_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Tim Universitas Gadjah Mada Meraih Penghargaan Pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia

Kabar yang cukup membanggakan datang dari tim mobil listrik Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berhasil meraih tiga penghargaan pada ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) VII tahun 2015. Kompetisi yang cukup bergengsi pada skala nasional ini diadakan pada tanggal 13-15 November 2015 lalu di Politeknik Negeri Bandung.

tim mobil listrik ugm

“Tiga gelar itu The Best Team, juara percepatan, dan juara dua perlambatan,” papar Ketua Tim Arjuna UGM Fajar Sidik Abdullah, jurusan Teknik Mesin melalui keterangan pers, Selasa (24/11/2015).

Universitas Gadjah Mada sendiri diwakili oleh Tim Arjuna yang berangkat untuk lomba itu yang merupakan generasi keempat. Tim ini beranggotakan 21 mahasiswa dari Fakultas Teknik (Teknik Mesin dan Teknik Elektro) dan MIPA (Elins).

Fajar melanjutkan, kompetisi ini terdiri dari lima kategori uji. Kelima kategori itu diantaranya uji percepatan, uji perlambatan, uji daya tanjak, uji kecepatan (race) serta uji efisiensi.

Kompetisi hari pertama, dilakukan kualifikasi untuk menentukan nomor urut untuk race. Kualifikasi ini dilakukan selama dua lap menggunakan sirkuit sepanjang satu kilometer.

“Pada kualifikasi race ini, Arjuna mencatatkan waktu tercepat dengan dua menit 18 detik untuk dua lap. Dengan hasil ini maka Arjuna berhak mendapat nomor urut pertama untuk balapan,” jelasnya.

mobil listrik ugm

Pada hari berikutnya, dilakukan uji tiga kategori sekaligus, yakni uji percepatan, uji perlambatan dan uji daya tanjak. Uji percepatan dan uji perlambatan dilakukan bersamaan dengan menggunakan lintasan sepanjang 30 m. Kemudian dilanjutkan dengan uji daya tanjak.

Di hari ketiga, dilakukan uji race dan efisiensi. Kedua uji dilakukan bersamaan. Seluruh peserta terdiri dari 22 mobil dari 14 universitas di Indonesia. Ke-22 mobil itu dibagi dalam tiga sesi balapan. Masing-masing sesi dilombakan tujuh hingga mobil. Arjuna ikut di sesi pertama dan berada di urutan terdepan. Uji race ini dilakukan sebanyak 10 lap.



Tulis Komentar