahan dongeng, namun ada sejumlah manfaat dongeng untuk anak yang sebaiknya ada tahu, yaitu meliputi:

1. Untuk anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan, kisah-kisah dalam dongeng akan memberikan wawasan yang lebih luas tentang berbagai kemungkinan. Melalui dongeng, anak pun terangsang imajinasinya dan ini sangat berguna sebagai sandaran dalam membangun imajinasinya.

2. Masa anak-anak sangat membutuhkan komunikasi yang lebih intensif untuk mengoleksi perbendaharaan kata dan kalimatnya serta dunia baru yang tidak ditemukan dalam kehidupannya. Dongeng sangat penting dalam membantu anak mengeksplorasi berbagai hal sesuai kebutuhannya pada tahap itu.

3. Anak-anak yang masih dalam periode pra sekolah sedang berada dalam tahap peniruan atau imitasi dengan kegemarannya meniru apa saja yang diketahui dari lingkugannya. Dengan kisah dan nilai-nilai yang disampaikan akan memberikan manfaat dongeng untuk anak karena anak akan memperoleh informasi dan nilai kebaikan yang akan memperkaya khasah pengetahuannya yang akan ditirunya.



Leave a Reply