_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

9 Khasiat Dan Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan dan Kecantikan



Manfaat daun pandan – Daun pandan yang mudah kita temukan di indonesia ini biasanya tumbuh subur pada tanah lembab berair dan kebanyakan aplikasi penggunaannya yaitu dipakai sebagai bumbu kue dan masakan serta minuman sebagai pemberi aroma harum dan pewarna hijau alami yang cukup populer bagi masyarakat khususnya di Indonesia.

Selain manfaatnya dalam dunia kuliner, daun pandan juga ternyata mengandung berbagai sari pati dan nutrisi seperti alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna lainnya yang bisa kita gunakan dan ambil manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan terutama untuk perawatan rambut. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

manfaat daun pandan

Manfaat Daun Pandan

1. Mengobati Rematik
Daun pandan bisa digunakan sebagai bahan alami dalam terapi pengobatan alami penyekit rematik. Cara penggunaannya cukup sederhana yaitu, ambil 3 lembar daun pandan segar lalu cuci bersih dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan sambil diaduk-aduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah yang sakit.

2. Menghilangkan Ketombe
Selain untuk mengobati rematik, daun pandan juga cocok diguunakan sebagai bahan alami pembasmi ketombe pada kulit kepala. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil 7 lembar daun pandan wangi kemudian cuci bersih dan potong-potong kemudian haluskan dengan cara diblender. Setelah itu tambahkan setengah cangkir air bersih lalu remas-remas. Saring airnya, dan gunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Biarkan hingga kering dengan sendirinya. Lalu bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengobati Pegal Linu
Untuk mengobati pegal linu dengan daun pandan, cukup sediakan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

4. Menghitamkan Rambut
Manfaat utama daun pandan selanjutnya adalah untuk menghitamkan rambut. Cara perawatan agar rambut dapat lebih hitam alami yaitu dengan mengambil 7 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong-potong kecil. Rebus dengan 1 liter air, hingga airnya berwarna hijau. Embunkan air rebusan tadi selama semalaman. Keesokan harinya, campurkan air rebusan daun pandan tersebut dengan perasan air 3 buah mengkudu yang sudah masak. Gunakan ramuan tersebut untuk keramas. Lakukan scara rutin 3 kali seminggu dan lihat hasilnya.

5. Mengobati Lemah Saraf
Untuk mengobati lemah saraf dengan daun pandan Ambil 3 lembar daun pandanwangi, cuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari tiap pagi dan sore, masing-masing satu gelas setiap kali minum.

6. Mengatasi Rambut Rontok
Untuk mengatasi rambut rontok, sediakan 1 lembar daun pandan, 10 lembar daun waru muda yang segar, 1 genggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Semua bahan dicuci bersih kemudian masukkan ke dalam panci alimunium. Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri. Rebus hingga mendidih lalu disaring. Cara pemakaiannya, oleskan ramuan tadi pada rambut dan kulit kepala secara merata lalu bungkus dengan handuk hangat. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya baru bilas dengan air dingin dan keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara teratur sebanyak 2-3 kali seminggu.

7. Mengatasi Gelisah
Manfaat daun pandan selanjutnya adalah untuk mengatasi gelisah. Cara mengaplikasikannya cukup mudah yaitu dengan mengambil 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 atau tiga kali sehari sampai merasa tenang.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Bagi yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka daun pandan bisa digunakan sebabagai obat alternatif. Caranya, ambil beberapa lembar daun pandan wangi kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore.

9. Menambah Nafsu Makan
Daun pandan juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman herbal penambah nafsu makan. Caranya: ambil 2 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

******

Demikianlah artikel seputar manfaat dan khasiat daun pandan yang bisa dibagikan kali ini. Semoga informasi kesehatan mengenai manfaat daun pandan ini bisa menjadi referensi yang tepat untuk anda yang sedang mencari dan mempelajari aneka khasiat tanaman obat alami di indonesia.



One Response

  1. susilawati

Leave a Reply