_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Manfaat Vitamin B1 (Thiamine)



Vitamin B1 atau thiamine/tiamin merupakan salah satu vitamin yang sangat penting diperlukan tubuh, manfaat vitamin B1 ini yaitu memasuki setiap reaksi kimia di dalam tubuh. Tanpa thiamine, sel tidak dapat menggunakan oksigen atau bahan bakar untuk tenaga. Susunan urat syaraf tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa vitamin B1 ini dan otot-otot tidak dapat bekerja dengan baik.

Fungsi dan manfaat vitamin B1

MAnfaat vitamin B1 dapat mencegah beri-beri. Bila kita kekurangan thiamine, segala jenis nyeri otot terasa di seluruh tubuh. Urat saraf mudah terganggu dan sering menderita gangguan pencernaan, perasaan lemah, kekurangan darah dan hilang nafsu makan. Inilah penyakit serius yang disebut beri-beri.

Orang yang sudah lama ketagihan minuman keras dan orang yang hidup dengan makanan yang serba kurang sering mengalami beri-beri. Banyak orang mengeluh karena perasaan lelah dan mudah marah, tetapi sebenarnya mereka kekurangan vitamin B1. Manfaat vitamin B1 dapat membuat pasien seperti ini akan merasa kuat kembali setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Sumber-sumber vitamin B1

Sumber terbaik untuk vitamin B1 adalah biji-bijian yang masih mengandung kulit ari, kecambah, gandum, sayur-sayuran, kacang-kacangan kering, ercis, dan lain-lain. Namun anda tidak merasakan manfaat vitamin B1 pada makanan yang sudah dihaluskan seperti tepung putih, kanji, gula putih, beras yang diputihkan dan lemak.

manfaat vitamin B1

manfaat vitamin B1, dapat ditemukan pada biji-bijian yang masih terdapat kulit ari

Vitamin B1 tidak dapat disimpan dalam tubuh. Ini berarti setiap hari kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1 setiap hari. Natrium bikarbonat yang sering dipakai memasak sayur-sayuran, dapt merusak vitamin ini. Ada baiknya menghindari pemakaian natrum bikarbonat bila menyediakan makanan. Manfaat vitamin B1 terutama buat anak yang sedang tumbuh, ibu yang sedang menyusui dan wanita yang sedang hamil.



Tulis Komentar