_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Pembuluh Darah dan Peredaran Darah

Darah beredar di dalam tubuh melalui jaring-jaring pembuluh yang hidup atau pipa-pipa yang disebut pembuluh-pembuluh nadi, pembuluh-pembuluh balik dan kapiler-kapiler. Darah yang meninggalkan jantung bagian kiri dibawa ke jaringan-jaringan melalui aorta dan pembuluh-pembuluh nadi besar yang banyak, kemudian cabang-cabang yang lebih kecil, dan akhirnya melalui kapiler-kapiler yang memberi makan pada sel-sel tubuh.

peredaran darah

peredaran darah

Sesudah meninggalkan kapiler-kapiler, darahitu mengalir di dalam pembuluh-pembuluh kecil atau pembuluh balik yang mengalir bersama-sama ke dalam pembuluh balik yang makin lama makin besar sampai akhirnya mencapai jantung bagian kanan. Dari situlah darah diangkut ke paru-paru untuk mendapat persediaan oksigen yang baru, dan sesudah itu kembali ke jantung bagian kiri, dan dengan demikian menyelesaikan peredaran darah sepenuhnya.

Di dalam pembuluh nadi darah dipompakan di bawah tekanan yang dapat diukur dengan segera dengan pertolongan alat pengukur tekanan darah. Tekanan normal adalah 120/70. Darah yang mengalir melalui pembuluh balik tidak karena tekanan, melainkan mencari jalan sendiri ke jantung baik melalui katup-katup di dalam pembuluh balik maupun dengan gerakan-gerakan pernapasan dari dada.

Bila sebuah pembuluh nadi terpotong, darah memancar sesuai dengandenyutan jantung. Bila sebuah pembuluh balik terpotong, darah mengalir keluar dengan dengan aliran tetap tanpa mendapat tekanan. Inilah perbedaan antara dua bagian peredaran, yang kedua-duanya sama-sama penting bagi tubuh.



Tulis Komentar