_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

9 Penyebab Bibir Pecah-Pecah

Penyebab bibir pecah-pecah pada dasarnya karena tubuh memberikan indikator bahwa tubuh sedang kekurangan cairan atau dehidrasi. Sehingga untuk mengatsainya anda bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dengan asupan air minum yang mengandung elektrolit. Atau anda juga bisa minum air kelapa karena kandungan elektrolitnya serupa dengan yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini beberapa penyebab bibir pecah-pecah:

1. Kebiasaan menjilat bibir dengan air liur

Kebiasaan menjilat bibir dengan air liur memang membuat bibir menjadi lembab. Namun Kebiasaan ini justru menjadi penyebab bibir pecah-pecah.

Perlu diketahui bahwa air liur yang digunakan untuk menjilati bibir tidak mempunyai kandungan yang mirip dengan air putih. Air liur masuk ke dalam garis depan mekanisme yang berarti pencernaan manusia. Maka dari itu, air liur yang terdiri dari beberapa enzim yang bisa menghancurkan makanan.

ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bibir pecah-pecah

ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bibir pecah-pecah

Enzim inilah yang bisa menghancurkan apapun. Itulah mengapa bibir yang sudah dijilati akan mengalami proses penghancuran sama halnya Anda sedang mengunya sepotong daging.

2. Polusi udara dan debu menjadi penyebab bibir pecah-pecah

Debu dan partikel-partikel asing yang menempel pada bibir akan menjadi penyebab bibir pecah-pecah. Untuk menghindarinya anda bisa menggunakan masker saat dalam perjalanan mengendarai motor atau berjalan kaki.

3. Sering mengkonsumsi makanan yang terlalu asam dan asin

Coba bedakan kalau anda minum langsung air laut dengan air sungai, pasti dengan minum air laut kita akan merasa haus. Sama halnya dengan bibir, makanan yang asin akan menyebabkan hilangnya cairan pada bibir. Juga untuk makanan yang asam, jika sangat terlalu akan menjadi penyebab bibir pecah-pecah.

4. Perubahan suhu yang membuat bibir tidak dapat beradaptasi

Bibir memiliki sedikit kelenjar minyak sehingga jika musim dingin atau terlalu panas, bibir Anda akan menjadi kering, bahkan pecah-pecah.

5. Kurang asupan buah dan sayuran

Buah dan sayuran memiliki kandungan air yang dibutuhkan tubuh. Air ini berguna untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas. Selain itu sayur dan buah juga mengandung vitamin dan mineral yang menutrisi bibir dari dalam. Nah jika anda merasa kurang mengkonsumsi buah dan sayuran, mungkin itu yang menjadi penyabab bibir pecah-pecah yang anda alami.

6. Alergi terhadap kandungan yang ada pada lipstik

Penggunaan lipstik yang salah dapat menyebabkan alergi pada kulit bibir. Oleh sebab itu konsultasikan kosmetik lipstik anda dengan ahli kesehatan anda sebelum menggunakannya.

7. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih menjadi penyebab bibir pecah-pecah yang paling umum, karena tubuh akan kekurangan cairan sehingga kulit pada bibir menjadi kering.

8. Kebiasaan merokok, minum kopi dan alkohol

9. Menggunakan pasta gigi yang mengandung banyak deterjen

Sabun bersifat menghilangkan lemak. Pada pasta gigi yang mengandung banyak deterjen akan mengakibatkan minyak dalam bibir hilang dan kering, sehingga dapat menjadi penyebab bibir pecah-pecah.



Tulis Komentar