_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

4 Penyakit Yang Sering Menyerang Ayam Kampung



Banyak orang yang mengatakan bahwa ayam kampung merupakan salah satu ras ayam yang jarang sakit dan tahan terhadap berbagai macam bibit penyakit. Mungkin memang benar demikian, jika pemelihara ayam kampung memperlakukan ayamnya dengan sebaik mungkin baik dari segi sanitasinya, pakannya, vaksinnya, hingga cara ia memelihara ayam kampungnya. Namun walaupun demikian sisi kewaspadaan pemelihara ayam kampung terhadap bibit penyakit yang mungkin akan menyerang ayam kampung sewaktu – waktu harus diperhatikan karena mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Oleh karenanya pengetahuan pemelihara ayam kampung harus luas mengenai jenis – jenis penyakit apa saja yang memungkinkan menyerang ayam kampung dengan mudah agar jika terjadi penyakit tersebut pada ayam kampung, kita dapat mengatasinya dengan baik.

Ada Beberapa Penyakit Yang Sering Menyerang Ayam Kampung

Ada Beberapa Penyakit Yang Sering Menyerang Ayam Kampung

4 Penyakit Yang Sering Menyerang Ayam Kampung

Berikut ini kami uraikan tentang 4 Penyakit Yang Sering Menyerang Ayam Kampung yang harus diwaspadai, diantaranya

1. Newcastle Disease
Penyakit Newcastle Disease merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh pemelihara ayam kampung. Hal ini dikarenakan penyakit yang akrab disapa ND ini menyebabkan kematian kepada ayam kampung jika ayam kampung sudah terinvasi virus ND ini. Gejala yang biasa ditimbulkan oleh penyakit ND terhadap ayam kampung diantaranya diare ayam yang berwarna hijau, ayam tidak dapat memproduksi telur, leher ayam bengkak, serta ayam kampung berjalan sempoyongan. Untuk penyakit ND memang masih belum ada obat yang efektif untuk mengobatinya, namun penyakit ND ini dapat dicegah dengan vaksinasi yang baik.

2. Penyakit Coccidiosis
Penyakit ini merupakan sebuah penyakit yang ditimbulkan oleh protozoa. Biasanya penyakit Coccidiosis ini ditandai dengan nafsu makan ayam yang menurun, kotoran yang bercampur dengan darah, serta bulu ayam yang kusut. Untuk pengobatannya dapat diobati dengan obat – obat sulfa.

3. Penyakit Pullorum
Penyakit Pullorum ini merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Biasanya penyakit Pullorum ini dapat ditandai dengan gejala kotoran yang berwarna putih, anus yang kotor, dan nafsu makan yang menurun. Penyakit ini dapat diobati dengan obat sulfa.

4. Penyakit Cacing Ayam
Penyakit cacing ayam dapat ditandai dengan gejala produksi telur yang menurun, konversi pakan yang tidak baik, dan diare pada ayam. Penyakit ini dapat diobati dengan sanitasi yang baik, dan obat preparat piperazine.

Demikianlah informasi tentang 4 Penyakit Yang Sering Menyerang Ayam Kampung yang perlu kita waspadai. Cegahlah sebelum terlambat.



Leave a Reply