_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Jenis Beras Terbaik Yang Dikembangkang Di Indonesia

Jenis Beras Terbaik Indonesia – Indonesia sebagai negara di asia yang mayoritas masyarakatnya mengonsumsi beras sebagai makanan pokok ini telah menghasilkan beberapa varietas beras hasil pengembangan di berbagai lembaga penelitian pertanian. Pengembangan jenis beras yang kebanyakan berjenis lokal ini tentunya dimaksudkan untuk meningkatkan mutu produksi serta merangsang kreatifitas petani untuk terus aktif dalam produksi pangan untuk kebutuhan lokal maupun mancanegara.

Adapun saat ini beras lokal Indonesia sudah memiliki banyak varietas unggul dengan bercita rasa unik. Beberapa diantaranya adalah Rojo lele, beras IR dan pandan wangi, dan masih banyak jenis lainnya. Beras tersebut diatas memiliki beberapa keunggulan dari jenis yang dibudidayakan pada umumnya dimana selain enak dimakan dan patut dicicipi, beras-beras ini juga punya manfaat lebih baik untuk kesehatan.

jenis beras di indonesia

Jenis Beras Terbaik Di Indonesia

Simak beberapa jenis padi terbaik di indonesia berserta keunggulan dan ciri khasnya berikut ini:

1. Ramos
Beras ramos merupakan beras jenis IR paling umum di indonesia yang ditanam di jawa barat dan banyak digemari. Bentuk dan tekstur nasinya terasa pulen namun tidak lengket dan gurih ketika dimasak. Penampakan buliran berasnya panjang dan tidak beraroma pandan.

2. Pandan Wangi
Beras pandan wangi adalah beras asal Cianjur yang memiliki kualitas terbaik dengan warna dan rasa yang sempurna. Aroma, rasa, warna serta bentuknya memiliki cita rasa tersendiri menyerupai aroma daun pandan. Selain itu beras ini hanya dapat tumbuh baik di daerah asalnya dimana jika ditanam di daerah lain akan menghasilkan aroma dan rasa yang berbeda.

3. Menthik Susu
Beras menthik susu adalah beras Jepang asal Magelang yang berbentuk bulat lonjong, lebih gemuk dan berwarna putih susu. Menthik susu merupakan jenis beras organik yang mengandung cukup nutrisi terutama kaya akan mineral. Kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai. Beras ini aman dikonsumsi penderita diabetes dan bisa mencegah kanker, jantung, asam urat, darah tinggi dan vertigo.

4. Menthik Wangi
Menthik wangi bentuknya mirip dengan beras pandan wangi yang bulat. Perbedaannya terletak pada warnanya yang sedikit kusam dan berasnya beraroma wangi. Menthik wangi memiliki kandungan gula lebih rendah, sehingga jenis beras organik ini dapat mengontrol gula dalam darah.

5. Beureum Sengit
Beras Beureum Sengit adalah Varietas lokal asal Cianjur selain pandan wangi yang nyaris punah, karena itu harga jualnnya relatif mahal. Jenis ini disebut juga beras merah wangi. Saat nasi masak aroma yang keluar begitu wangi dan enak rasanya. Beras beureum sengit diketahui mengandung banyak serat yang dapat meningkatkan perkembangan otak dan menurunkan kolesterol.

5. Rojolele
Beras Rojolele adalah salah satu jenis beras lokal dari Jawa Tengah. Bentuk beras ini memanjang dan putih cerah sekilas mirip dengan beras IR namun rasa dan kualitasnya jauh lebih baik. Saat dimasak nasinya terasa pulen dan wangi.

******

Demikianlah artikel beberapa jenis beras terbaik di indonesia. Semoga p[ostingan ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan pembaca seputar pertanian dan manfaat berbagai bahan pangan yang dikonsumsi sehari-hari.



Tulis Komentar