_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Kiat Memahami Kebutuhan Anak Usia Dini

Kebutuhan anak usia dini bukan hanya menyangkut kewajiban orang tua untuk membesarkan atau memberikan makan. Anak juga tak hanya membutuhkan masalah pendidikan atau pengajaran saja. Masa balita atau di bawah umur 5 tahun merupakan masa keemasan perkembangan dan pertumbuhan anak.

Pada masa balita, seperti dikutip dari psikologi perkembangan, anak akan mengalami perkembangan yang paling menakjubkan, baik menyangkut aspek fisik motoriknya maupun otaknya. Perkembangan fisik balita bahkan kerap dikatakan sebagai sangat revolusiner. Bagaimana seorang bayi yang tak memiliki kemampuan apa-apa, sudah mampu berlari dan berbicara hanya dalam waktu beberapa tahun saja.

Namun masa keemasan pada masa balita bisa menjadi petaka jika orang tuanya tidak memberikan apa yang menjadi kebutuhannya. Pola asuh yang diberikan orang tua akan sangat berperan dalam mengembangkan seluruh potensi anak secara optimal. Dan keberhasilan pola asuh orang tua akan sangat ditentukan oleh pemahaman mereka terhadap kebutuhan anak usia dini. Nah, berikut ini beberapa kebutuhan utama anak pada masa balita yang perlu dicermati sehingga orang tua mampu memberikannya sesuai kebutuhan anak.

Kebutuhan Anak Usia Dini

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi
Perkembangan fisik anak sangat dipengaruhi oleh ketersediaan asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Dengan asupan makanan yang memenuhi unsur gizi, maka pertumbuhan anak akan optimal dan sempurna. Dari perkembangan anggota tubuh, gerakan tubuh, maupun perkembangan otaknya.

kebutuhan anak usia dini

pemberian asupan gizi yang baik sangat penting untuk memenuhi kebutuhan anak usia dini

Hak anak terhadap kebutuhan makanannya juga harus tercukupi dengan baik. Bukan saja dari aspek jumlah namun yang lebih penting adalah kualitas dari nutrisinya. Begitu juga setelah lahir, anak berhak mendapatkan makanan terbaik dari air susu ibu (ASI) melalui proses inisiasi yang alami. ASI merupakan makanan terbaik yang setidaknya diberikan kepada bayi hingga minimal berumur 6 bulan.

2. Kebutuhan terhadap Rasa Aman
Perlindung terhadap lingkungan juga sangat dibutuhkan anak pada masa balita. Lingkungan dapat menjadi faktor pengaruh yang buruk untuk pertumbuhan bayi. Lingkungan yang buruk, polusi, ancaman kuman dan bakteri penyakit, potensi benturan, dan berbagai ancaman harus bisa diantisipasi oleh para orang tua.
Perlindungan yang optimal bukan saja akan memberikan rasa aman namun juga sangat dibutuhkan untuk membangun mental dan jiwa yang lebih kokoh. Dengan memberikan dan mencukupi kebutuhan anak usia dini, maka orang tua telah memberikan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan fisiknya maupun tumbuh kembang berbagai potensi anak.



Tulis Komentar