_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Cara Perpanjangan SIM C



Pada artikel kali ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang cara perpanjangan SIM atau Surat Izin Mengemudi yang merupakan salah satu syarat kelengkapan berkendara yang mutlak harus dimiliki setiap pengguna kendaraan. Begitu pentingnya peranan SIM, maka berkendara tanpa memiliki SIM dianggap sebagai pelanggaran dalam tata tertib berlalu lintas yang dapat berakibat pada penindakan atau pun sanksi dari petugas.

Cara Perpanjangan SIM C

Cara Perpanjangan SIM C dapat dilakukan di Polres, gerai SIM di mall, atau mobil SIM keliling. Prosedur cara perpanjangan SIM C ini sama dan berlaku di seluruh Indonesia, kalau ada perbedaan tentunya tidak terlalu jauh. Berikut ini cara perpanjangan SIM C berdasarkan pengalaman penulis:

Syarat Perpanjangan SIM C:

Fotokopi SIM lama
Fotokopi KTP
Surat Keterangan Dokter (biaya bervariasi +- Rp 20.000,-)
Biaya Rp 75.000,-

Prosedur Cara Perpanjangan SIM C :

1. Mengurus Surat Keterangan Dokter, surat keterangan dokter bisa menggunakan Surat Keterangan Dokter dari Puskesmas yang biayanya bisa lebih murah, tapi biasanya di Polres terdapat klinik kesehatan yang menjadi rujukan bagi meraka yang mengurus SIM. Pemeriksaan standar (tensi, dan tes buta warna) hanya butuh waktu lima menit saja untuk mendapatkan Surat Keterangan Dokter, biayanya Rp 20.000,-

2. Memberikan berkas-berkas syarat yaitu: fotokopi SIM, fotokopi KTP, dan Surat Keterangan Dokter di bagian informasi, lalu menunggu.

cara perpanjangan SIM C

cara perpanjangan SIM C

3. Mendapat panggilan untuk membayar biaya perpanjangan SIM C sebesar Rpp 75.000,- di loket I Bank/BRI dengan menyerahkan berkas syarat yang tadi, lalu menunggu.

4. Mendapat panggilan dari loket II, lalu anda akan diberikan formulir untuk diisi. Cara pengisian formulir sudah ada contohnya sehingga memudahkan untuk mengisinya. Bersama formulir ini juga ada kwitansi dari Bank yang juga perlu diisi, contohnya juga sudah ada tinggal meniru saja. Setelah selesai mengisi formulir dikembalikan ke Loket II dan akan mendapat nomer antrian untuk foto SIM, lalu kembali menunggu dengan sabar.

5. Mendapat panggilan dari Loket III (Loket Produksi) dimana kita akan diberikan satu map berkas dan selembar kertas untuk ditandatangani, map berkas tadi dibawa ke ruang foto SIM. Diruang foto SIM setelah gilirannya tiba, map berkas diserahkan kepada petugas foto. Petugas akan mengecek kebenaran biodata apakah sudah benar atau belum dengan menanyakan kepada kita, kalau ada yang salah betulkan saja. Kemudian sidik jempol kiri lalu jempol kanan lalu anda akan difoto, jepreeet..,etelah itu silakan menunggu lagi.

6. Mendapat panggilan dari Loket IV untuk mengambil SIM C yang sudah jadi, SIM lama anda akan diminta karena pastinya ditukar dengan yang baru.

Cara Perpanjangan SIM C di gerai SIM Mall atau Mobil SIM keliling

Untuk cara perpanjangan SIM di mall atau mobil sim keliling tidak jauh berbeda dengan di polres namun lebih singkat prosesnya. biasanya kita hanya dua kali menunggu.

cara perpanjangan SIM C bisa dilakukan di mobil SIM Keliling

cara perpanjangan SIM C bisa dilakukan di mobil SIM Keliling

Prosesnya lumayan mudah dan tidak ribet, dan biayanya pun jelas karena dasar hukum tarif pengurusan SIM ini adalah UU Nomer 50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Cara perpanjangan SIM yang sudah lewat masa berlakunya

Sayang sekali cara perpanjangan SIM ini hanya untuk SIM yang belum habis masa berlakunya. Sedangkan untuk SIM yang Sudah melewati masa berlakunya diharuskan untuk membuat SIM baru. Hal ini berdasarkan peraturan Kapolri No. 9 tahun 2012, pasal 28 ayat 2 dan 3 yang menyebutkan bahwa: “Perpanjangan SIM hanya bisa dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir dan perpanjangan yang dilakukan setelah lewat masa berlaku harus diajukan sebagai SIM baru”.

Jadi untuk saat ini sepertinya sudah tidak ada toleransi lagi untuk keterlambatan perpanjangan SIM. Sehingga harus diingat baik-baik kapan masa berlaku SIM anda berakhir. Karena biaya untuk bikin baru lebih mahal.

Mudah-mudahan info ini bisa menjadi panduan bagi masyarakat yang belum mengetahui cara perpanjangan SIM.



Tulis Komentar