Leukemia – Gejala, Penyebab dan Pengobatan Leukimia

Leukemia adalah gangguan yangs erius pada jaringan-jaringan pembuat darah, yang sebab-sebabnya belum diketahui. Penyakit ini bisa disebabkan oleh suatu virus. Leukemia adalah sejenis kanker pada sel-sel pembentuk darah. Penyakit ini bisa terjadi sesudah mendapat sinar x berlebih-lebihan sertabahan-bahan kimia tertentu, terutama yang sehubungan dengan kelompok benzena.



leukemia

leukemia

Ada bermacam-macam leukemia, Para pasien penderita leukimia menghasilkan banyak sekali sel darah putih. Sel-sel tersebut berupa sel nulocyt, lymphosit, atau monosit.

Gejala-gejala Leukemia

Leukemia lebih lazim terdapat pada kaum pria. Si sakit biasanya mengeluh karena perasaan lemah, lelah, kurang napsu makan, dan berat badan berkurang. Ia menderita anemia atau kehilangan sel-sel darah merah karena sumsum tulang sedang diliputi dengan sel-sel darah putih.




Limpa biasanya menjadi besar dan sakit bila disentuh. Juga terdapat nyeri di tulang-tulang dan pendarahan di kulit bagian tubuh.

Pengobatan Leukemia

Seuatu yang bisa mengurangi darah putih biasanya dapat menolong penyakit ini. Bisa menggunakan perawatan X-ray pada limpa, tulang-tulang, kelenjar-kelenjar limfe, dan jaringan-jaringan lainnya. Penggunaan fosfor radioaktif juga bisa dicoba.



Leave a Reply