_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu – Madu merupakan bahan alami yang dihasilkan oleh lebah. Manfaat madu sangatlah banyak, terutama untuk tubuh, sehingga madu banyak dibeli masyarakat.

cara membedakan madu asli dan madu palsu

cara membedakan madu asli dan madu palsu

Karena banyaknya permintaan pasar akan madu ini membuat banyak produsen dan penjual madu yang menjual madu palsu. Biasanya madu palsu menggunakan campuran air dan pemanis buatan, sehingga konsumen banyak yang tidak tahu cara membedakan madu asli dan madu palsu. Supaya anda tidak tertipu, disini penulis akan mencoba memberikan tips bagaimana cara membedakan madu asli dan madu palsu dengan menggunakan bahan-bahan sederhana.

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

1. Cara membedakan madu asli dan madu palsu menggunakan kertas

Madu memiliki kandungan air yang sangat sedikit sehingga sulit untuk meresap ke dalam kertas. Sedangkan madu palsu yang memiliki kandungan air yang banyak akan mudah meresap ke dalam kertas. Cara membedakan madu asli dan madu palsu yaitu dengan meneteskan kedua madu pada kertas kemudian lihat perbedaannya. Jika madu meresap pada kertas bisa dibilang madu tersebut palsu karena mengandung banyak air.

Namun cara membedakan madu asli dan madu palsu menggunakan kertas ini belum bisa dikatakan akurat, karena ada juga madu palsu yang menggunakan pemanis buatan sehingga unsur airnya juga sedikit. Untuk kasus ini kita bisa menggunakan cara kedua.

2. Cara membedakan madu asli dan madu palsu dengan dibakar.

Madu asli memiliki sifat mudah terbakar, anda bisa menggunakan sumbu atau batang kayu yang diolesi madu, lalu bakarlah. Jika terbakar maka madu tersebut asli, sedangkan pada madu palsu tidak mudah terbaar karena adanya kandungan air yang tinggi pada madu palsu.

3. Cara membedakan madu asli dan madu palsu menggunakan air

Siapkan gelas berisi air bening, kemudian teteskan madu kedalamnya. Madu asli memiliki melekul yang rapat sehingga tidak mudah bercampur dengan air. Sedangkan madu palsu akan lebih mudah bercampur dengan air. Jika madu yang diteteskan ke air langsung tenggelam dan masih berbentuk bisa diatakan madu tersebut asli, namun jika madu yang diteteskan sempat mengambang dan langsung berbaur dengan air bisa dikatakan madu tersebut palsu.

4. Madu asli tidak didatangi semut

Pada dasarnya, sifat semut suka pada yang manis-manis, termasuk rasa manis yang ada pada madu. Namun, semakin kental madunya (kadar airnya sedikit) semakin sulit bagi semut untuk mendeteksi lokasi rasa manis madu tersebut karena molekul yang ada di dalam madu tetap utuh, tidak pecah. Namkun bila kadar airnya tinggi, dalam jumlah di atas 20%, maka semut mudah menghampiri.

Itulah mengapa sarang lebah yang terdapat madu tidak didatangi semut. Namun indikator semut ini tidak bisa dijadikan patokan untuk cara membedakan madu asli dan madu palsu karena terkadang madu hutan yang dipanen pada musim hujan banyak juga yang terkontaminasi air.



Tulis Komentar