_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Ketika Berada Di Rel Kereta Api



Pernahkah anda mengalami kejadian mesin mobil mati dan tidak mau distarter saat melintasi kereta api? Jika belum sebaiknya jangan dicoba, hahaha. Jangan sampai anda mengalaminya karena aibatnya bisa fatal.

Mengapa Mesin Mobil Tidak Bisa Hidup Ketika Berada Di Rel Kereta Api?

Penyebab mesin mobil tidak mau hidup saat diatas rel adalah karena adanya efek impedansi. Efek impedansi muncul karena terjadi gesekan antara roda-roda kereta api dengan relnya. Ketika roda-roda kereta api bergesekan dengan kedua relnya, maka terjadilah impedansi (hambatan listrik) sehingga mesin mobil enggan menyala kembali.

Rel kereta api yang terbuat dari batangan besi baja selalu terus menerus bersentuhan dengan roda kereta api yang berkecepatan tinggi, karena gesekan ini terjadi berulang-ulang rel kereta akan menimbulkan medan elektrik dengan sendirinya. Seperti waktu kita mencoba menggesek gesekan pengaris pada sebuah benda, dan penggaris tersebut kita coba menarik rambut kita. Proses pengapian pada mesin kendaraan umumnya membutuhkan sebuah percikan bunga api busi dari listrik bertegangan tinggi yang dibuat oleh “coil”. Medan impedansi yang ditimbulkan oleh rel kereta inilah yang mengganggu besarnya bunga api pada busi, sehingga mesin mudah mati atau susah dihidupkan.

kecelakaan mobil tertabrak kereta biasanya terjadi karena mesin tidak bisa dihidupkan saat berada diatas rel

kecelakaan mobil tertabrak kereta biasanya terjadi karena mesin tidak bisa dihidupkan saat berada diatas rel

Efek impedansi ini tidak berpengaruh pada mesin yang hidup, tapi bagi mesin yang mati biasanya akan terkena efeknya. Efek impedansi banyak terjadi pada mobil berbahan bakar bensin, tetapi kadang bisa terjadi pada kendaraan berbahan bakar solar.

Pengaruh lainnya adalah pada kendaraan berbahan bakar bensin, starter digerakkan oleh dinamo yang akan menghasilkan medan magnet untuk selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Proses inilah yang dihalangi oleh impedansi ketika mobil berada di atas rel. Efek impedansi dapat dapat bekerja pada saat jarak kereta berada 1,5 km jauhnya dari tempat mobil yang mogok.

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Hidup Ketika Berada Di Rel Kereta Api

Saran yang paling baik ketika mesin mobil mati di atas rel adalah menetralkan persneling lalu keluar dan mendorong mobil anda. Pastikan tidak ada orang di dalam mobil. Jangan mencoba menstarter mobil anda karena kemungkinan untuk mesin hidup sangatlah kecil. Dengan anda berada diluar anda bisa mengurangi resiko kehilangan nyawa jika tidak sempat mengeluarkan mobil dari rel.

Namun jika anda berani mengambil resiko, salah satu caranya dengan menyalakan klakson/sirene kendaraan berkali-kali sambil melakukan starter berkali-kali. Klakson/sirene mampu membuat impedansi terputus, Gelombang suara yang dihasilkan klakson sama seperti gelombang kejut balik yang berguna melepaskan efek impedansi yang diam/membeku di dalam mesin kendaraan. Hal ini memberi kemungkinan untuk menyalakan mesin kendaraan kembali.

Terkait fungsi klakson tadi para desainer kereta api sudah menyasati hal ini. Ternyata klakson dari kereta api memiliki bunyi yang sangat kuat, selain sebagai sinyal kedatangan kereta, klakson kereta api juga sebenarnya berguna untuk menghilangkan aliran elektrik pada rel. Sehingga dapat mngurangi resiko mobil tidak bisa hidup ketika berada di rel kereta api.



Tulis Komentar