_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Manfaat Jengkol



Jengkol, siapa yang tidak kenang dengan makanan tradisional seperti ini, banyak sekali manfaat jengkol yang ternyata masih belum kita ketahui, kita hanya mengetahui bahwa jengkol itu adalah sesuatu yang bau, bulat dan gepeng. Bahasa latin dari jengkol itu sendiri adalah Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum yang tumbuh biasanya di Asia Tenggara. Negara-negara yang gemar dengan jengkol adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri yang paling banyak mengkonsumsi jengkol adalah wilayah Jawa Barat, yaitu seharinya bisa mencapai 100 ton. Tanaman jengkol ini bisa tumbuh hingga 10 meter hingga 26 meter, buahnya berupa polong dan berbentuk gepeng dengan warna lembayung tua. Memang jengkol selalu membuat kehebohan dengan ciri khas nya, yaitu “bau”. Kenapa bisa bau? karena di dalam jengkol mengandung asam amino dengan unsur Sulfur saat terdegradasi atau terpecah-pecah dengan potongan-potongan kecil. Dan oleh sebab itu maka akan timbul gas yang bernama H2S yang terkenal sangat bau.

Manfaat Jengkol

Manfaat Jengkol

Saat pencernaan, jengkol akan menyisakan zat jengkolat atau jencolid acid yang dibuang ke ginjal. Disinilah orang pemakan jengko banyak yang takut, karena jika pH darah kita netral, atau 7, aka akan aman-aman saja, akan tetapi jika kurang dari 7 maka asam jengkolat tersebut akan membentuk seperti kristal yang tak bisa laru dan menyebabkan sulit buang air kecil.

Itulah dampak dari jengkol yang telah kita bahas, sekarang adalah saatnya untuk membahas tentang Manfaat Jengkol yang kita tidak ketahui dan jarang sekali untuk ingin mengetahui. Manfaat jengkol tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Manfaat Jengkol yang banyak mengandung vitamin dan mineral:

Ternyata dibalik baunya, jengkol mempunyai banyak sekali vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dari  berbagai penelitian, menunjukkan bahwa jengkol mengandung banyak sekali karbohidrat, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Protein, Kalsium, Alkaloid, Fosfor, Minyak Atsirim ,Glikosida, Steroid, Saponin serta Tanin.

Khusus Vitamin C, ada kandungan 80 mg pada setiap 100 gram jengkol, sedangkan untuk angka kecukupan gizi perhari nya adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

Jengkol juga merupakan sumber protein yang baik bagi pertumbuhan kita, yaitu mengandung 23,3 gram per 100 gram bahan dan kadar protein nya jauh melebihi tempe yang sudah tidak asing lagi kalau tempe adalah sumber protein nabati, yaitu hanya berkisar 18,3 gram per 100 gram. Fungsi lain protein sebagai pertumbuhan dan pemeriharaan juga sebagai membangun enzim, hormon, dan imunitas tubuh.

Manfaat mengkol selanjutnya yaitu mengandung 4,7 gram per 100 gram untuk mengurangi penyebab anemia (kurang darah), kurang gairah, sakit kepala, mudah marah serta pucat.

Manfaat Jengkol lainnya adalah banyak mengandung kalsium, yaitu 140 mg per 100 gram yang berfungsi sebagai mengatur proses biologis tubuh serta pembentukan tulang dan gigi.

Manfaat jengkol yang terakhir yaitu banyak mengandung fosfor, yaitu sekitar 166,7 mg per 100 gram yang dapat membantu untuk penyimpanan energi serta pengeluaran energi serta sebagai pembentukan tulang dan gigi.

Manfaat Jengkol

Manfaat Jengkol

masih banyak lagi manfaat jengkol yang belum kita ketahui dan masih dalam tahap penelitian. Semoga dengan mengetahui informasi tentang manfaat jengkol ini maka kita tidak perlu lagi minder ataupun takut bau dengan memakan jengkol ini.

Semoga artikel tentang Manfaat Jengkol dapat berguna bagi kita semua untuk tidak mendiskriminasi jengkol dari kehidupan kita.



Tags:

Tulis Komentar