_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Tumbuhan Pemakan Daging

Tumbuhan pemakan daging? wow, seperti di film-film. Tetapi tumbuhan pemakan daging ini benar-benar nyata. Kali ini saya akan membahas tentang Tumbuhan Pemakan Daging yang aneh dan langka serta jarang ditemukan. Dari semua tumbuhan didunia. Terdapat tumbuhan pemakan daging seperti daging serangga, mereka adalah jenis tumbuhan karnivora. Tumbuhan karnivora ini banyak di temukan di daerah yang tanah nya mempunyai jumlah nutrisi yang sedikit. tumbuhan ini ini dikatakan karnivora adalah karena ia membuat perangkap untuk serangga dan anthropoda, menghasilkan cairan perncernaan serta melarutkan mangsanya. Jadi, dengan demikian nutrisi mereka tercukupi untuk dapat bertahan hidup. Charles Darwin membuat buku pertama untuk tanaman-tanaman pemakan daging ini pada tahun 1875 dengan judul buku “Insectivorus Plants”.

Ada beberapa jenis perangkap yang dibuat oleh tumbuhan pemakan daging ini. Diantaranya adalah dengan perangkap Fly Kertas, perangkap Pukulan, perangkap kantong dan jebakan pot lobster, Saya akan memberikan contoh jenis tumbuhan pemakan daging sehingga anda dapat membedakannya satu sama lain.

Tumbuhan Pemakan Daging tersebut adalah:

1. Dionaea Muscipula

Tumbuhan Pemakan Daging

Tumbuhan Pemakan Daging

Sangat terkenal dengan sebutan penangkap lalat venus. Tumbuhan ini sangat terkenal pemakan serangga dan arakhnida. Tumbuhan ini ini memiliki 4 sampai 7 daun dengan tubuh yang kecil. Helai daun dibagi menjadi 2 yaitu tangkai daunnya yang berbentuh hati yang pipih dan juga sepasang lobus terminal yang berengsel di pelapahnya. Permukaan lobus tersebut mengandung pigmen berwarna merah dan ujungnya yang mengeluarkan lendir, hal ini menunjukkan bahwa lobus bergerak sangat cepat dan meletakkan penutup ketika rambut sensoriknya yang khusus dirancang. Tumbuhan pemakan daging ini menutup lobusnya dalam waktu 0,1/detik. Tumbuhan ini dibatasi oleh gigi-gigi yang bernama sillia yang menutup untuk mencegah mangsanya meloloskan diri.

2. Aldrovanda Vesiculosa

Tumbuhan Pemakan Daging

Tumbuhan Pemakan Daging

Tumbuhan pemakan daging selanjutnya yaitu Aldrovanda Vesiculosa yang biasanya disebut sebagai tumbuhan kincir air, tumbuhan ini tidak ada akar , tumbuhan karnivora, serta tanaman yang hidup di air. Tumbuhan ini biasanya memakan vertebtara-vertebrata yang kecil dengan menggunakan perangkapnya yang disebut snap. Tumbuhan ini terdiri dari batang yang mengambang bebas sekitar 6-11 cm. Daun perangkapnya tumbuh sepanjang 2-3 mm dengan banyaknya daun dari 5-9 daun. Perangkapnya melekat pada petiolesnya yang berisi udara dan dapat membantu dalam pengapungan.

3. Byblis

Tumbuhan Pemakan Daging

Tumbuhan Pemakan Daging

Tumbuhan pemakan daging ini biasanya disebut dengan nama tanaman pelangi. Ia adalah spesies jenis karnivora yang tumbuh di Australia. Nama pelangi adalah karena dari tampilannya yang menarik daun lendir nya yang ditutupi di bawah sinar matahari. Tanaman ini juga mirip dengan tanaman Drosera dan Drosophllum tetapi spesies mereka berbeda. Yang membedakan adalah bunga zygomorphic dengan 5 buah benang sari yang melengkung. Daunnya memiliki penampang yang bulat dan mereka memanjang dan meruncing di ujungnya. Permukaan daunnya benar-benar tertutup rambut kelenjar yang dapat melepaskan zar mucilaginous yang lengket dan menjadi perangkap serangga – serangga kecil pada daun atau tantekalnya yang digunakan sebagai perangkap Flypaper Effect Pasif.

4. Drosera

Tumbuhan Pemakan Daging

Tumbuhan Pemakan Daging

Tumbuhan pemakan daging ini dikenal sebagai sundews, adalah salah satu tanaman karnivora terbesar dengan sedikitnya 194 spesies. Dapat ditemukan disetiap benua kecuali antartika. Tumbuhan ini bisa berbentuk seperti mawar yang bersujud atau tegak. Tumbuhan ini mempunyai tantakel yang dapat bergerak yang diatas nya terdapat cairan yang manis untuk sebagai perangkap serangga-serangga, setelah terperangkapnya serangga-serangga tesebut, kelenjar sesil yang kecil akan mencerna serangga tersebut dan menyerap nutrisinya untuk pertumbuhan tumbuhan pemakan daging ini.

5. Pinguicula

Tumbuhan Pemakan Daging

Tumbuhan Pemakan Daging

Tumbuhan pemakan daging ini biasanya disebut butterworts, yaitu sekelompok tumbuhan karnivora dengan menggunakan zat yang lengket untuk dijadikan perangkap bagi serangga-serangga. tumbuhan ini bisa dijumpai di Amerika Utara dan Selatan, Eropa, dan Asia. Daunnya yang indah tersbut yang berwarna hijau derah yang di terdiri dari dua jenis sel yang salah satunya adalah kelenjar penduncular, terdiri dari sel-sel sekretori di atas sel batangnya yang tunggal. Peranggap nya yaitu Flypaper effect.

Demikianlah postingan tumbuhan pemakan daging yang telah kita ketahui bersama, mudah-mudahan tumbuhan pemakan daging ini dapat menambah ilmu dan wawasan kita tentang tumbuhan-tumbuhan yang ada di bumi kita ini.



Tulis Komentar