_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Memiliki berat badan idel merupakan dambaan setiap orang, terutama wanita. Ukuran ideal yang umum ditentukan oleh satuan Indeks Massa Tubuh (IMT). Indeks Massa Tubuh merupakan salah satu cara untuk mengukur status gizi / tingkat kesehatan seseorang. Variabel yang digunakan untuk pengukuran ini adalah berat dan tinggi badan.

Pengertian Indeks Mass Tubuh (IMT)

Indeks massa tubuh adalah suatu pengukuran yang membandingkan berat badan seseorang yang dibagi dengan kuadrat dari tinggi badannya. Metode ini bisa memperkirakan lemak tubuh, tetapi tidak dapat diartikan sebagai persentase yang pasti dari lemak tubuh. Metode ini sangat berguna untuk memperkirakan berat badan seseorang yang ideal dari hasil perbandingan dari berat badan dan tinggi badannya. Selain itu, Indeks massa tubuh merupakan alat atau cara yang sederhana untuk memantau status gizi remaja dan dewasa. Karena kemudahannya dalam pengukuran serta penghitungannya, maka metode ini telah digunakan secara luas sebagai alat untuk mengidentifikasi masalah berat badan dikalangan masyarakat seperti malnutrisi yang terjadi dimasyarakat.

cara mengukur indeks massa tubuh dengan menggunakan tinggi badan dan berat badan

cara mengukur indeks massa tubuh dengan menggunakan tinggi badan dan berat badan

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Indeks Massa Tubuh (IMT) dihitung dengan cara berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan (m) pangkat 2, atau lebih jelasnya:

IMT=BB/(TBxTB)

keterangan:
IMT: Indeks Massa Tubuh
BB : Berat Badan
TB : Tinggi Badan dalam meter

Contoh:
Misalkan berat badan anda 70 kilogram dan tinggi badan anda 175 cm, maka:

IMT = 70 / (1,75 x 1,75) = 22,86

Namun jika cara menghitung indeks massa tubuh ini menggunakan kalkulator, mungkin akan kesulitan. Namun hal tersebut bisa diakali dengan cara hitung sebagai berikut:

70 / 1,75 / 1,75 = 22,86

Nilai yang dihasilkan adalah dalam kg/m2. Dalam beberapa kasus nilai tersebut bisa diabaikan.

Berapakah IMT anda? Jika anda sudah mendapatkan IMT anda, silakan klasifikasikan berdasarkan gambar dibawah ini.

klasifikasi indeks massa tubuh (IMT)

klasifikasi indeks massa tubuh (IMT)

Namun klasifikasi diatas tadi tidak selalu dipakai di semua negara, karena kita tahu tinggi rata-rata dan bentuk badan di tiap benua berbeda-beda.



Tulis Komentar