_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Cara mencegah copy paste dengan CSS



Tentu tidak menyenangkan jika tulisan anda di internet di salin tanpa izin oleh orang lain. Mungkin saja anda bisa menuntut, namun bagaimana jika yang menyalin tersebut banyak? Salah satu cara yang mudah adalah dengan membuat situs atau blog kita tidak bisa disalin tulisannya.

Cara mencegah copy paste dengan CSS

Cara mencegah copy paste dengan CSS

Ada beberapa cara untuk mencegah orang meng-copy tulisan kita. Salah satunya dengan memanipulasi warna highlight teks menggunakan CSS.

Cara mencegah copy paste dengan CSS

Trik ini sebenarnya hanya menipu orang yang akan mengcopy tulisan kita. Kalau biasanya kita memblok tulisan atau highlight maka shading tulisan tersebut akan menjadi hitam atau biru sedangkan tulisan menjadi putih. Nah dengan trik ini kita buat warna ketika tulisan diblok menjadi sama seperti sebelumnya. Otomatis dengan cara ini orang mengira tulisan itu tidak bisa di blok atau highlight. Berikut langkah-langkahnya:

Tambahkan kode berikut ini ke dalam CSS anda

::selection {
background: none;
}

*::-moz-selection {
background: none;
}

kode pertama berlaku untuk browser safari, sedangkan yang kedua untuk browser mozilla firefox.

Anda juga bisa mengkhususkan hanya pada bagian tertentu misal pada <div> atau <class>. Misalnya anda ingin bagian <div class=”post”> maka kodenya menjadi

.post::selection {
background: none;
}

dan

.post *::-moz-selection {
background: none;
}

Dengan menggunakan CSS maka situs atau blog akan lebih ringan dibandingkan dengan menggunakan javascript dan pengunjung juga tidak terganggu dengan fungsi lainnya.



Leave a Reply