_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

Cara Membuat Pempek Ikan

Pempek salah satu makanan khas daerah sumatera selatan atau palembang yang sangat di gemari seluruh nusantara. Adapun bentuk dan isinya berbagai macam, dari berisi telur, pepaya, ebi, dan lenjer yang tidak berisi. Berikut ini resep cara membuat pempek ikan yang sedikit rumit cara pembuatannya karena banyak bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan Pempek Ikan:
1 kg ikan giling tenggiri,bis saja di ganti dengan ikan gabus,giter,banji-banji
1,5 kg sagu kualitas terbaik
1 gelas air es matang
garam secukupnya
bumbu penyedap secukupnya
air dalam panci yang sudah di campur dengan 2 sendok makan minyak untuk merebus pempek

Cara Membuat Pempek Ikan:

Campurkan ikan giling, air es, sagu, garam dan bumbu penyedap. Adon hingga rata dan menjadi kenyal dan tidak lengket di tangan,sagu di masukan sesuaikan dengan keinginan. Untuk membentuk adonan sebe;lumnya tangan di lumuri dahulu dengan sagu agar tidak lengket di tangan, kemudian buat adonan sesuai dengan bentuk yang di inginkan. Setelah itu masukkan adonan yang telah dibentuk tadi ke dalam air yang sudah di campur dengan minyak tadi. Rebus adonan sampai mengapung dan kemudian tiriskan.

Bahan Cuka:
– 250 gr gula aren
– 50 gr air asam jawa
– ebi secukupnya
– garam secukupnya
– 1 liter air
– cabe rawit secukupnya sesuai selera tumbuk kasar

Cara membuat cuka:

Campurkan air, gula aren, air asam jawa, cabe rawit, garam dan ebi rebus hingga mendidih.

cara membuat pempek ikan

cara membuat pempek ikan

Pempek dapat di nikmati dengan cuka dan bisa juga pempek yang di rebus dapat di goreng. Cuka bisa saja di tambahkan dengan cincangan timun agar lebih nikmat.



Tulis Komentar