_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Komputer

Mengatasi blue screen atau si layar biru memerlukan ketelitian dan kesabaran. Karena kita harus mengetahui dulu penyebab terjadinya blue screen tersebut baru bisa menentukan solusinya.

Penyebab blue screen bermacam-macam. Dari banyak kasus yang dialami oleh para pengguna komputer sebagian besar karena driver hardware yang tidak cocok, program antivirus yang rusak, kondisi RAM yang kurang bagus, hardisk yang mengalami bad sector dan windows yang corrupt, atau juga mungkin ada penyebab yang lain. Berikut ini cara-cara mengatasi blue screen sesuai dengan penyebabnya.

Mengatasi Blue Screen yang Disebabkan karena Kesalahan Software

Salah satu yang jadi penyebab blue screen disini termasuk karena virus, mallware dan spyware. Anda bisa mengatasi blue screen karena virus ini bisa dengan menggunakan program scanner virus.

tampilan blue screen

tampilan blue screen

Blue screen juga disebabkan karena penginstallan driver yang salah. Untuk mengatasi blue screen karena instal driver yang salah ini anda harus masuk ke safe mode. Untuk masuk safe mode pada saat booting tekan F8 kemudian pilih safe mode atau safe mode with command prompt. Tunggu sampai muncul welcome screen windows kemudian pilih login administrator. Setelah itu silakan anda remove atau uninstall driver yang baru anda install atau driver yang masih ada tanda tanya berwarna kuning melalui device manager.

Apabila anda mengaktifkan system restore, anda juga bisa mengatasi blue screen dengan menggunakan “System Restore” untuk mengembalikan setingan computer ke kondisi sebelumnya. Caranya klik Start, All Program , Accessories, System Tools, System Restore. Pilih restore point beberapa hari sebelum terjadinya blue screen.

mengatasi blue screen dengan mengembalikan ke kondisi sebelumnya

mengatasi blue screen dengan mengembalikan ke kondisi sebelumnya

Mengatasi Blue Screen karena Kerusakan Hardware

Hardware yang sering menjadi penyebab blue screen adalah RAM dan hard disk. Periksa kondisi RAM  pastikan telah terpasang dengan benar, anda bisa menggosok bagian kuning tembaga dengan karet penghapus. Hard disk yang bisa menyebabkan blue screen biasanya sudah mengalami bad sector, sebaiknya perlu diganti atau dengan diformat menggunakan low level format atau wiping harddisk.

Jika yang rusak adalah file system pada harddisk, caranya bisa dipasang pada sistem windows lain. Anda bisa gunakan perintah : CHKDSK /F  di cmd (command prompt). Misalnya yang ingin dibenahi file sistem di drive C , maka kita bisa ketikkan : CHKDSK / F    C:

Periksa kabel dan berbagai komponen seperti VGA Card, konektor IDE / SATA, konektor Power Supply apakah sudah terpasang dengan benar, untuk memastikan apakah sudah terpasang dengan benar anda cabut lalu pasang kembali kabel konektor atau komponen2 tersebut.

Membersihkan casing CPU juga penting untuk mengatasi blue screen. Bersihkan segala debu dan kotoran lainnya dengan kuas dan vacuum cleaner. Periksa kondisi suhu tiap-tiap komponen seperti Power Supply, pastikan segala kipas berputar secara normal seperti pada VGA Card dan Heatsink Processor.

Mengatasi Blue Screen Karena System Operasi Windows

Blue screen juga terjadi karena ada beberapa file Windows yang corrupt, untuk mengatasinya caranya dengan melakukan repair pada sistem operasi Windows anda. Atau kalau anda ingin cepat dan rela kehilangan windows anda sebelumnya anda bisa install ulang OS windows anda untuk mengatasi blue screen ini.



Tulis Komentar