_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Tips Memilih Usb Flash Disk



Berikut ini beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih USB Flash Disk:

1. Dukungan Software

Salah satu keunggulan Usb Flash Disk dibandingkan dengan media penyimpan data portabel lainnya adalah Usb flash disk memiliki Chip pengontrol (Controller Chip) dalam setiap unit-nya. Chip pengontrol ini memungkinkan kita untuk meng-install usb flash disk dengan berbagai macam software portabel, seperti: Security Software, Partition Software, File Synchronization, dan lain-lain. Security software sangat penting dalam memastikan data berharga anda tidak akan terjatuh ketangan orang tak berwenang. Keamanan merupakan keunggulan utama dari usb flash disk. Sangat disayangkan apabila anda tidak dapat memamfaat keunggulan tersebut.

Media penyimpan data portabel lainnya seperti MMC, SD, Transflash hanya terdiri dari flash memory, tanpa chip controller. Chip controller-nya terdapat pada Card Reader. Sehingga siapapun yang memiliki card reader dapat dengan mudah meng-access data dari MMC, SD, Transflash yang mereka temukan. Pastikan usb flash disk yang anda pertimbangkan didukung oleh software dari produsennya, terutama Security Software, dikarenakan bisa atau tidaknya software diinstall tergantung pada chip controller yang dipakai.

2. High Speed Usb 2.0

Dengan teknologi saat ini, pastikan usb flash disk yang anda beli adalah High Speed Usb 2.0 Flash Disk.
Walaupun kecepatan perpindahan data untuk High Speed Usb 2.0 dipatok 480 mb/s, hal ini masih tergantung pada usb port kita masing-masing, apakah usb port kita benar-benar mendukung High Speed Usb 2.0. Pada kenyataannya, kecepatan perpindahan data dari usb 2.0 flash disk berkisar antara 14 Mb/s – 24 Mb/s, kecepatan inipun akan menurun jika kita menggunakan kabel usb atau usb hub. Tetapi bagaimanapun kecepatan ini tetap lebih baik dari Usb 1.1 yang hanya 1.5 Mb/s.

3. Garansi

Masa pemakaian rata-rata dari usb flash disk adalah antara 2-3 tahun. Setelah itu pengguna biasanya membutuhkan usb flash disk dengan kapasitas yang lebih besar, atau bosan dengan usb flash disk yang digunakannya. Hal inilah yang menjadi dasar untuk mengatakan bahwa masa garansi selama 2 – 3 tahun adalah lebih dari cukup untuk flash disk. Jangan menjadikan masa garansi sebagai criteria no.1 dalam memilih usb flash disk. Anda harus memprioritaskan keunggulan usb flash disk lainnya seperti dukungan software, kecepatan perpindahan data, dan design usb flash disk. Jangan terjebak dengan masa garansi yang berlebihan, mari kita tanyakan jujur pada diri kita sendiri, jika saya sudah memakai usb flash disk ini selama 4 tahun, kemudian rusak karena pemakaian, apakah saya dapat mengklaim garansi saya kepada produsen? Jawabannya kita semua tahu.

4. Design dan Kelengkapan Produk

Yang terakhir tetapi cukup penting adalah design dari external housing usb flash disk. Sekarang ini, para produsen membuat usb flash disk dalam berbagai rancangan yang menarik dan bergaya. Pilihlah yang sesuai dengan kepribadian anda.
Pilihlah usb flash disk yang menyertakan accessories dalam paket penjualannya, biasanya anda akan memperoleh kalung gantungan, tetapi akan lebih baik jika usb flash disk tersebut juga menyertakan usb cable.

tips memilih usb flashdisk

beberapa spesifikasi perlu diperhatikan sebelum membeli usb flash disk

5. Manufacturer and Distributor Information

Pastikan usb flash disk yang anda pertimbangkan memiliki website atau informasi lainnya mengenai produsen atau distributornya, serta bagaimana cara untuk menghubungi mereka. Hal ini sangat penting dikemudian hari jika berhubungan dengan claim garansi, jikalau took atau outlet tempat anda membeli tidak dapat atau tidak bersedia melayani claim anda.



Tulis Komentar