_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Data Dan Komunikasi Data



Istilah komunikasi data berhubungan erat dengan pengiriman data degan menggunakan sistem transmisi elektronik dari suatu komputer ke komputer lain atau dari satu komputer ke terminal lain. Data yang dimaksud disini adalah sinyal-sinyal elektro magnetik yang di bangkitkan dengan sumber data yang dapat ditangkap dan dikirim kepada terminal-terminal penerima. Sedangkan yang dimaksud terminal, menurut international telecommunications Union-Telephony adalah data terminal equiment atau peralatan untuk terminal suatu data seperti printer, disk drive, monitor, papan ketik, plotter, scanner dan lain sebagainya.

komunikasi data

komunikasi data

Dibawah ini merupakan beberapa alasan tentang dibutuhkannnya suatu teknik komunikasi data yang menghubungkan satu dengan komputer lain atau ke terminal tertentu:

  1. Perbedaan lokasi antara lokasi transaksi pengolahan data atau lokasi dimana data tersebut akan digunakan, sehingga data perlu dikirim ke lokasi pengolahan data dan dikirim lagi ke lokasi yang membutuhkan informasi dari data tersebut.
  2. Dari sisi waktu lebih efisien dan dari sisi biaya lebih murah mengirim data melalui jalur komunikasi, lebih-lebih data telah diorganisasikan melalui komputer, dibandingkan dengan pengiriman biasa.
  3. Suatu organisasi yang mempunyai beberapa lokasi pengolahan data, data dari satu lokasi pengolahan yang sibuk dapat membagi tugasnya dengan mengirimkan data ke lokasi pengolahan lain yang kurang atau tidak sibuk.
  4. Memungkinkan pengembangan sistem komputer secara relatif lebih mudah dan menyebabkan sistem terjadi lebih flesibel.
  5. Untuk keperluan efektifitas biaya, sistem ini dapat menggunakan secara bersama-sama alat yang mahal seperti alat pencetak grafi atau printer berkecepatan tinggi. Alat-alat tersebut cukup dipasang satu lokasi saja tetapi dapat diakses dari semua tempat yang terhubung.
  6. Terjadinya diestribused processing pada jaringan, sehingga dapat mencegah ketergantungan pada sumber komunikasi atau komputer pusat.



Tulis Komentar