_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Sistem Informasi Akuntansi



Sistem Informasi Akuntansi (SIA) melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan. Aplikasi ini ditandai dengan volume pengolahan data yang tinggi. Pengolahan data terdapat empat tugas utama yaitu pengolahan data, manipulasi data, menyimpan data dan menyiapkan dokumen. Perusahaan tidak dapat memilih untuk memiliki SIA atau tidak, itu merupakan keharusan. Juga, semua perusahaan pada dasarnya melaksanakan prosedur-prosedur yang sama. SIA lebih berorientasi pada informasi, dan datanya sebagian besar bersifat historis.
Pengolahan data adalah manipulasi atau transformasi simbol-simbol atau angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.

Tugas Pengolahan Data

Tugas Pengolahan Data SIA melaksanakan empat dasar pengolahan data. Keempat dasar itu antara lain Pengumpulan data, Manipulasi data, Penyimpanan Data, Penyiapan Dokumen.
Pengumpulan data saat perusahaan menyediakan produk dan jasa ke lingkungan, tiap tindakan di jelaskan oleh satu catatan data. Jika tindakan tersebut melibatkan elemen lingkungan, maka disebut transaksi, karena itu timbullah pengolahan transaksi.

Manipulasi Datadata perlu dimanipulasi untuk mengubahnya menjadi informasi. Operasi manipulasi data meliputi:

  1. Pengklasifikasian, elemen-elemen data tertentu dalam catatan digunakan sebagai kode. Dibidang komputer, kode adalah satu atau beberapa karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan catatan.
  2. Penyotiran, Catatan-catatan disusun sesuai urutan tertentu berdasarkan kode atau elemen data lain.
  3. Penghitungan, operasi aritmatikan dan logika dilaksanakan pada elemen-elemen data untuk menghasilkan elemen-elemen data tambahan.
  4. Pengikhtisaran, terdapat banyak data yang perlu disintesis, atau disarikan menjadi bentuk total, sub total, rata-rata.

Penyimpanan Data, disuatu perusahaan kecil terdapat ratusan transakasi dan tindakan setiap hari, di perusahaan besar terdapat ratusan bahkan ribuan. Tiap transaksi di jelaskan oleh beberapa elemen data. Seluruh data ini disimpan di suatu tempat hingga diperlukan, dan itulah tujuan penyimpanan data.

Sistem Informasi Akuntansi

Penyiapan Dokumen, Sistem Informasi Akuntansi menghasilkan output untuk perorangan dan organisasi baik di dalam dan di luar perusahaan.



Leave a Reply