_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Kenali Fungsi Mainan Anak Sebelum Memberikannya



Ada banyak sekali jenis dan fungsi mainan anak yang saat ini dijual di pasaran. Dari mainan boneka, robot-robotan, maupun permainan digital yang lebih modern. Ada yang dibuat secara manual dengan tangan, namun tak sedikit yang merupakan hasil produk pabrikasi. Cina merupakan negara yang paling banyak mengekspor mainan anak ke pasar Indonesia.

fungsi mainan anak

sangat penting bagi para orangtua untuk mengetahui fungsi mainan anak sebelum memberikannya

Jika anda mengajak anak-anak anda ke toko mainan terlihat sekali antusiasme mereka terhadap beragam jenis mainan yang ada. Bahkan bisa dibilang tak ada mainan yang tidak disukai oleh anak-anak. Warna-warni mainan yang ada dengan fasilitas suara atau lampu yang unik maupun bentuknya yang yang begitu beragam tentu saja akan menarik perhatian anak-anak.

Fungsi Mainan Anak

Fungsi mainan anak tentunya tak sekedar untuk menjadi teman bermain. Mainan anak juga berperan penting dalam merangsang potensi anak, baik untuk melatih motorik anak, fungsi koordinasi anggota tubuh, merangsang kecerdasan, serta melatih daya imajinasi anak.
Namun memberikan anak dengan berbagai jenis mainan anak tidak bisa dilakukan sembarangan. Sikap orang tua yang asal beli juga bukan langkah bijak. Nah berikut ini tips praktis mencari atau memilih jenis mainan dengan memperhatikan fungsi mainan anak.

1. Untuk anak-anak batita atau yang masih berumur kurang dari 3 tahun, pilihlah jenis mainan yang dapat merangsang indra. Mainan dengan warna kontras ataupun suara yang unik sangat baik untuk merangsang indra penglihatan dan pendengaran anak. Dengan adanya warna yang menarik perhatian dan suara akan merangsang dan melatih gerak motorik anak dengan mencoba meraih dan mendapatkan mainan tersebut.

2. Anak batita juga sering menggunakan mulut dan lidahnya untuk mengenali barang-barang yang ada di sekitarnya. Karena itu lindungi kesehatan anak dengan memberikan mainan yang bahan pelapisnya relatif aman dan tidak membahayakan anak. Anda bisa menanyakan kepada penjual saat membeli mainan tentang cat atau pelapis mainan dan pilihlah yang tidak mengandung racun atau bahan kimia untuk memastikan keamanannya terhadap anak.

3. Sedangkan untuk anak-anak dengan usia pra sekolah, anda dapat memilih mainan yang lebih merangsang imajinasi dan daya nalar anak. Hindari memberikan mainan hanya berdasarkan harganya yang murah karena umumnya juga dibuat dari bahan yang murah dan fungsi mainan anak ini juga rendah.



Tulis Komentar